Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGENALAN CONTROL PANEL Dasar Komputer Renni Angreni, S.Kom.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGENALAN CONTROL PANEL Dasar Komputer Renni Angreni, S.Kom."— Transcript presentasi:

1 PENGENALAN CONTROL PANEL Dasar Komputer Renni Angreni, S.Kom.

2 APA ITU CONTROL PANEL ? Control Panel adalah bagian dari Graphical User Interface (GUI) yang memungkinkan user untuk melihat dan memanipulasi setting dan control sistem komputer, seperti menambah atau menghapus software, control pengguna PC, mengubah pengaturan hari dan tanggal sistem, dan sebagainya. Click Start Menu, Control Panel, atau Buka Windows Explorer, pada direktori tree pilih Control Panel.

3 T AMPILAN M ENU C ONTROL P ANEL W INDOWS XP

4 M ENU S TANDARD CONTROL PANEL P ADA W INDOWS XP Appearance and Themes Network and Internet Connections Add or Remove Programs Sounds, Speech, and Audio Devices Performance and Maintenance Printers and Other Hardware User Accounts Date, Time, Language, and Regional Options Accessibility Options Security Center

5 Appearance and Themes  untuk pengaturan tampilan desktop (Display), pengaturan tampilan dari direktori dan file (Folder Options) dan tampilan taskbar serta start menu pada komputer (Taskbar and Start Menu). Network and Internet Connections  untuk pengaturan koneksi jaringan baik internet, LAN, wireless, serta keamanan akses jaringan internet. Add or Remove Programs  untuk menambah ataupun menghapus software/ aplikasi/ komponen di dalam sistem komputer.

6 Sounds, Speech, and Audio Devices  untuk pengaturan audio/ suara pada komputer. Performance and Maintenance  untuk mengatur konfigurasi pemeriksaan jadwal perawatan berkala, meningkatkan ruang pada hard disk, atau pengaturan konfigurasi penghematan energi. Printers and Other Hardware  untuk mengatur segala macam hardware yang terpasang di komputer, yaitu seperti game control, keyboard, mouse, VGA control panel, modem, printer, fax, scanner and kamera.

7 User Accounts  untuk mengatur akun pengguna pada komputer. Date, Time, Language, and Regional Options  untuk mengatur tanggal, waktu, bahasa, dan lokasi regional kita. Accessibility Options  untuk mengatur hardware yang sudah terinstalasi, misalnya sound, keyboard, mouse, tampilan layar, dan lain sebagainya. Security Center  untuk pengaturan keamanan penggunaan komputer.

8 1. A PPEARANCE AND T HEMES

9 Di dalam menu appearance and themes, ada 3 icon terpisah yang masing-masing memiliki pengaturan yang berbeda, yaitu : 1. Display Display mempunyai kemampuan untuk mengatur perubahan tampilan desktop Anda, seperti latar belakang, ukuran font, dan resolusi layar. 2. Taskbar and Start Menu Pada menu ini, kita dapat melakukan penyesuaian pada start menu dan taskbar, seperti jenis-jenis item yang akan ditampilkan. 3. Folder Options Untuk menyesuaikan tampilan file dan folder, mengubah asosiasi file, dan membuat file jaringan yang tersedia secara offline.

10 1.1 D ISPLAY

11 1.2 T ASKBAR AND S TART M ENU

12 Lock the task bar : yaitu untuk mengunci taskbar, jika kita cek pilihan ini, maka taskbar akan terkunci, kita tidak bisa memindahkan posisi komponen pada taskbar. Auto-hide the taskbar : untuk memberi efek pada taskbar agar sembunyi atau hilang jika kursor tidak menyentuh taskbar. Keep the taskbar on top of other windows : agar taskbar tetap berada pada posisi paling atas diantara windows yang terbuka, lebih simple- nya, taskbar akan tetap terlihat dan dapat digunakan walaupun saat window baru kita buka dan kita maximize.

13 Group similar taskbar buttons : penyesuaian pada taskbar yang berguna untuk meng-grup-kan aplikasi sejenis yang kita buka. Contoh mudahnya, ketika kita membuka paint dengan 4 window, maka secara otomatis taskbar akan meng-grup-kan tombol paint pada taskbar menjadi 1 tombol dengan cantuman angka jumlah window paint. Show quick lunch : membuat taskbar menyediakan icon-icon untuk kemudahan kita menjalankan aplikasi yang ada. Pada bagian start menu kita bisa memilih tampilan start menu yang lama atau yang baru, serta untuk pengaturan ukuran icon yang tampil pada start menu tersebut.

