Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SRI SULASTRI, 1601908027 STUDI DESKRIPTIF MOTIVASI ORANG TUA MENGGUNAKAN PIJAT BAYI UNTUK TUMBUH KEMBANG ANAK.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SRI SULASTRI, 1601908027 STUDI DESKRIPTIF MOTIVASI ORANG TUA MENGGUNAKAN PIJAT BAYI UNTUK TUMBUH KEMBANG ANAK."— Transcript presentasi:

1 SRI SULASTRI, STUDI DESKRIPTIF MOTIVASI ORANG TUA MENGGUNAKAN PIJAT BAYI UNTUK TUMBUH KEMBANG ANAK

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : SRI SULASTRI - NIM : PRODI : - JURUSAN : - FAKULTAS : Ilmu Pendidikan PEMBIMBING 1 : Dra. SS Dewanti H, M.Pd - PEMBIMBING 2 : Ali Formen, S.Pd, M.Ed - TGL UJIAN :

3 Judul STUDI DESKRIPTIF MOTIVASI ORANG TUA MENGGUNAKAN PIJAT BAYI UNTUK TUMBUH KEMBANG ANAK

4 Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan mengetahui motivasi yang mendorong orang tua menggunakan pijat bayi dan jasa pijat bayi, dan mengetahui manfaat pijat bayi, yang berkaitan dengan tumbuh kembang anak.Serta mengetahui jenis-jenis permasalahan kesehatan apakah yang menyebabkan orangtua memijatkan anaknya agar menjadi sehat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori mengenai Motivasi, orangtua dan pijat bayi. Motivasi merupakan salah satu faktor yang ikut menentukan keberhasilan seseorang dalam mencapai sesuatu yang diinginkan. (Sadiman AM 2010:73) Ada tiga motivasi yang menyebabkan orangtua memijatkan bayinya yaitu motivasi kesehatan, motivasi ekonomi dan motivasi kultur budaya orangtua. Dari ketiga motivasi itu orangtua melakukan pijat bayi karena adanya motivasi instrinsik dan ekstrinsik. Pijat bayi dilakukan karena ada gejala atau masalah kesehatan yang tanda tandanya terlihat pada anak seperti panas, tidurnya gelisah, kesliring karenajatuh, kurang nafsu makan dan sawan (anak diganggu makhluk halus). Keuntungan dari pijat bayi ini adalah menjalin kasih sayang dengan orangorang terdekat yang memijat, memacu sistem sirkulasi darah, jantung, pernapasan, pencernaan dan sistem kekebalan tubuh bayi dan anak Dalam penelitian menggunakan jenis pendekatan studi deskriptif kualitatif. Adapun metode penggalian data yang dilakukan adalah wawancara mendalam, observasi, serta dokumentasi (foto dan rekaman) Implikasi penelitian ini bagi orangtua dan keluarga terdekat hendaknya melakukan pemijatan sendiri pada putra-putrinya. Bagi pemijat, agar dalam praktek memijatnya tidak hanya dilakukan secara tradisional saja namun juga dilengkapi dengan pengetahuan. Praktisi Pijat (dukun bayi) dan Praktisi Kesehatan seperti bidan dan dokter usahakan bisa bekerja sama agar terjadi sinergi yang kuat dan harmonis.

5 Kata Kunci Motivasi, Orangtua, Pijat Bayi dan Tumbuh Kembang

6 Referensi Ali, Iskandar Dahsyatnya Pijat untuk Kesehatan.Jakarta: PT Agromedia Pustaka Bagian Humas Setda Kota Semarang, 2009, Selayang Pandang Kota Semarang Glance Of Semarang City, 2009, Semarang Departemen Kesehatan Republik Indonesia, 2005, Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak Di Tingkat Pelayan Kesehatan Dasar, Jakarta Dinas Kesehatan Kota Semarang, 2007, Profil Kesehatan Kota Semarang, Semarang Dinas Kesehatan Kota Semarang, 2008, Profil Kesehatan Kota Semarang, Semarang Doyin, M, dan Wagiran.2009.Bahasa Indonesia Pengantar Penulisan Karya Ilmiah.Semarang:UNNES Press Elmubarok, Zaim dkk.2010.Pengantar Ilmu Budaya. Semarang: Pelangi Publishing Faruq, Muhammad Muhyi Permainan Kecerdasan Kinestetik. Jakarta:Grasindo Goode, William J Sosiologi Keluarga.Jakarta:Bumi Aksara Hastuti, Dwi.2006, Pengasuhan: Teori, Prinsip dan Aplikasinya Hurlock, Elizabeth B Perkembangan Anak Jilid 1. Jakarta:Erlangga IDAI. Tumbuh Kembang anak Kantor Informasi Dan Komunikasi, 2006, Profil Kota Semarang, Semarang Kantor Informasi Dan Komunikasi, 2009, Profil Kota Semarang, Semarang Maharani,Sabrina.2009.Pijat & Senam Sehat untuk Bayi.Yogyakarta:Katahati Moleong, Lexy.2007.Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya Nasution,S.2009.Sosiologi Pendidikan.Jakarta:Bumi Aksara Rifa’I, A dan Anni, CT.2009.Psikologi Pendidikan.Semarang:UNNES Press Roesli,Utami.2008.Pedoman Pijat Bayi Edisi Revisi.Jakarta:PT. Trubus Agriwidya, anggota IKAPI Salim, Agus Teori & Paradigma Penelitian Sosial.Yogyakarta:Tiara Wacana Sarwono, W.S Teori-Teori Psikologi Sosial. Jakarta : Raja Grafindo Persada Sunarto, Sosiologi Keluarga. Jakarta : PT. Raja Grafindo Sugiyono.2010.Metode Penelitian Pendidikan.Bandung:Alfabeta Tim Redaksi Forum Kita.2009.Buku Pintar Pijat Keluarga. Jakarta:Forum Kita Universitas Negeri Semarang, 2008, Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Undanng-Undang Dasar 1945 dan Perubahannya Undang-Undang Republik Indonesia Tahun 1974 Tentang Perkawinan Ummi Majalah, Edisi 05 XXI, 2009 Wahyudin Menuju Kreativitas.Jakarta:Gema Insani Press Walgito, Bimo Psikologi Sosial (Suatu Pengantar), Edisi Revisi, Yogjakarta : Andi Offset Widayati Sri, dan Widijati Utami Mengoptimalkan 9 Zona Kecerdasan Majemuk Anak. Jogjakarta: Luna Publisher

7 Terima Kasih


Download ppt "SRI SULASTRI, 1601908027 STUDI DESKRIPTIF MOTIVASI ORANG TUA MENGGUNAKAN PIJAT BAYI UNTUK TUMBUH KEMBANG ANAK."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google