Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERINGATAN!!! DILARANG MENGUBAH DAN MEMPLUBIKASIKAN TANPA ADA PERSETUJUAN DARI SAYA (NADIYA HUSNA ALIYA )

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERINGATAN!!! DILARANG MENGUBAH DAN MEMPLUBIKASIKAN TANPA ADA PERSETUJUAN DARI SAYA (NADIYA HUSNA ALIYA )"— Transcript presentasi:

1 PERINGATAN!!! DILARANG MENGUBAH DAN MEMPLUBIKASIKAN TANPA ADA PERSETUJUAN DARI SAYA (NADIYA HUSNA ALIYA )

2 Seputar Kesehatan Gigi Dan Mulut ( Diambil Dari Module of Little Doctor ) Yang aku dapat saat pelatihan dokter kecil By : Nadiya Husna Aliya

3 Susunan Gigi…..!!!  Berikut ini adalah gambar susunan gigi kita,jika gigi dibelah menjadi 2 bagian

4 Macam – Macam Masalah Gigi Gigi berlubang ( Karies )Gigi berlubang ( Karies ) Gigi patahGigi patah Gigi sensitifGigi sensitif Gusi berdarahGusi berdarah Bau mulutBau mulut

5 Sebab Gigi Berlubang…??? Penyebab: Penyebab: Bakteri dalam plak ( plak adalah gabungan dari air liur,bakteri,mineral,ludah ) Bakteri dalam plak ( plak adalah gabungan dari air liur,bakteri,mineral,ludah ) Asam pembusuk Asam pembusuk Sorry aku lupa ini isinya apa… ……………..??? ……………..???

6 Cara Mencegah Gigi Berlubang Kurangi makan makanan bergula ( Permen,kue,coklat,dll.) Kurangi minum minuman berasam ( Limun,sari buah,soft drink ) Makan makanan dan minum minuman yang sehat Minum air putih setiap habis makan Periksa gigi ke dokter gigi paling sedikit 6 bulan sekali

7 Cara Menyikat Gigi Yang Benar…  Berikut ini langkah-langkah dalam melakukan teknik modifikasi Bass:  Pegang sikat gigi secara horisontal dan letakkan kepala sikat gigi pada permukaan gigi, lebih tepatnya di tepi gusi (batas gigi dengan gusi), karena disinilah banyak plak menumpuk.  Miringkan kepala sikat gigi kira-kira sebesar 45 derajat menghadap permukaan gigi. Tujuannya agar bulu sikat dapat masuk ke celah antara gigi dengan gusi yang disebut saku gusi, dan membersihkan plak yang ada di dalamnya. Di sebelah ini adalah gambar saku gusi.  Gerakan sikat secara horisontal dengan jarak yang sangat pendek atau kecil seperti suatu getaran dan dengan tekanan yang lembut.  Sikatlah dengan gerakan sebanyak kali gosokan baru berpindah ke gigi-gigi di sebelahnya.  Gerakan sikat dalam modifikasi Bass memang dilakukan secara horisontal. Namun, Anda juga dapat menggantinya dengan gerakan melingkar dengan sudut dan letak bulu sikat yang sama. Bagian yang kita fokuskan memang bagian tepi gusi, karena banyak plak menumpuk di daerah ini. Bagian mahkota yang belum tersikat, dapat Anda bersihkan dengan berbagai gerakan misalnya, gerakan melingkar atau vertikal dengan cara menarik bulu sikat dari gusi ke arah mahkota. Bersihkan semua bagian gigi Anda dengan langkah sebagai berikut: 1. Bersihkan permukaan gigi bagian luar yang menghadap ke bibir dan pipi dengan menggunakan teknik modifikasi Bass. Mulai pada rahang atas terlebih dahulu lalu dilanjutkan dengan yang rahang bawah. 2. Bersihkan permukaan kunyah gigi pada lengkung gigi sebelah kanan dan kiri dengan gerakan maju mundur, atau mungkin boleh juga dengan sedikit diputar sebanyak kali gosokan juga. Lakukan pada rahang atas terlebih dulu lalu dilanjutkan dengan rahang bawah. Bulu sikat gigi diletakkan tegak lurus menghadap permukaan kunyah gigi.  Gerakan sikat dalam modifikasi Bass memang dilakukan secara horisontal. Namun, Anda juga dapat menggantinya dengan gerakan melingkar dengan sudut dan letak bulu sikat yang sama. Bagian yang kita fokuskan memang bagian tepi gusi, karena banyak plak menumpuk di daerah ini. Bagian mahkota yang belum tersikat, dapat Anda bersihkan dengan berbagai gerakan misalnya, gerakan melingkar atau vertikal dengan cara menarik bulu sikat dari gusi ke arah mahkota. Bersihkan semua bagian gigi Anda dengan langkah sebagai berikut: 1. Bersihkan permukaan gigi bagian luar yang menghadap ke bibir dan pipi dengan menggunakan teknik modifikasi Bass. Mulai pada rahang atas terlebih dahulu lalu dilanjutkan dengan yang rahang bawah. 2. Bersihkan permukaan kunyah gigi pada lengkung gigi sebelah kanan dan kiri dengan gerakan maju mundur, atau mungkin boleh juga dengan sedikit diputar sebanyak kali gosokan juga. Lakukan pada rahang atas terlebih dulu lalu dilanjutkan dengan rahang bawah. Bulu sikat gigi diletakkan tegak lurus menghadap permukaan kunyah gigi.

8 Lanjutan Cara Menyikat Gigi Yang Benar  3. Bersihkan permukaan dalam gigi yang menghadap ke lidah dan langit-langit dengan menggunakan teknik modifikasi Bass untuk lengkung gigi sebelah kanan dan kiri. Untuk lengkung gigi bagian depan dapat Anda bersihkan dengan cara memegang sikat gigi secara vertikal menghadap ke depan. Lalu gunakan ujung sikat dengan gerakan menarik dari gusi ke arah mahkota gigi. Lakukanlah pada rahang atas terlebih dulu dan dilanjutkan dengan rahang bawah. 4. Terakhir, sikat pula permukaan lidah untuk membersihkan bakteri yang berada di permukaan lidah. Permukaan lidah yang kasar dan berpapil membuat bakteri mudah menempel di sana. Selain dengan sikat gigi, Anda juga bisa membersihkan lidah menggunakan sikat lidah. Lidah yang bersih juga akan membuat mulut Anda terasa lebih segar.

9 Lagu Dokter Kecil….!!! Kalau kau suka bersih bilang oke… (Oke…!!) Kalau kau suka sehat bilang oke… (Oke…!!) Kalau kau suka bersih dan juga suka sehat suka dua-duanya bilang oke… (Oke…!!)

10 Keep Smile…!! Every where and Any more Thank You and Wassalammualaikum warrahmatullahi wrb.


Download ppt "PERINGATAN!!! DILARANG MENGUBAH DAN MEMPLUBIKASIKAN TANPA ADA PERSETUJUAN DARI SAYA (NADIYA HUSNA ALIYA )"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google