Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pembahasan 1 Semua objek yang terkena cahaya akan memantulkan atau menyerap sinar itu dengan presentase tertentu, sesuai dengan sifat benda. Benda yang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pembahasan 1 Semua objek yang terkena cahaya akan memantulkan atau menyerap sinar itu dengan presentase tertentu, sesuai dengan sifat benda. Benda yang."— Transcript presentasi:

1

2 Pembahasan 1 Semua objek yang terkena cahaya akan memantulkan atau menyerap sinar itu dengan presentase tertentu, sesuai dengan sifat benda. Benda yang lebih gelap akan menyerap lebih banyak cahaya, sedangkan benda yang lebih terang (putih) cenderung memantulkan lebih banyak cahaya daya pantul benda terhadap sinar yang datang bergantung pada permukaan.

3 Bila permukaan benda kasar, cahaya dipantulkan ke segala arah. Jika permukaan benda halus sinar dipantulkan sejajar. Dengan kata lain, pantulan benda bisa bersifat diffuse reflection dan specular reflection. Lembut atau kerasnya cahaya bergantung pada sebuah benda.

4 Cahaya langsung dan tak langsung Berdasar sifat, cahaya dapat dibedakan menjadi dua. Yakni, cahaya langsung dan tak langsung 1. Cahaya langsung adalah (direct lighting) bisa berupa sinar dengan intensitas besar maupun kecil, main light ataupun fill light.

5 2. Cahaya tak langsung berupa cahaya pantulan dan cahaya terhalang. Cahaya ini memberikan pengaruh pada objek yang tersinari, yakni menjadi lembut. Misalnya : cahaya aksesories umbrella bersifat pantulan atau teknik bouncing.

6 Pembahasan II Cahaya buatan (artificial lighting) dalam fotografi Menghasilkan cahaya buatan tidak harus selalu menggunakan lampu studio. Strobist sebagai suatu teknik bermain cahaya dengan menggunakan cahaya buatan dari lampu kilat (flash).

7 Berikut ini adalah alat bantu menyerupai aksesories lampu studio. Modeling lamp Lampu untuk menghasilkan cahaya yang membantu kita untuk menentukan, melihat arah jatuhnya bayangan objek.

8

9 Standar reflektor berfungsi mengarahkan sinar ke objek. Cahaya yang dihasilkan sangat kuat dengan sudut pancaran yang terbatas.

10

11 Payung pemantul melunakkan cahaya yang datang ke objek agar lebih merata. Biasanya sinar yang datang ke objek terlalu kuat dan menghasilkan bayangan pekat.

12

13 Payung transparan memiliki fungsi sama dengan payung pemantul, hanya saja cahaya yang dihasilkan lebih lunak, merata, dan lembut.

14 Softbox Memiliki sifat melunakkan cahaya, merata, dan menghilangkan bayangan.

15

16 Honeycomb Penyinaran lebih terarah, memusat, simetris, dan sudut penyinaran dipersempit. Biasanya digunakan untuk penyinaran pada bagian-bagian tertentu, intensitas cahaya yang dihasilkan lumayan kontras tergantung ukuran honeycomb (lubang tawon).

17

18 Snoot hampir sama dengan honeycomb, namun sifat cahaya yang dihasilkan lebih sempit dan kecil.

19

20 Barndoors mengarahkan sudut pencahayaan agar lebih terarah pada bagian obyek yang diinginkan dan tidak menganggu bagian lain yang tidak ingin ditonjolkan/diperhatikan.

21 Pembahasan III Macam-macam lampu studio 1. Standar reflektor lampu standar dengan pencahayaan langsung yang keras. Menghasilkan kontras tinggi antara highlight dengan shadow.

22 2. Soft box lampu standar reflektor dengan tambahan kotak dengan muka dari kain putih, gunanya melunakan lampu standar reflektor, sehingga tidak terlalu keras.

23 3. Ring flash bentuknya seperti cincin, dipasang di ring lensa kamera. Fungsinya untuk foto makro meminimalisasi bayangan.

24 Peletakan lighting 1. Top light : sumber cahaya dari atas 2. Side light : sumber cahaya dari samping 3. Front light : sumber cahaya dari depan 4. Back light : sumber cahaya diletakkan di belakang objek.

25 Inti Pada dasarnya cahaya buatan itu terbagi menjadi dua macam 1. Jenisnya kontinue (contineus light) cahaya ini biasanya mengeluarkan warna-warna tertentu sesuai dengan suhu warna matahari (day light  K) dan suhu cahaya dibawah 5000  K adalah cahaya Tungsten, cahaya yang bersuhu diatas 5600  K disebut flouresent menghasilkan warna hijau kebiru-biruan contoh lampu neon. 2. Cahaya buatan, seperti flash studio dan flash kamera

26 Perbedaan antara continous light dengan cahaya buatan (lampu flash) adalah tingkat kekontrasannya. Lampu flash lebih tinggi kekontrasannya. Lampu flash diaplikasikan dalam fotografi sedangkan lampu continous lebih sering digunakan dalam digital video, broadcast dan perfilman.

27

28

29

30


Download ppt "Pembahasan 1 Semua objek yang terkena cahaya akan memantulkan atau menyerap sinar itu dengan presentase tertentu, sesuai dengan sifat benda. Benda yang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google