Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Peminatan Mobile Computing MoCi Labs UAJY. Pengantar Mobile Application Revolution.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Peminatan Mobile Computing MoCi Labs UAJY. Pengantar Mobile Application Revolution."— Transcript presentasi:

1 Peminatan Mobile Computing MoCi Labs UAJY

2 Pengantar Mobile Application Revolution

3 Apa itu MC? Peminatan Mobile Computing: ▫Mengarahkan lulusannya menjadi pengembang “mobile application” beserta infrastruktur pendukungnya. ▫Mobile App  aplikasi yang melibatkan piranti bergerak dan melibatkan media komunikasi nirkabel

4 Siapa Saja Dosen MC? Eddy Julianto, S.T., M.T. Kusworo Anindito, S.T., M.T. Y. Sigit Purnomo, S.T., M.Kom. Thomas Suselo, S.T., M.T. Th. Devi Indriasari, S.T., M.Sc. Thomas Adi P.S., S.T., M.T. Wilfridus Bambang TH, S.T.,M.Cs.

5 MK Pilihan MC Mata kuliah pilihan WAJIB dari MC: ▫Pengembangan Mobile Game (Mobile Games Development)  Mata kuliah ini memberi pemahaman mengenai aspek-aspek apa saja yang harus diperhatikan dalam membuat aplikasi game pada piranti mobile. Mata kuliah ini juga akan memberikan panduan praktis mengenai pembangunan aplikasi game yang ditujukan untuk piranti mobile (misal: telepon seluler). ▫Aplikasi Mobile untuk Bisnis (Mobile Applications for Business)  Mata kuliah ini mempelajari tentang konsep mobile bisnis dan membangun perangkat lunak berbasis mobile untuk tujuan bisnis. ▫Pemrograman Web Lanjut (Advanced Web Programming)  Mata kuliah ini memberi pemahaman mengenai bagaimana penggunaan framework untuk membuat layanan berbasis web dengan cepat. Mata kuliah ini juga akan memberikan panduan praktis mengenai pembuatan layanan berbasis web dengan memanfaatkan framework.

6 MK Pilihan MC Mata kuliah pilihan TIDAK WAJIB dari MC: ▫Teknologi Nirkabel dan Aplikasinya (Wireless Technology and Application)  Matakuliah ini memberikan pengetahuan tentang teknologi nirkabel yang berkembang saat ini dan aplikasi-aplikasi yang dapat memanfaatkan teknologi tersebut. ▫Pengembangan Layanan berbasis Teknologi Web (Web Based Service Development)  Mata kuliah ini memberi pemahaman mengenai konsep Application Programming Interface berbasis teknologi Web. Mata kuliah ini juga memberikan panduan praktis mengenai bagaimana mengakses dan membuat Application Programming Interface berbasis teknologi Web.

7 MK Pilihan MC Mata kuliah pilihan TIDAK WAJIB dari MC: ▫Keamanan Jaringan (Network Security)  Matakuliah ini memberikan pemahaman tentang konsep kemanan jaringan, teori bilangan, berbagai algoritma kriptografi, tanda tangan digital serta metode pengamanan sistem dan jaringan ▫Pemrograman Jaringan (Network Programming)  Matakuliah ini memberikan pengetahuan tentang konsep aplikasi jaringan dan pengimplementasiannya dengan menggunakan alat bantu yang ada sesuai dengan perkembangan teknologi.

8 MK Pilihan MC Mata kuliah pilihan TIDAK WAJIB dari MC: ▫Sistem Layanan Berbasis Lokasi (Location Based Service System)  Mata kuliah ini memberi pemahaman mengenai konsep-konsep yang terkait dengan layanan berbasis lokasi, seperti teknologi yang digunakan dalam penentuan posisi target dan berbagai kategori layanan berbasis lokasi. Mata kuliah ini juga akan memberikan panduan praktis mengenai pembuatan layanan berbasis lokasi yang ditujukan untuk piranti mobile, khususnya smartphone. ▫Analisis dan Perancangan Jaringan (Network Analysis and Design)  Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang pemahaman arsitektur dan desain jaringan. Mata kuliah ini akan mendiskusikan prosedur untuk melakukan analisa sampai dengan perancangan jaringan dengan memeriksa keseluruhan sistem jaringan.

9 MK Pilihan MC Mata kuliah pilihan TIDAK WAJIB dari MC: ▫Pemrograman Web untuk Perangkat Mobile (Web Programming for Mobile Device)  Mata kuliah ini memberi pemahaman mengenai aspek- aspek apa saja yang harus diperhatikan dalam membuat layanan berbasis web yang ditujukan untuk piranti mobile. Mata kuliah ini juga akan memberikan panduan praktis mengenai pembuatan layanan berbasis web yang ditujukan untuk piranti mobile ▫Kapita Selekta Komputasi Mobile (Mobile Computing Contemporary Topics)  Mata kuliah ini memberikan pengetahuan mengenai berbagai perkembangan komputasi mobile terkini, baik dari sisi perangkat keras maupun perangkat lunaknya.

10 Matakuliah Non Pilihan Matakuliah non Pilihan yang sebaiknya dikuasai dengan lebih baik: ▫Dasar pemrograman  Algoritma dan pemrograman  Pemrograman Berorientasi Objek ▫Pemrograman Web ▫Jaringan Komputer (Teori dan Praktikum) ▫Pengantar Sistem Mobile dan Nirkabel ▫Pemrograman Visual ▫Praktikum Aplikasi Moobile

11 Kesempatan pengembangan skill di MC? KSM (Kelompok Studi Mobile) ▫Membuat produk unggulan aplikasi mobile ▫Ikut dalam kompetisi KSM ▫Bekerjasama dengan Nokia+Microsoft, Apple ▫Eksplorasi Android ▫Lab menyediakan berbagai piranti pendukung:  Komputer (Windows/Linux)  iMac, MacBook, iPad  Smartphone: Symbian, Android, iOS, Windows Phone ▫Moci Labs

12 Prospek Lulusan MC Bekerja di perusahaan/instansi ▫Network administrator ▫Web designer ▫Web application developer ▫Mobile application developer Enterpreneur ▫Web designer ▫Mobile application developer ▫Mobile Game developer

13 Prospek Mobile Computing Perubahan Lifestyle Memberi nilai tambah

14 Prospek Mobile Computing Kita bermain matematika sedikit yah ▫Kita Punya Aplikasi yang Kita jual $1 di Google Play Store ▫180 Jt Pelanggan Seluler, misal 40% adalah Pengguna Android, jadi 40% x 180jt = 72jt Pengguna Android ▫Anggap saja 0.1% dari Pengguna Android di Indonesia Mendownload Aplikasi Anda 0,1% x 72jt = 72rb downlod ▫Harga aplikasi kita adalah $1 dan di download (Beli) 72rb kali ▫Jadi yang anda dapatkan adalah 1$ x 72rb = $72rb !!! ▫dengan Asumsi $1 = Rp 10000rb Rupiah, maka rupiah yang anda dapatkan adalah? x = ?? (hitung sendiri)

15


Download ppt "Peminatan Mobile Computing MoCi Labs UAJY. Pengantar Mobile Application Revolution."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google