Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengantar Interaksi Manusia dan Komputer Restyandito, S.Kom, MSIS.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengantar Interaksi Manusia dan Komputer Restyandito, S.Kom, MSIS."— Transcript presentasi:

1 Pengantar Interaksi Manusia dan Komputer Restyandito, S.Kom, MSIS

2 WHAT IS HCI? User interface, aspek fisik suatu sistem komputer yang dialami oleh pengguna secara langsung Human-Computer Interaction, semua aspek yang berhubungan dengan bagaimana pengguna berinteraksi dengan komputer

3 WHAT IS HCI? “ set of process, dialogues, and actions trough which a human user employs and interacts with computer ” (Baecker and Buxton, 1987) “HCI is a discipline concerned with the design, evaluation and implementation of interactive computing system for human use and with the study of major phenomena surrounding them “ “HCI is a discipline concerned with the design, evaluation and implementation of interactive computing system for human use and with the study of major phenomena surrounding them “ (ACM, 1992)

4 Evolution of HCI ‘interfaces’ 50s - Interface at the hardware level for engineers - switch panels 50s - Interface at the hardware level for engineers - switch panels 60-70s - interface at the programming level - COBOL, FORTRAN 60-70s - interface at the programming level - COBOL, FORTRAN 70-90s - Interface at the terminal level - command languages 70-90s - Interface at the terminal level - command languages 80s - Interface at the interaction dialogue level - GUIs, multimedia 80s - Interface at the interaction dialogue level - GUIs, multimedia 90s - Interface at the work setting - networked systems, groupware 90s - Interface at the work setting - networked systems, groupware 00s - Interface becomes pervasive 00s - Interface becomes pervasive RF tags, Bluetooth technology, mobile devices, consumer electronics, interactive screens, embedded technology RF tags, Bluetooth technology, mobile devices, consumer electronics, interactive screens, embedded technology

5 WHY HCI? user tidak perlu terlalu banyak berpikir mengenai cara menggunakan komputer user tidak perlu terlalu banyak berpikir mengenai cara menggunakan komputer User tidak perlu tahu proses yang terjadi dalam komputer User tidak perlu tahu proses yang terjadi dalam komputer Komputer harus didesain dengan baik, sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan pengguna.

6 HCI HOW? Kontrol dapat terlihat dengan mapping yang baik (efeknya) Kontrol dapat terlihat dengan mapping yang baik (efeknya) Desain menunjukkan fungsionalitas yang jelas Desain menunjukkan fungsionalitas yang jelas Prinsip kunci dalam mendesain IMK yang baik yaitu visibility dan affordance.

7 HCI How? Bagaimana mengikuti perubahan teknologi Bagaimana mengikuti perubahan teknologi Memastikan desain memiliki HCI yang baik dan kontrol atas fungsionalitas potensial dari teknologi baru Memastikan desain memiliki HCI yang baik dan kontrol atas fungsionalitas potensial dari teknologi baru Tantangan yang harus dihadapi oleh HCI. “ increased functionality should not be used as an excused for poor design “ 

8

9 Aktivitas Apa perbedaan menelepon menggunakan: Apa perbedaan menelepon menggunakan: Cell phone Cell phone Telpon umum Telpon umum Perhatikan jenis pengguna, tipe kegiatan dan konteks penggunaan. Perhatikan jenis pengguna, tipe kegiatan dan konteks penggunaan.

