Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MENGUKUR TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN END USER COMPUTING STATIFICATION (EUCS) PADA SITUS PT. KERETA API WWW.KERETA-API.CO.ID OLEH : Dra. LINDA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MENGUKUR TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN END USER COMPUTING STATIFICATION (EUCS) PADA SITUS PT. KERETA API WWW.KERETA-API.CO.ID OLEH : Dra. LINDA."— Transcript presentasi:

1 MENGUKUR TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN END USER COMPUTING STATIFICATION (EUCS) PADA SITUS PT. KERETA API OLEH : Dra. LINDA

2 TAMPILAN AWAL WEBSITE

3 PENDAHULUAN PT. Kereta Api merupakan BUMN yang menyelenggarakan jasa angkutan kereta api meliputi penumpang dan barang, selama ini masyarakat yang ingin melakukan pembelian tiket kereta api, harus datang langsung ke stasiun kereta api atau bisa melakukan pemesanan melalui telepon maupun melalui website PT. Kereta Api. Hal ini dirasa sudah efektif, karena PT. Kereta Api sudah memberikan fasilitas kepada masyarakat untuk pemesanan tiket kereta api dengan memanfaatkan beberapa media diantaranya yaitu website.

4 Metode Pengumpulan Data Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pengumpulan data : 1. Observasi Merupakan metode pengumpulan data dengan cara melakukan pengamatan terhadap obyek secara langsung yaitu pada loket pemesanan tiket stasiun Tawang Semarang, dalam hal ini penulis melakukan riset untuk mengamati secara langsung proses pemesanan tiket kereta api, selama 1 minggu. 2. Wawancara (Interview) Suatu metode dilakukan dengan cara melakukan wawancara langsung dengan pihak yang bersangkutan mengenai sistem pemesanan tiket yang berjalan pada PT. Kereta Api. 3. Kepustakaan Yaitu metode pengumpulan data dengan mempelajari buku-buku yang berkaitan dengan per kereta apian Indonesia.

5 Pengoperasian KA di SUMSEL

6 Pengguna Jasa Angkutan KA di Indonesia

7 KA Penumpang Di SUMSEL

8 Divre Area Tj.Karang & SUMSEL

9 Tampilan Jadwal & Reservasi

10 SISTEM PEMESANAN TIKET KA  Untuk KA Komersial (Eksekutif dan Bisnis) Penjualan dan pemesanan di Loket stasiun KA. a. Penjualan melalui loket di stasiun dilayani atau dibuka mulai 3 (tiga) jam sebelum keberangkatan KA yang dimaksud. b. Untuk pemesanan tiket, dilayani mulai 30 hari sampai dengan 3 jam sebelum keberangkatan. c. Pembayaran tiket sesuai dengan tarif KA yang bersangkutan.

11 Pemesanan Melalui On-Line a. Calon penumpang mengisi formulir untuk reservasi tiket yang ada di wibsite. b. Setelah itu calon penumpang menyerahkan bukti yang sudah di print lewat website tersebut bahwa calon penumpang telah melakukan pemesanan dan pembayaran melalui online (Transfer) ke rekening PT.KA c. Calon penumpang mencari tempat atau nomor kursi sesuai dengan tiket.

12 Penjualan lewat Agen a. Penjualan lewat agen ini dilayani mulai dari 30 hari – 1 hari sebelum keberangkatan KA yang dimaksud b. Calon penumpang bisa datang langsung untuk membeli tiket dengan membayar sebesar tarif plus ekstra charge dan bisa langsung memperoleh tiket yang diinginkan. c. Penjualan lewat agen ini hanya melayani penjualan tiket KA untuk penumpang dewasa dan anak tanpa pelayanan reduksi.

13 Penjualan lewat loket PT. POS a. Penjualan dengan sistem ini dilayani mulai 30 hari sampai dengan 2 hari sebelum keberangkatan KA yang bersangkutan. b. Pemesanan / penjualan dengan sistem ini dilayani di loket kantor Pos yang sudah online. c. Dalam pemesanan / penjualan tiket dengan sistem ini, calon penumpang bisa langsung membayar tiket KA sebesar tarif plus ekstra charge. d. Kemudian calon penumpang memperoleh resi atau bukti pembayaran yang oleh calon penumpang akan digunakan untuk menukarkan tiket di stasiun. e. Pada resi yang diberikan oleh PT. POS ini sudah ada Informasi mengenai KA, tanggal keberangkatan, al dan tujuan, dan juga ada informasi kode booking / kode bayar yang akan dipakai stasiun untuk mencetak tiket. f. Pemesanan / pembelian tiket KA melalui sistem ini juga hanya melayani penumpang dewasa dan anak tanpa pelayanan reduksi.

14  Untuk KA Ekonomi : a. Pada prinsipnya penjualan tiket KA Ekonomi dilakukan secara langsung di loket stasiun sebelum keberangkatan KA yang bersangkutan. b. Beberapa Daop tempat pemberangkatan awal KA melayani pemesanan tiket KA Ekonomi yang pelaksanaannya diatur sesuai kebijakan Daop masing-masing. c. Untuk KA kelas Ekonomi yang sudah menggunakan tiket komputer baru 3 Daop, yaitu Daop 1 Jakarta, Daop 2 Bandung dan Daop 8 Surabaya ; itupun baru dari stasiun awal pemberangkatan KA.

15 Bagan Sistem Pemesanan Tiket KA

16 KESIMPULAN Dari penjelasan tentang cara Pemesanan Tiket Kereta Api yang penulis paparkan, maka dapat kita lihat tingkat kepuasan yang didapat melalui 8 responden termasuk kategori “memuaskan”, karna memuat 4 sistem tata cara pemesanan tiket yang bisa dilihat di bagan sistem pemesanan. Tahapan-tahapan yang harus dilakukan oleh calon penumpang singkat, tepat dan jelas.


Download ppt "MENGUKUR TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN END USER COMPUTING STATIFICATION (EUCS) PADA SITUS PT. KERETA API WWW.KERETA-API.CO.ID OLEH : Dra. LINDA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google