Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TANTANGAN-TANTANGAN PENDIDIKAN MASA KINI DAN MASA DEPAN Oleh: ACHMAD DARDIRI Dosen FIP UNY Disampaikan pada Seminar Nasional dan Rapat Kerja IMAKIPSI Di.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TANTANGAN-TANTANGAN PENDIDIKAN MASA KINI DAN MASA DEPAN Oleh: ACHMAD DARDIRI Dosen FIP UNY Disampaikan pada Seminar Nasional dan Rapat Kerja IMAKIPSI Di."— Transcript presentasi:

1 TANTANGAN-TANTANGAN PENDIDIKAN MASA KINI DAN MASA DEPAN Oleh: ACHMAD DARDIRI Dosen FIP UNY Disampaikan pada Seminar Nasional dan Rapat Kerja IMAKIPSI Di FIP UNY 31 Mei 2008

2 Kecenderungan Global Michael J. Mazarr dalam bukunya Global Trends 2005 (dalam Tilaar, 2004) mengemukakan 6 ke- cenderungan peran utama perubahan kehidupan masa depan yang dekat, yakni sbb. 1. berubahnya fondasi-fondasi kehidupan dunia yang telah melahirkan kelompok negara-negara maju dan negara-negara berkembang. Masalah yang muncul: kemiskinan, kebodohan, dan ilmu pengetahuan.

3 Lnjutan kecenderungan: 2. perubahan di dalam kekuatan penggerak utama dalam sejarah terutama sains dan teknologi da- lam mengubah kehidupan manusia. 3. munculnya ekonomi baru yang disebut human resources economy. Dalam ekonomi baru ini terjadi reorientasi pekerjaan. Jenis-jenis pe- kerjaan semakin menciut, dalam arti yang di- perlukan bukan labor intensive tetap pekerja- an yang berbsis ilmu pengetahuan.

4 Lanjutan kecenderungan: 4. Lahirnya global trend akibat globalisasi. Lahirlah tribalisme yaitu fragmentalisme serta pluralisme dari berbagai komunitas atau negara. 5. Perubahan dalam otoritas yang mengatur hidup bersama manusia. Globalisasi melahirkan demok- rasi yaitu pemikiran yang menghargai hak asasi manusia, hak manusia untuk memiliki identitas sendiri. Akibatnya muncul krisis sosial-politik

5 Lanjutan kecenderungan 6. Hasil dari semua perubahan yang akan terjadi, yaitu kemungkinan lahirnya alienasi dari individu dan lahirnya apa yang disebut sindrom pesimisme.

6 Dua hal penting untuk menghadapi 6 kecenderungan tsb.: 1. pendidikan; dan 2. pentingnya nilai-nlai moral Pendidikan dan nilai-nilai moral antara lain akan memberikan arah kemanusiaan atau wajah humanisme terhadap kapitalisme agar masalah besar yang dihadapi umat manusia: kemiskinan dan kebodohan segera dapat diatasi.

7 Permasalahan dan Tantangan Pendidikan Dewasa Ini 1.Ketegangan antara yang global dan yang lokal; 2.Ketegangan antara yang universal dan yang individual; 3.Ketegangan antara tradisi dan modernitas; 4.Ketegangan antara pertimbangan jangka panjang dan jangka pendek; 5.Ketegangan antara perlunya kompetisi dan perhatian terhadap persamaan kesempatan 6.Ketegangan antara ekspansi yang luar biasa dari ilmu pengetahuan dan kemampuan manusia untuk mengasimilasikannya; 7.Ketegangan antara yang spiritual dan yang material.

8 4 Pilar pendidikan yang fundamental untuk menghadapi berbagai permasalahan pend. Learning to know; Learning to do; Learning to be; dan Learning to live together.

9 Tantangan Internal Pendidikan Dalam konteksnya di Indoesia, terdapat beberapa tantangan internal pendidikan: 1. masalah kesatuan bangsa; 2.demokratisasi pendidikan; Kehidupan demokrasi adalah kehidupan yang menghargai potensi individu. Semua warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang baik, juga mempunyai kewajiban yang sama untuk membangun pendidikan nasional yang berkualitas.

10 Lanjutan Tantangan Internal: 3. Desentralisasi manajemen pendidikan Desentralisasi penyelenggaraan pendidik- an dan kebudayaan di daerah akan mem- berikan implikasi langsung di dalam penyu- sunan dan penentuan kurikulum yang de- wasa ini sangat sentralistis dan sangat memberatkan peserta didik. 4.Kualitas Pendidikan. Kunci utama peningkatan kualitas pendidikan adalah mutu para guru. (Tilaar, 2004)

11 Tantangan Global: 1. Pendidikan yang Kompetitif dan Inovatif; 2. Identitas

12 Tantangan Pendidikan kita (Dari sumber lain) 1.Globalisasi dan Knowledge Based Economy (Perekonomian yang didasarkan pada penciptaan dan pemanfaatan ipteks secara kreatif, dan inovatif); 2. Civil Society; 3. Enterpreneurial Spirit (Kompetensi lulusan dalam suatu bidang ilmu saja tidak lagi mencukupi untuk memasuki lapang an kerja yang semakin kompetitif. Lulusan harus pula memiliki kemampuan belajar sepanjang ha - yat, kemampuan menganalisis dan mensintesis, kemampuan untuk memanfaatkan peluang dengan keberanian mengambil resiko yang diperhitungkan)

13 Daftar Pustaka Delors, Jacques (et. al.) Learning: The Treasure Within. France: UNESCO PUBLISHING. Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Direkto- rat Jenderal Pendidikan Tinggi Strategi Jang- ka Panjang Pendidikan Tinggi (HELTS): Mewujudkan perguruan tinggi yang berkualitas. Tilaar, H.A.R Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Cetakan Kedua. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta. _________ Multikulturalisme: Tantangan-tantangan Global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasional. Jakarta: PT. Grasindo.


Download ppt "TANTANGAN-TANTANGAN PENDIDIKAN MASA KINI DAN MASA DEPAN Oleh: ACHMAD DARDIRI Dosen FIP UNY Disampaikan pada Seminar Nasional dan Rapat Kerja IMAKIPSI Di."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google