Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Sistem Indra Unit 4 Learning More Biology 3. Alat indra apakah yang sangat berperan penting bagi seorang pemanah membidik sasarannya?

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Sistem Indra Unit 4 Learning More Biology 3. Alat indra apakah yang sangat berperan penting bagi seorang pemanah membidik sasarannya?"— Transcript presentasi:

1 Sistem Indra Unit 4 Learning More Biology 3

2 Alat indra apakah yang sangat berperan penting bagi seorang pemanah membidik sasarannya?

3 Indra Penglihat Kornea Pupil Iris Lensa Retina Koroid Sklera 1. Struktur Bola Mata

4 Lensa mata berakomodasi agar bayangan dapat jatuh tepat pada retina. 2. Cara Kerja Mata Ketika melihat objek yang dekat, lensa mata mencembung (a), dan ketika melihat jauh, lensa mata memipih (b).

5 3. Kelainan dan Penyakit pada Mata a. Rabun dekat (Hipermetropi) b. Rabun jauh (Miopi) Bayangan jatuh tidak tepat di retina Lensa mata diperbaiki dengan kacamata berlensa positif (+)/cembung Bayangan jatuh tidak tepat di retina Lensa mata diperbaiki dengan kacamata berlensa negatif (-)/cekung

6 Tidak dapat melihat pada malam hari atau dalam keadaan remang-remang. Permukaan lensa atau lengkungan kornea tidak rata sehingga penglihatan kabur. d. Rabun senja e. Mata silindris (Astigmatisma) Kornea Astigmatisma Kornea Normal Lensa mata yang kabur dan keruh sehingga cahaya terhalang masuk ke retina. c. Katarak

7 Tidak bisa membedakan warna-warna tertentu. Otot mata tidak normal. g. Buta warna h. Juling Bayangan jatuh tidak tepat pada retina Lensa mata diperbaiki dengan kacamata berlensa positif dan negatif sehingga bayangan jatuh tepat pada retina Mata yang mengalami rabun jauh dan rabun dekat. f. Mata tua (Presbiopi)

8 Indra Pendengar 1. Telinga Daun telinga Lubang telinga MartilSelaput gendang Landasan Saluran semisirkuler Serabut saraf Rumah siput Saluran Eustachius Saluran telinga

9 2. Kelainan dan Penyakit pada Telinga Radang Telinga Tengah Tuli Kerusakan Sensori - Neural Sebutkan contoh lain yang kamu ketahui. Jelaskan penyebab kelainan dan penyakit tersebut.

10 Kulit Jerawat Dermatitisperadangan pada permukaan kulit. Indra Peraba 1. Reseptor Sentuhan 2. Reseptor Tekanan 3. Reseptor Rasa Sakit 4. Reseptor Suhu Kelainan dan Penyakit pada Kulit Sebutkan kelainan dan penyakit pada kulit selain dua contoh di atas. memiliki peradangan pada kelenjar minyak kulit.

11 Indra Pengecap Papila Sel saraf pengecap Puting pengecap Pahit Asam Asin Manis

12 Indra Pencium otak rongga hidung gerak potensial sel epitel mukus siliasel sarafsel olfaktori tulang Sebutkan gangguan atau kelainan yang terjadi pada indra pencium.

13 Sistem Indra pada Manusia terdiri atas Indra penglihat Indra pendengar Indra peraba Indra pengecap Indra pencium yaitu MataTelingaKulitLidahHidung

14 Kuis 1. Tuliskan organ-organ yang berperan sebagai alat indra pada manusia. 2. Bagaimana proses pengelihatan terjadi? Jelaskan. 3.Gambarkan daerah-daerah reseptor manis, asam, asin, dan pahit pada lidah.

15 Terima kasih “Cita-cita hanya dapat diraih melalui rencana dan tindakan yang dilakukan dengan giat.” -Stephen A. Brennan-

16 REFERENCES BOOK REFERENCES PICTURES REFERENCES Kamus Visual, eyesareus.org Biology Concepts and Connections, 2006

17 Created by: Editor: Fahri Alwhinanto Layouter: Rudini Rusmawan


Download ppt "Sistem Indra Unit 4 Learning More Biology 3. Alat indra apakah yang sangat berperan penting bagi seorang pemanah membidik sasarannya?"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google