Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ENTERO VIRUS PENYEBAB WABAH ASPEK MIKROBIOLOGI, EPIDEMIOLOGI DAN PENCEGAHANNYA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ENTERO VIRUS PENYEBAB WABAH ASPEK MIKROBIOLOGI, EPIDEMIOLOGI DAN PENCEGAHANNYA."— Transcript presentasi:

1

2 ENTERO VIRUS PENYEBAB WABAH ASPEK MIKROBIOLOGI, EPIDEMIOLOGI DAN PENCEGAHANNYA

3 PENYAKIT KAKI TANGAN DAN MULUT PENDAHULUAN EV MRPK SEKUMPULAN PATOGEN PADA MANUSIA YG MENYEBABKAN PENYAKIT DNG MANIFESTASI KLINIS YG BERVARIASI. SEBAGIAN BESAR INFEKSI RINGAN / ASIMTOMATIK SEHINGGA DIANGGAP PENYAKIT TAK BEGITU PENTING NAMUN SEBAGIAN KASUS YG RENTAN INFEKSI E.V DPT BERAKIBAT SERIUS PENYEBAB WABAH BAHKAN MENYEBABKAN KEMATIAN UMUMNYA MENYERANG PADA ANAK2 < 10 H,PENULARAN MELALUI FECAL-ORAL. DAN SETELAH VIRUS POLIO BERHASIL DIERADIKASI BERKAT VAKSINASI,MAKA SEKARANG ENTEROVIRUS 71 MENJADI YANG TERPENTING.

4 ETIOLOGI : PENYAKIT YG DITIMBULKAN DISEBABKAN OLEH ENTEROVIRUS (COXSACKIE A DAN B SERTA OLEH ENTEROVIRUS GRUP A 71 DAN UMUMNYA BERMANIFESTASI PADA TANGAN,KAKI MULUT PENYAKIT INI DAPAT SEMBUH SENDIRI BBRP HARI,TAPI BISA DIIKUTI KOMPLIKASI PADA SUSUNAN SYARAF PUSAT DAN KEMATIAN. SAMPAI SAAT INI DIAGNOSIS LAB.LEBIH BANYAK DIPAKAI UNTUK KEPENTINGAN EPIDEMIOLOGIS. ENTERO VIRUS 71 TERMASUK FAMILI PICORNAVIRIDAE. VIRUS INI DISEBUT ENTERO VIRUS SEBAB INFEKSI PRIMERNYA DI SALURAN CERNA.

5 ETIOLOGI ADALAH VIRUS DARI FAMILI PICORNA VIRIDAE, DARI KELOMPOK VIRUS RNA, KLASIFIKASI : DI SUBKLASIFIKASI MENJADI: -VIRUS POLIO -COXSACKIE VIRUS GRUP A -COXSACKIE GRUP B -ECHOVIRUS DAN -ENTEROVIRUS SEROTIPE DISINI DIBICARAKAN HANYA PENYAKIT VIRUS SEBAGAI PENYEBAB WABAH YG PERNAH MELANDA DI INDONESIA YALAH COXSACKIE GRUP A DAN B SERTA ENTERO VIRUS 71 SEBAGAI PENYEBAB PENYAKIT MULUT KAKI DAN TANGAN / ATAU DINAMAKAN: “HFMD” (HAND, FOOT DAN MOUTH DISEASE).

6 VIRUS COXACKIEA DAN B VIRUS COXASACKIE INI MENYEBABKAN BANYAK PENYAKIT INFEKSI SEBAGIAN BESAR TIDAK DAPAT DIDIAGNOSIS SECARATEPAT. CAUSA: 1.MENINGITIS DAPAT MENYEBABKAN MENINGITIS ASEPTIK 2.HERPANGIOMA VIRUS INI DAPAT MENYEBABKAN DEMAM DAN ULKUS YG NYERI PD PALATUM DAN LIDAH MENGAKIBATKAN MUNTAH DAN NYERI MENELAN DAN PENYAKIT INI DISEBUT HERPANGIOMA

