Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DATA MINING Disusun Oleh : M. T. Haqqi Akbar(06071121) JURUSAN MATEMATIKA FAKULTAS SAINS TERAPAN INSTITUT SAINS DAN TEKNOLOGI AKPRIND YOGYAKARTA 2009.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DATA MINING Disusun Oleh : M. T. Haqqi Akbar(06071121) JURUSAN MATEMATIKA FAKULTAS SAINS TERAPAN INSTITUT SAINS DAN TEKNOLOGI AKPRIND YOGYAKARTA 2009."— Transcript presentasi:

1 DATA MINING Disusun Oleh : M. T. Haqqi Akbar( ) JURUSAN MATEMATIKA FAKULTAS SAINS TERAPAN INSTITUT SAINS DAN TEKNOLOGI AKPRIND YOGYAKARTA 2009

2 BAB I PENDAHULUAN Latar Belakang Masalah Berbeda dengan teknologi yang lain data mining tidak memerlukan manusia untuk mengajukan pertanyaan spesifik. Data mining adalah proses yang mungkin bermanfaat untuk penggalian informasi dari data mentah

3 Apa itu pola?

4 Data mining dan sistem penemuan pengetahuan sering berbicara tentang menemukan pola, aturan, dan fakta dalam baris data. So, what is a pattern?

5 Dalam tabel data, suatu pola didefinisikan sebagai Dalam tabel data, suatu pola didefinisikan sebagai

6 Row# Row # Shape BentukColor WarnaWeight Bobot 1 -> Box KotakRed Merah > Box KotakRed Merah > Box KotakRed Merah300 4 Box KotakBlue Biru400 5 Cone KerucutBlue Biru400 Contoh : tabel berikut yang memuat data tentang obyek; bentuk, warna, dan berat badan. Gambar 1: Contoh Tabel.

7 Apakah kita ingin mencari semua pola dan pengecualian? Dalam Data Mining, bagaimanapun, mencari informasi berguna yang tersembunyi dalam database. Dan karena informasi ini akan digunakan oleh manusia, kita harus mencari pola-pola yang menarik. Dalam Data Mining, bagaimanapun, mencari informasi berguna yang tersembunyi dalam database. Dan karena informasi ini akan digunakan oleh manusia, kita harus mencari pola-pola yang menarik. Bagaimanakah pola yang menarik itu? Perhatikan tiga persyaratan berikut: Pola yang menarik adalah salah satu yang melibatkan kolom menarik. Pola yang menarik adalah pola yang sangat kuat yang telah tinggi tingkat kepercayaan dan dukungan. Menggambarkan pola yang menarik yang tidak terduga atau informasi yang tidak diketahui.

8 Fakta Discovery Engine dalam SuperQuery. Fakta Discovery Engine adalah bagian dari SuperQuery yang bertanggung jawab untuk data dan menemukan fakta-fakta dan pengecualian. Fakta adalah pengamatan terhadap sekelompok baris dalam bentuk tabel Gambar 2: The Fact Discovery Engine Dialog Utama.

9 Discovery Fakta Engine SuperQuery menyediakan pengguna dengan kontrol penuh pada kualitas fakta-fakta yang ditemukan. Hal ini dilakukan dengan memungkinkan pengguna untuk mengubah persyaratan dukungan di berbagai tingkat kepercayaan. Setiap fakta ini didukung oleh sejumlah baris. Gambar 3: Pengaturan Discovery Fakta Dialog.

10 Sementara mesin sedang berjalan, pola dilaporkan sebagai aturan dalam sebuah Jika-Maka pernyataan seperti yang ditunjukkan dalam dialog berikut : Gambar 4: Pelaporan Aturan

11 Seperti ditunjukkan pada gambar berikut, fakta saat ini juga digambarkan dalam bentuk tekstual dalam panel terpisah untuk membantu pengguna memahami fakta. Gambar 5: Pelaporan Aturan

12 Kesimpulan Data Mining adalah evolusi alami pertanyaan dan alat pelaporan. Kita perlu memiliki komputer menyaring data dan melaporkan pola-pola yang penting. Selain itu, karena proses penggalian data sistematis, Maka kita akan menemukan informasi yang lain sepenuhnya tersembunyi. Data mining SuperQuery membuat tersedia untuk semua orang dengan mengintegrasikan semua fungsi penambangan data dalam satu kerangka yang sederhana.

13 TERIMA KASIH


Download ppt "DATA MINING Disusun Oleh : M. T. Haqqi Akbar(06071121) JURUSAN MATEMATIKA FAKULTAS SAINS TERAPAN INSTITUT SAINS DAN TEKNOLOGI AKPRIND YOGYAKARTA 2009."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google