14 1.3 F OLDER O PTIONS

15 Jika kita masuk pada setting folder ini, pada general setting, kita akan melihat blok task yang terdiri dari 2 pilihan yaitu : - Show common tasks in folders yaitu membuat tampilan folder lebih khusus, jadi masing-masing icon dikategorikan, sama halnya pada folder control panel. - Use Windows classic folders yaitu membuat tampilan folder seperti windows yang lama, dengan icon-icon menyatu dan tanpa pengkategorian.

16 2. N ETWORK AND I NTERNET C ONNECTIONS

17 Ketika kita masuk ke dalam Network and Internet Connections, kita akan melihat 5 sub icon yaitu : 1. Internet Options digunakan untuk mengkonfigurasi sambungan internet dan pengaturan tampilannya. Pengaturan yang ditawarkan pada internet options cukup banyak. Jika kita memasuki icon ini, kita akan melihat General Option, yg berisi tentang pengaturan Homepage, History, serta Temporary Internet File, lalu ada pula pengaturan tentang keamanan dimana kita bisa memblok situs yang kita inginkan.

18

19 2. Network Setup Wizard Aplikasi network setup wizard pada control panel ini adalah untuk memfasilitasi user untuk membantu meluncurkan jaringan yang akan kita buat. Ketika kita ingin membuat jaringan untuk rumah atau kantor kecil dengan menggunakan kabel LAN, maka perlu menggunakan Network Setup Wizard untuk mengkonfigurasi jaringan kita. Kita akan di beri langkah-langkah-nya, jadi kita hanya perlu mengikuti langkah yang di berikan dengan benar.

20

21 3. Wireless Network Setup Wizard Sama halnya dengan Network Setup Wizzard, option ini juga berperan meluncurkan jaringan yang akan kita buat. Bedanya, pada option ini, jaringan yang akan diluncurkan yaitu jaringan wireless (tanpa kabel). Untuk langkah konfigurasi hampir sama dengan option Network Setup Wizard, kita hanya mengikuti langkah- langkahnya saja.

22

23 4. Network Connections Disini kita bisa melihat status koneksi internet yang sedang digunakan, bukan hanya melihat saja, juga bisa memilih jaringan-jaringan yang tersedia disini, mengkonfigurasi setting pada koneksi internet ataupun koneksi lokal. Pada option ini kita juga dapat mengatur atau menambah jaringan nirkabel untuk rumah atau kantor.

24 5. Windows firewall adalah sebuah sistem atau perangkat yang mengizinkan lalu lintas jaringan yang dianggap aman untuk melaluinya dan mencegah lalu lintas jaringan yang tidak aman. Jadi bila dimatikan fungsi dari windows firewall ini, maka jaringan akan lebih mudah disusupi oleh koneksi yang tidak aman. Bila ada aplikasi yang warning atau terinfeksi virus dan semacamnya, firewall akan membuat pilihan kepada user apakah akan di blokir atau tidak.

25

26 3. A DD OR R EMOVE P ROGRAMS

27 Fungsi Add or Remove Programs sudah jelas dari artinya, yaitu untuk menghapus atau menambah program (install). Biasanya add or remove programs digunakan saat kita kesulitan menghapus program yang tidak bisa kita temui file uninstall-nya. Saat kita masuk ke dalam aplikasi ini, di sebelah kiri dialog box akan terlihat empat pilihan, yang masing-masing pilihan memiliki fungsi yang berbeda-beda. Keempat pilihan tersebut yaitu :

28 1. Change or Remove Programs Akan ditampilkan sederetan program yang telah terinstall di komputer. Pada deretan program ini, kita akan melihat status tentang besar memory program tersebut, tanggal terakhir kita menggunakan program ini, serta status penggunaan program (jarang, sering, selalu). Lalu di bawah status program ada dua tombol pilihan, CHANGE atau REMOVE. Change digunakan untuk mengganti program atau update program tersebut, sedangkan Remove digunakan untuk menghapus program secara keseluruhan dari komputer.

29 2. Add New Programs Option ini digunakan untuk menambah atau menginstall program baru melalui disk driver atau dapat mengambil program asli dari windows (windows update). Fasilitas yang diberikan control panel ini memudahkan kita untuk menginstall aplikasi, dimana aplikasi yang akan kita install tidak berjalan dengan otomatis.

