Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Telephone Mobil Kelompok 7 ISROARRUKHMI 13.230.0053 1P51.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Telephone Mobil Kelompok 7 ISROARRUKHMI 13.230.0053 1P51."— Transcript presentasi:

1 Telephone Mobil Kelompok 7 ISROARRUKHMI P51

2 Pengertian Telepon mobil merupakan salah satu bagian dari sistem telepon bergerak. Telepon mobil pada mulanya berfungsi menghubungkan telepon mobil yang satu dengan telepon mobil lainnya dan menghubungkan satu telepon mobil dengan telepon rumah secara otomatis. Telepon mobil memiliki prinsip yang sama dengan telepon rumah.

3 Sejarah Tahun 1800-an Komunikasi menggunakan gelombang radio mulai berkembang di masyarakat. Hal ini memungkinkan masyarakat melakukan komunikasi secara bergerak (mobile). Tahun Pada tahun ini mulai dikembangkan perangkat- perangkat untuk sambungan telepon bergerak yang dimungkinkan untuk kendaraan bermotor. Bell Telephone mulai menjadikan sistem komunikasi bergerak menjadi bisnis komersial pada tahun 1946.

4 Tahun Komunikasi antar mobil terus mengalami perkembangan dan pada tahun 1949, telepon mobil pun mulai diproduksi dengan menggunakan ban frekuensi. Pada tahun 1970, telepon mobil mengalamai perkembangan yang sangat signifikan karena dapat beroperasi dengan menggunakan teknik full duplex,yaitu melakukan komunikasi tanpa memerlukan bantuan dari tenaga operator yang berasal dari kantor telepon.

5 Perkembangan Telepon Mobil di Indonesia Tahun 1986 dengan menggunakan perangkat NMT-450 buatan Erricson Swedia. Pada awal berkembangnya telepon mobil menggunakan frekuensi kerja 450 MHz. Saat pertama kali digunakan, telepon mobil beroperasi pada jalur Jakarta-Puncak-Bandung. Sebuah MTX ( mobile telephone exchange) diletakkan di Jakarta dan Sembilan buah RBS (radio base station) diletakkan disepanjang jalur Jakarta-Bandung.

6 Sistem telepon mobil Sitem telepon mobil terdiri dari tiga bagian: Jaringan telepon Sentral telepon mobil berfungsi sebagai pusat sambungan dan juga tempat untuk mengontrol telepon mobil. Jalur radio yang terbagi atas Stasiun induk dan stasiun mobil.

7 Cara kerja 1.Kondisi diam Telepon mobil akan tetap meneruskan idle signal (signal yang tetap) yang telah dikirim oleh sumber-sumber radio yang sedang tidak aktif atau kosong. Sinyal ini merupakan sinyal yang berasal dari pesawat pengontrol. Walaupun dalam keadaan diam stasiun mobil akan tetap mencari idle signal tersebut. Bila memperoleh sinyal tersebut, lampu sibuk (busy lamp) yang ada pada stasiun mobil akan mati. Hal tersebut menandakan stasiun mobil telah siap melakukan ataupun menerima panggilan.

8 2. Kondisi Memanggil Jika stasiun mobil sedang mengalami panggilan, gagang telepon yang diangkat menandakan pemancar saat itu telah memancarkan sinyal panggil menuju stasiun induk. Sinyal yang secara cepat terdeteksi oleh stasiun induk kemudian diartikan sebagai tanda bahwa terdapat pelanggan yang hendak melakukan panggilan.

9 3. Kondisi Panggilan Dalam keadaan dipanggil, stasiun induk akan mendeteksi sinyal yang menandakan adanya panggilan dan memancarkannya. Saat sinyal yang dipancarkan oleh stasiun induk diterima oleh pelanggan stasiun mobil yang mengalami pemanggilan, nada-nada panggilan tertentu akan diterima oleh pelanggan stasiun mobil tersebut melalui pengeras suara pada telepon mobil dan saat gagang telepon diangkat, maka secara otomatis.

10 Kegunaan Telepon mobil Digunakan secara komersial. Inovasi ini sebelumnya digunakan sebagai alat bantu perang untuk membidik tembakan dan meningkatkan kualitas radar. Selesai perang, ratusan telepon dipasang dengan menggunakan sistem ini. Microwave radio dipasang untuk hubungan jarak jauh.

11 Terima kasih Semoga pelajaran ini dapat bermanfaat bagi kita semua

12 ISROARRUKHMI


Download ppt "Telephone Mobil Kelompok 7 ISROARRUKHMI 13.230.0053 1P51."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google