Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Safety Talk – DAFWC di Schiehallion - Inggris Kebakaran pada Panel Tegangan Rendah Insiden: Seorang pekerja mengalami luka bakar akibat percikan api dari.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Safety Talk – DAFWC di Schiehallion - Inggris Kebakaran pada Panel Tegangan Rendah Insiden: Seorang pekerja mengalami luka bakar akibat percikan api dari."— Transcript presentasi:

1 Safety Talk – DAFWC di Schiehallion - Inggris Kebakaran pada Panel Tegangan Rendah Insiden: Seorang pekerja mengalami luka bakar akibat percikan api dari sebuah panel listrik 440 V. Lokasi: Schiehallion – Inggris Tanggal kejadian: 09 Maret 2001.

2 Safety Talk – DAFWC di Schiehallion - Inggris Kebakaran pada Panel Tegangan Rendah Urutan kejadian: 1.Korban mencium bau yang aneh dan membuka pintu panel untuk melakukan pengecekan. Sehari sebelumnya korban melakukan pekerjaan pada panel ini. 2.Percikan/kebakaran muncul pertama kali akibat hubung-singkat di antara dua fasa, kemudian meluas menjadi hubung-singkat tiga fasa ke tanah. 3.Smoke detector mendeteksi kebakaran ini. 4.Tegangan pada panel listrik turun, mengakibatkan beberapa motor listrik stop/trip, juga mematikan generator sehingga terjadi pemadaman total. 5.Generator untuk keadaan emergensi gagal bekerja karena valve untuk mengalirkan bahan bakar tertutup.

3 Safety Talk – DAFWC di Schiehallion - Inggris Kebakaran pada Panel Tegangan Rendah Akibat dari kejadian: 1.Korban mengalami luka bakar di muka dan tangan, dirawat selama 12 hari. 2.Kerusakan yang serius pada panel listrik yang terbakar. 3.Pabrik ‘shutdown’ akibat hilangnya sumber listrik terhadap peralatan-peralatan yang tidak di-back up oleh sumber listrik dari baterai/UPS.

4 Safety Talk – DAFWC di Schiehallion - Inggris Kebakaran pada Panel Tegangan Rendah Kesalahan yang ditemukan yang menyebabkan terjadinya insiden: 1.Penyebab lagsung dari kejadian adalah kemungkinan adanya material yang masuk ke dalam panel yang menyebabkan terjadinya hubung-singkat (short- circuit). 2.Korban melakukan investigasi tanpa memberi informasi ke Control Room atau mencari bantuan. 3.Korban tidak menggunakan ‘safety glasses’ yang merupakan suatu keharusan untuk digunakan di pabrik. Korban juga tidak menggunakan sarung tangan. 4.Sumber listrik cadangan gagal mengambil alih beban. Insiden ini juga seharusnya tidak menyebabkan generator utama trip.

5 Safety Talk – DAFWC di Schiehallion - Inggris Kebakaran pada Panel Tegangan Rendah Hal-hal yang dilakukan dengan baik saat insiden: 1.Respons terhadap insiden: kecepatan dan kehati-hatian yang ditunjukkan oleh tim emergensi, semua orang di pabrik mendapat informasi yang memadai mengenai insiden yang terjadi. 2.Korban cepat dibawa ke rumah sakit menggunakan helikopter penjaga pantai.

6 Safety Talk – DAFWC di Schiehallion - Inggris Kebakaran pada Panel Tegangan Rendah Pelajaran berharga dari insiden ini: 1.Panel listrik didisain sedemikian rupa, yang memungkinkan orang tidak bersentuhan dengan bagian yang bertegangan pada saat pintu panel dibuka. Dalam kejadian ini, masih ada kemungkian benda asing masuk ke bagian yang selalu bertegangan. Ada kemungkinan bahaya yang harus dipertimbangkan, yaitu jatuhnya benda-benda asing ke bagian yang bertegangan. 2.Tidak sekali-kali melakukan investigasi suatu gangguan tanpa mempertimbangkan resiko yang mungkin terjadi dan bagaimana mengurangi resiko tersebut, seperti melakukan isolasi (LO-TO), bekerja tidak sendirian, PPE yang sesuai, dll.

7 Safety Talk – DAFWC di Schiehallion - Inggris Kebakaran pada Panel Tegangan Rendah Pelajaran berharga dari insiden ini - lanjutan: 3.Problem trip-nya generator emergency yang disebabkan oleh tertutupnya valve bahan bakar dapat segera diatasi. Problem operasional seperti ini harus dilaporkan dan segera diperbaiki sebelum terjadi kegagalan saat hendak digunakan. Korban diharapkan pulih secepatnya. Diskusi/sharing


Download ppt "Safety Talk – DAFWC di Schiehallion - Inggris Kebakaran pada Panel Tegangan Rendah Insiden: Seorang pekerja mengalami luka bakar akibat percikan api dari."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google