30 3. Add/ Remove Windows Components Fasilitas ini adalah fasilitas khusus aplikasi atau komponen Windows, disini kita bisa menambah (install) atau menghapus (uninstall) program Windows yang pada umumnya tidak ada di deretan Change or Remove Programs. Sebaiknya kita jangan mengubah konfigurasi pada option ini karena fasilitas ini berhubungan erat pada sistem operasi. 4. Set Program Access and Defaults untuk menentukan konfigurasi program default seperti browsing web atau mengirim , dan program mana yang dapat diakses dari start menu, desktop, dan lokasi lain. Kita dapat mengubah default program windows pada pilihan custom. Misalnya default browser pada Windows adalah Microsoft Internet explorer, tetapi kita bisa mengkonfigurasi agar default browser yang kita inginkan adalah Mozilla.

31

32 4. S OUNDS, S PEECH, AND A UDIO D EVICES

33 4.1 S PEECH program yang mempunyai fungsi sebagai pembaca text. Text yang ditulis akan di audio-kan. Pada pengaturan speech ini, kita bisa menentukan tempo suara pembaca yang dikeluarkan, dan kita bisa pula menentukan modul audio output yang digunakan.

34 4.2 S OUNDS AND A UDIO D EVICES Pada pengaturan ini, kita bisa mengubah pengaturan skema suara yang kita inginkan, disini ada beberapa skema yang bisa kita pilih. Selain pengaturan skema, kita juga dapat melakukan pengaturan konfigurasi speaker serta alat-alat audio lainnya.

35 5. P ERFORMANCE AND M AINTENANCE

36 5.1 A DMINISTRATIVE T OOLS Digunakan untuk konfigurasi peralatan administrasi komputer. Administrative Tools ini berkaitan erat dengan sistem register.

37 5.2 S CHEDULED T ASKS untuk mengatur jadwal aplikasi yang akan di jalankan agar bisa berjalan teratur. Kita bisa mengatur sesuai dengan yang kita inginkan tugas- tugas yang akan di jalankan pada sistem. 5.3 P OWER O PTIONS merupakan aplikasi control panel yang membantu kita menghemat energi yang di keluarkan komputer. Terkadang komputer mengeluarkan energi yang cukup besar, tetapi pekerjaan komputer itu sendiri minim, jadi energi yang terbuang adalah sia-sia. Dengan power options, kita bisa mengatur konfigurasi untuk menghemat energi komputer sesuai yang kita perlukan saja. Pada option ini kita bisa menentukan skema tenaga, mengatur alarm, dan yang lainnya.

38

39 5.4 S YSTEM Pada bagian aplikasi sistem, kita dapat mengetahui informasi tentang komputer, seperti besar memori, prosessor yang tertanam di dalamnya, user register, dll. Selain itu kita juga bisa mengubah nama komputer kita pada sistem ini, mengatur performance, user profile, serta recovery data.

40

41 6. P RINTERS AND O THER H ARDWARE

42 6.1 G AME C ONTROLLER Disini kita dapat mengatur dan menambah sebuah game control yang sudah terinstall maupun yang belum terinstall. Cara untuk menambahkan game control baru bisa dengan cara sebagai berikut : - Pilih icon Game Controller yang ada pada control panel. - Setelah keluar dialog box, pilih add. - Lalu pilih custom untuk menambahkan Game Controller yang kita inginkan. Di dalamnya terdapat Joystick, Game Pad, Race Car Controller, Flight Yoke or Flight Stick. - Setelah kita memilih salah satunya, kita dapat mengatur banyaknya tombol yang akan digunakan. - Kita juga dapat menamakan pengaturan yang sudah kita atur agar ketika kita sambungkan game controllernya, komputer dapat membaca driver dan pengaturan yang kita atur.

43

44 6.2 M OUSE Untuk pengaturan mouse terdapat enam pengaturan yaitu buttons, pointers, pointer options, wheel, hardware, device settings. Pengaturan buttons dapat mengubah buttons kanan menjadi kiri dan kiri menjadi kanan dan kecepatan gerak click mouse. Untuk pointers dapat mengubah panah mouse yang kita inginkan. Pengaturan pointer options didalamnya kita dapat memberikan motion dan visibility pada panah mouse. Untuk wheel mengatur banyaknya scroll halaman yang kita inginkan. Pengaturan hardware untuk melihat device yang digunakan mouse kita dan jika terjadi masalah kita dapat mengklik troubleshoot, dan untuk Device Settings jika kita menggunakan touchpad kita dapat mengaturnya disini dan juga menampilkan statusnya di toolbars.