7 VIRUS COXACKIE A DAN B 3.PENYAKIT TANGAN KAKI & MULUT -SERING TERJADI PADA BAYI DAN ANAK. TAPI ORANG DEWASA BISA TERTULAR. -COXACKIE GRUP A BANYAK TIPE DIANTARANYA A4,A9,A10, DAN A16,NAMUN YG PALING BANYAK ADALAH A16. -GEJALA BERUPA DEMAM,ADA LUKA / ULKUS/BULA KEMERAHAN PADA MULUT,TELAPAK KAKI DAN TANGAN

8 ENTEROVIRUS 71 DIKETEMUKAN TH 1969 PENYEBAB WABAH PENYAKIT TANGAN KAKI MULUT / HAND FOOT MOUTH DISEASE /HFMD TH 1998 DI TAIWAN DILAPORKAN TERJADI WABAH PADA ANAK2 < 5 TH) DAN BANYAK YG MENINGGAL KOMPLIKASI :ENSEPHALITIS,MENINGITIS ASEPTIK,EDEMA DAN PERDARAHAN PARU,MIOKARDITIS,PARALISIS DI INDONESIA MENYEBAR DI KOTA BESAR DAN UMUMNYA TERTULAR DARI ANAK2 YG BARU PULANG LIBURAN DARI SINGAPURA.

9 ENTEROVIRUS 71 CAUSA : MENINGOENSEFALITIS BILA PENYEBABNYA GOL. ENTERO VIRUS LAINNYA UMUMNYA PROGNOSISNYA BAIK TETAPI BILA DARI ENTEROVIRUS 71 TINGKAT KEMATIANNYA SAMPAI 6%. PENYAKIT KAKI TANGAN DAN MULUT INFEKSI DITANDAI DNG DEMAM,LESI ULSERATIF PADA MUKOSA BUKAL,LIDAH,.PALATUM,DAN GUSI SERTA LESI PADA TANGAN,KAKI. DNG LESI BERUPA VESIKEL. WALAUPUN DPT SEMBUH SENDIRI,KADANG2 TERJADI MENINGITIS ASEPTIK,MENINGOENSEFALITIS DAN PARALISE FLASID AKUT.

10 ENTEROVIRUS 71 TERJADI INFEKSI LAIN : MENINGOENSEFALITIS BILA PENYEBABNYA GOL. ENTERO VIRUS LAINNYA UMUMNYA PROGNOSISNYA BAIK TETAPI BILA DARI ENTEROVIRUS 71 TINGKAT KEMATIANNYA SAMPAI 6%. INFEKSI DITANDAI DNG DEMAM,LESI ULSERATIF PADA MUKOSA BUKAL,LIDAH,.PALATUM,DAN GUSI SERTA LESI PADA TANGAN,KAKI. DNG LESI BERUPA VESIKEL. WALAUPUN DPT SEMBUH SENDIRI,KADANG2 TERJADI MENGITIS ASEPTIK,MENINGOENSEFALITIS DAN PARALISE FLASID AKUT.

11 MANIFESTASI KLINIS

12 PENCEGAHAN 1.MENCEGAH ANAK2 TIDAK BERKUNJUNG DI TEMPAT YG RAMAI. 2.SEGERA MEMBAWA ANAK2 BEROBAT KE DOKTER BILA DIKETEMUKAN GEJALA SEPERTI : -DEMAM 2-3 HR -SAKIT TENGGOROK. -DIKETEMUKAN ULKUS/LEPUH2 PADA MULUT KAKI & TANGAN,SERING DISERTAI MUNTAH, DIARE. 3.MENJAGA KEBERSIHAN DAN HIGIENE ANAK2, 4.DOKTER YG MENEMUKAN LAPOR KE DKK SETEMPAT.


Download ppt "ENTERO VIRUS PENYEBAB WABAH ASPEK MIKROBIOLOGI, EPIDEMIOLOGI DAN PENCEGAHANNYA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google