Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Materi PTI : Wireless Technology 2 Mobile, Wireless and Pervasive Computing 1. Mobile Computing & Commerce : Overview, Benefit and drivers 2. Wireles Local.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Materi PTI : Wireless Technology 2 Mobile, Wireless and Pervasive Computing 1. Mobile Computing & Commerce : Overview, Benefit and drivers 2. Wireles Local."— Transcript presentasi:

1 Materi PTI : Wireless Technology 2 Mobile, Wireless and Pervasive Computing 1. Mobile Computing & Commerce : Overview, Benefit and drivers 2. Wireles Local Area Networks, Wi-Fi, and Voice Portals 3. Mobile personal service applications 4. Mobile applications in financial services 5. Mobile shopping, advertising, and customer service 6. Moble intrabusiness application 7. Location based commerce 8. Pervasive computing 9. Inhibitor and barrier of mobile computing

2

3 1. Mobile Computing & Commerce : Overview, Benefit and drivers Overview (Tinjauan Umum) Mobile computing (komputing bergerak): Model komputasi yang dirancang untuk pekerja2 yang berada diluar jangkauan dari organisasi/perusahaan atau untuk orang2 yang berada jauh diluar rumah mereka. Mobile devices (perangkat bergerak): Komputer jinjing atau portable seperti PDA dan perangkat genggam lain. Wireless mobile computing : Kombinasi dari perangkat bergerak/mobile yang digunakan dalam lingkungan tanpa kabel.

4 Terminologi dasar mobile computing Beberapa istilah-istilah umum mobile computing : a.Global positioning system (GPS) b.Personal digital assistant (PDA) c.Short messages service (SMS) d.Bluetooth e.Wireless application protocol f.Smartphones g.Wireless local area network (WLAN) h.Wireless fidelity (Wi-Fi) i.Wireless interoperability microwave acces (WiMAX)

5 Benefit (keuntungan) a. Mobilitas berimplikasi portabilitas/modah dipindahkan. Mobile computing didasarkan pada fakta bahwa pengguna membawa perangkatnya dan dapat melakukan kontak real time dengan sistem lain darimana mereka berada (mereka dapat melakukan koneksi ke jaringan tanpa kabel). b. Jangkauan luas mengacu pada fakta bahwa dgn mobile computing orang dapat dijangkau pada kapan saja. Tentu saja, para pemakai dapat menghalangi/memblokir jam tertentu atau pesan tertentu, tetapi manakala para pemakai membawa perangkat mobile yang terbuka/on, mereka dapat dijangkau dengan segera. Dua karakteristik ini, mobilitas dan jangkauan luas, menciptakan lima nilai tambah atribut yang mematahkan penghalang waktu dan geografi: ubiquitas, kenyamanan,konetivitas segera, personalisasi, dan lokalisasi produk dan layanan jasa.

6 Pengarah (drivers) Mobile computing dan M-commerce Widespread Availability of Mobile Devices. Ketersediaan perangkat mobile/bergerak yang meluas No Need for a PC. Tidak perlu lagi komputer PC The “Cell Phone Culture.” Budaya telepon seluler Vendor Marketing. Pemasaran oleh penjual. Declining Prices and Increasing Functionalities. Penurunan harga dan peningkatan kemampuan. Improvement of Bandwidth. Peningkatan bandwidth

7

8 WIRELESS LOCAL AREA NETWORKS, WI-FI, AND VOICE PORTALS Wireless LAN (W-LAN). Local area network tanpa kabel, digunakan untuk memancarkan dan menerima data melalui gelombang udara. Wireless acces point (W-AP). Antena yang menghubungkan perangkat mobile (laptop atau PDA) ke local area network berkabel. Hotspot. Suatu lingkungan geografis kecil di dalam mana suatu titik akses tanpa kabel menyediakan layanan bagi/kepada sejumlah pemakai. (Wi-Fi) wireless fidelity Nama lain untuk standar transmisi data b dimana sebagian besar WLAN dijalankan.

9 Voice Systems dan Portal dalam Mobile Computing & M-Commerce Teknologi suara mempunyai berbagai keuntungan, yang membuatnya bermanfaat di dalam mobile computing: yang paling jelas nyata adalah portabilitas; pengoperasian bebas tangan dan mata tentang teknologi suara meningkat/kan produktivitas, keselamatan, dan efektivitas dari pergerakan para pemakai komputer, berkisar antara pengemudi forklift ke pilot militer. Bagi para pemakai di lingkungan kotor atau bergerak, terminal suara beroperasi lebih baik daripada papan tombol sebab mereka lebih tidak datar. Kenyataan teknologi juga memungkinkan penyandang cacat untuk memerintahkan suatu komputer untuk melaksanakan berbagai tugas. Keuntungan yang lain adalah kecepatan: Orang dapat komunikasi sekitar 2,5 kali bicara lebih cepat dibanding pengetikan. Dlm keadaan umum, perintah suara juga menghasilkan lebih sedikit kesalahan masukan data dibanding mengetikkan data entry. Voice portal Merupakan Web site dengan audio interface, diakses engan memnggunakan panggilan telepon.

10 MOBILE PERSONAL SERVICE APPLICATIONS Sejumlah besar aplikasi ada itu menyediakan jasa pribadi ke konsumen. Sebagai suatu contoh, mempertimbangkan situasi dari suatu orang akan (ke) suatu pelabuhan udara internasional. Tugas seperti menemukan kepastian check-in desk, pemeriksaan untuk jadual penerbangan, penantian bagasi barang hilang, dan bahkan menemukan suatu tempat untuk makan atau restroom yang paling dekat dapat dibantu oleh mobile computing. - Hotel Services Go Wireless - Wireless Telemedicine

11 Mobile Portals Mobile portal merupakan suatu customer channel, dioptimiskan bagi mobilitas, yang mengumpulkan dan menyediakan jasa dan isi untuk para pemakai bergerak. Jasa yang disajikan oleh mobile portal meliputi berita, sports, , pertunjukan, dan informasi perjalanan; rumah makan dan informasi kejadian; jasa terkait dengan kesenangan ( e.g., game, bioskop dan daftar acara TV); jasa masyarakat; dan bursa/stock saham.

12


Download ppt "Materi PTI : Wireless Technology 2 Mobile, Wireless and Pervasive Computing 1. Mobile Computing & Commerce : Overview, Benefit and drivers 2. Wireles Local."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google