45

46 6.3 P RINTERS AND F AXES Digunakan untuk mengatur printer dan fax yang terhubung pada komputer. Untuk mengaturnya kita dapat mengklik icon printers and faxes dan pilih printer atau fax yang mau digunakan. 6.4 P HONE AND M ODEM O PTIONS Digunakan untuk mengatur modem dan telephone yang terhubung pada komputer. Untuk mengaturnya kita dapat mengklik phone and modem options dan pilih asal negara dan nomor-nomor akses yang ada di negara tersebut.

47 6.5 K EYBOARD Dalam pengaturan keyboard terdapat dua pengaturan yaitu Speed dan Hardware. Untuk pengaturan speed didalamnya kita dapat mengatur repeat delay yaitu pengaturan lamanya waktu pengulangan untuk satu karakter yang kita tekan. Repeat rate yaitu pengaturan cepat atau lambatnya karakter yang kita tekan. Cursor Blink Rate yaitu pengaturan kecepatan kedipan kursor pada layar. Untuk pengaturan hardware kita dapat mengetahui driver yang digunakan pada keyboard kita dan jika terjadi trouble, kita dapat mengetahuinya dengan cara mengklik troubleshoot.

48

49 6.6 S CANNERS AND C AMERAS Pengaturan ini digunakan untuk mengatur hardware kamera dan scanner yang terhubung pada komputer. Untuk kamera bisa untuk mengatur perekaman video. Cara mengaksesnya pilih icon Scanners and Cameras pada control panel dan setting camera.

50 7. U SER A CCOUNTS

51

52 Pengaturan ini digunakan untuk mengatur account utama atau admin, didalamnya dapat diatur photo profile user dan juga penggunaan password pada account sehingga tidak sembarang user dapat akses. Untuk account kedua atau guest kita dapat mengaktifkannya atau tidak, account ini juga dapat diatur photo profile dan penggunaan password. Tetapi pada account guest kita tidak dapat mengatur computer kita, kecuali pada account utama. Untuk mengakasesnya klik user accounts pada control panel lalu pilih user accounts.

53 Untuk mengubah setting hari dan tanggal, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut : Cara 1 : Click Start Menu, click Control Panel, lalu pilih “Date, Time, Language, and Regional Options”, kemudian click Date and Time. Cara 2 : Pada Quick Launch, double click pada jam komputer. 8. D ATE, T IME, L ANGUAGE, AND R EGIONAL O PTIONS

54 T AMPILAN YANG MUNCUL

55 Pada bagian Date & Time : Group Box Date digunakan untuk memilih bulan (pada combobox), tahun (pada combobox), dan tanggal (tampil sesuai bulan dan tahun yang dipilih). Group Box Time digunakan untuk mengubah waktu sistem (jam, menit, detik). Pada bagian Time Zone : Pilihlah areal waktu yang bener sesuai dengan tempat tinggal/ dimana berada. Jika anda ingin menyesuaikan setting waktu anda dengan daylight saving time, cek box yang Click OK

56 9. A CCESSIBILITY O PTIONS

57 Pengaturan ini digunakan untuk mengatur hardware yang sudah terinstalasi, misalnya sound, keyboard, mouse, tampilan layar, dan lainnya. Cara mengaksesnya pilih Accessibility Options pada control panel dan langsung bisa kita atur.

58 10. S ECURITY C ENTER

59 Terdapat tiga pengaturan di dalamnya yaitu Internet Options, Automatic Updates, dan Windows Firewall. a. Internet Options digunakan untuk mengatur keamanan dalam menggunakan internet. b. Automatic Updates digunakan untuk mengatur update komputer kita jika tersambung internet dan bisa juga dinonaktifkan. c. Windows Firewall digunakan untuk keamanan komputer jika ada koneksi yang masuk ke komputer kita dan terdeteksi sebagai virus maka firewall ini akan memblok koneksi tersebut.

60 Dasar Komputer Renni Angreni, S.Kom.


Download ppt "PENGENALAN CONTROL PANEL Dasar Komputer Renni Angreni, S.Kom."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google