Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

“Adab berprilaku istri kpd suami” Desi Irma Maryana A.0111.026 Risma Permatasari A.0111.049 `

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "“Adab berprilaku istri kpd suami” Desi Irma Maryana A.0111.026 Risma Permatasari A.0111.049 `"— Transcript presentasi:

1 “Adab berprilaku istri kpd suami” Desi Irma Maryana A Risma Permatasari A `

2 “Dunia (hidup di dunia ini) adalah kesenangan dan sebaik-baik kesenangan di dunia ini adalah istri yang baik (sholehah) Ada beberapa hal yang patut diperhatikan oleh seorang istri yang sholehah di dalam keluarga, termasuk pergaulannya terhadap suami.

3 Beberapa hal tersebut adalah: 1. Menjadi seorang istri yang baik adalah sedemikian penting sehingga dari titik pandang Islam, seorang istri yang baik dipandang sebagai sesuatu yang paling baik di dunia. 2. Peranan perempuan dalam rumah tangga sangat penting. Sesungguhnyalah ia merupakan faktor penentu. 3. Istri harus melakukan yang terbaik untuk menjaga agar suaminya tetap senang kepadanya.

4 4.Menolak tidur bersama suaminya ketika ia mengajaknya tidur adalah merupakan satu kesalahan besar yang harus dihindarkan. 5.Istri yang baik adalah ia yang taat pada perintah suaminya jika ia memintanya melakukan sesuatu. 6.Pada saat suami pulang ke rumah, istri harus menyambutnya dengan ramah dan menemuinya dengan penampilan yang baik dan cantik. 7. Adalah kewajiban seorang istri untuk tidak mengizinkan seseorang, yang tidak diinginkan suaminya, untuk masuk ke dalam rumah tanpa izin darinya.

5 PERILAKU DURHAKA ISTRI KEPADA SUAMI …“Sesungguhnya hak suami terhadap istrinya yaitu jika suami menghendaki dirinya, sekalipun dia berada di atas kendaraan, ia tidak mencegah dirinya untuk datang, dan hak suami atas istrinya yaitu, istrinya tidak boleh puasa sunnah tanpa izin suaminya, jika terus melakukannya, ia hanya mendapatkan lapar dan haus dan tidak diterima puasa yang dilakukannya itu, dan tidak boleh keluar rumah tanpa izinnya, jika ia terus keluar, maka malaikat langit dan malaikat rahmat serta malaikat adzab akan mengutuknya sampai ia pulang.”…. Wanita shalihah harus berusaha untuk dapat mendapat ridho Allah swt dan menjauhi hal-hal yang dapat mendatangkan kemurkaan-Nya, untuk itu wanita shalihah harus mengetahui apa saja yang termasuk perbuatan durhaka istri kepada suami. Dengan mengetahuinya, semoga bisa menghindarinya dan kita tidak masuk ke dalam golongan orang-orang yang dimurkai Allah.

6 Perilaku durhaka istri kepada suami, antara lain : 1. Mengabaikan wewenang suami 2. Menentang perintah suami 3. Enggan memenuhi kebutuhan seksual suami 4. Tidak mau menemani suami tidur 5. Melarikan diri dari rumah suami (nusuz) 6. Tidak mau bersolek (dandan) untuk suaminya 7. Menerima tamu lelaki yang tidak disukai suami 8. Menolak jamahan lelaki lain 9. Tidak mau merawat suami ketika sakit

7 Kewajiban Istri Terhadap Suami Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda maksudnya: “SesungguhnyaAllah tdk melihat kpd seorang isteri yg tdk bersyukur kpd suaminya.” Keterangan: Hal ini biasa terjadi pd suami yg miskin & isteri yg kaya. Lalu isteri itu menafkahkan hartanya kpd suaminya, kemudian mengungkitnya. Siapa saja di kalangan isteri yg bermuka masam di hadapan suaminya, maka ia dalam kemurkaan Allah sampai ia dpt membuat suasana yg menggembirakan suaminya & memohon kerelaannya.

8 Sifat-sifat istri shalihah berdasarkan firman Allah : “Jika sampai Nabi menceraikan kalian7 mudah-mudahan Tuhan akan memberi ganti kepada dgn istri-istri yg lbh baik daripada kalian muslimat mukminat qanitat taibat ‘abidat saihat dari kalangan janda ataupun gadis.” Dalam ayat yg mulia di atas disebutkan beberapa sifat istri yg shalihah yaitu: a. Muslimat: wanita-wanita yg ikhlas tunduk kepada perintah Allah ta‘ala dan perintah Rasul-Nya. b. Mukminat: wanita-wanita yg membenarkan perintah dan larangan Allah Subhanahu wa Ta’ala

9 c. Qanitat: wanita-wanita yg taat d. Taibat: wanita-wanita yg selalu bertaubat dari dosa-dosa mereka selalu kembali kepada perintah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam walaupun harus meninggalkan apa yg disenangi oleh hawa nafsu mereka. e. ‘Abidat: wanita-wanita yg banyak melakukan ibadah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. f. Saihat: wanita-wanita yg berpuasa.

10 Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menyatakan: “Apabila seorang wanita shalat lima waktu puasa sebulan menjaga kemaluan dan taat kepada suami mk dikatakan kepadanya: Masuklah engkau ke dlm surga dari pintu mana saja yg engkau sukai.”

11 sifat istri yg shalihah berdasarkan Rasulullah : 1. Mentauhidkan Allah Subhanahu wa Ta’ala dgn mempersembahkan ibadah hanya kepada-Nya tanpa menyekutukan-Nya dgn sesuatupun. 2. Tunduk kepada perintah Allah Subhanahu wa Ta’ala terus menerus dlm ketaatan kepada-Nya dgn banyak melakukan ibadah seperti shalat puasa bersedekah dan selainnya. Membenarkan segala perintah dan larangan Allah Subhanahu wa Ta’ala. 3. Menjauhi segala perkara yg dilarang dan menjauhi sifat-sifat yg rendah. 4. Selalu kembali kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dan bertaubat kepada-Nya sehingga lisan senantiasa dipenuhi istighfar dan dzikir kepada-Nya. Sebalik ia jauh dari perkataan yg laghwi tdk bermanfaat dan membawa dosa seperti dusta ghibah namimah dan lainnya. 5. Menaati suami dlm perkara kebaikan bukan dlm bermaksiat kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dan melaksanakan hak-hak suami sebaik- baiknya.

12 THANKS


Download ppt "“Adab berprilaku istri kpd suami” Desi Irma Maryana A.0111.026 Risma Permatasari A.0111.049 `"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google