10 HCI How? IMK bertujuan untuk membuat / mengembangkan keamanan, utilitas, efektifitas, efisiensi, dan kegunaan suatu sistem yang melibatkan manusia dan komputer. utility  hal-hal yang dapat dilakukan oleh sistem usability  sistem yang mudah dipelajari dan digunakan

11 HCI How? Untuk membuat sistem komputer dengan usability yang baik diperlukan pemahaman atas faktor-faktor yang menentukan bagaimana manusia mengoperasikan dan menggunakan komputer secara efektif. -psikologi - psikologi - ergonomi - sosial - organisasi

12 HCI How? Pengguna komputer tidak homogen, baik karakteristik personalnya maupun kebutuhannya. -Walau manusia memiliki karakteristik fisik dan psikologi yang sama, tetapi kualitasnya (ukuran, bentuk, kemampuan, motivasi) berbeda - Walau manusia memiliki karakteristik fisik dan psikologi yang sama, tetapi kualitasnya (ukuran, bentuk, kemampuan, motivasi) berbeda - Walaupun tiap-tiap pengguna bersifat unik, mereka memiliki beberapa karakteristik yang sama dalam hal kemampuan untuk berinteraksi dengan komputer (persepsi, memori, kemampuan motorik, dll)

13

14

15 Komponen HCI

16 Sistem Ticketing Travel Agency Pemesanan tiket yang cepat melalui koneksi komputer Pemesanan tiket yang cepat melalui koneksi komputer Mencetak tiket, itinerary dan receipt secara otomatis Mencetak tiket, itinerary dan receipt secara otomatis Pembukuan akuntansi Pembukuan akuntansi Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keberhasilan sistem yang akan diterapkan tersebut ?

17 KATEGORIFAKTOR User: Staff motivasi, tingkat pengalaman, kemampuan kognitif, takut dengan teknologi baru User: Customer servis yang lebih cepat dan efisien User: Interface keyboard input, sistem menu dan form-based Work Activity Kemiripan dengan cara yang lama, kemudahan penggunaan, terjadinya kesalahan berkurang Organization Trainning pegawai, hubungan antar staff Comfort Layout piranti Productivity Proses booking lebih cepat dan datanya terkomputerisasi Komponen HCI

18 Komputerisasi Kasir Supermarket Penggunaan bar code reader pada checkout counter yang memberikan data semua barang yang dijual dan mencetak receipt pelanggan Penggunaan bar code reader pada checkout counter yang memberikan data semua barang yang dijual dan mencetak receipt pelanggan Tampilan digital agar pembeli dapat mengetahui jumlah pengeluaran belanjaan mereka Tampilan digital agar pembeli dapat mengetahui jumlah pengeluaran belanjaan mereka Sistem pembayaran menggunakan kartu kredit / debit Sistem pembayaran menggunakan kartu kredit / debit Hal-hal apa yang perlu menjadi pertimbangan sebelum mengimplementasikan sistem yang baru? Komponen HCI

19 KATEGORIFAKTOR User: Work Activity Organization Comfort Productivity Komponen HCI

20 Bidang Ilmu Pendukung HCI

21 Pekerjaan di Bidang Desain Interaktif interaction designers - people involved in the design of all the interactive aspects of a product interaction designers - people involved in the design of all the interactive aspects of a product usability engineers - people who focus on evaluating products, using usability methods and principles usability engineers - people who focus on evaluating products, using usability methods and principles web designers - people who develop and create the visual design of websites, such as layouts web designers - people who develop and create the visual design of websites, such as layouts information architects - people who come up with ideas of how to plan and structure interactive products information architects - people who come up with ideas of how to plan and structure interactive products user experience designers - people who do all the above but who may also carry out field studies to inform the design of products user experience designers - people who do all the above but who may also carry out field studies to inform the design of products

22 Referensi Preece, Rogers, Sharp,Benyon, Holland & Carey, 1996, Human- Computer Interaction, Addison-Wesley Preece, Rogers, Sharp,Benyon, Holland & Carey, 1996, Human- Computer Interaction, Addison-Wesley ( hal 3-54 ) Preece, Rogers, Sharp, 2002, Interaction Design: Beyond Human- Computer Interaction, John Wiley & Sons, Inc. Preece, Rogers, Sharp, 2002, Interaction Design: Beyond Human- Computer Interaction, John Wiley & Sons, Inc. ( hal 1-34 )

23 The End


Download ppt "Pengantar Interaksi Manusia dan Komputer Restyandito, S.Kom, MSIS."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google