Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

RETREAT KELUARGA Jemaat SLA/PTASN Ajibata, 19-21 Desember 2011.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "RETREAT KELUARGA Jemaat SLA/PTASN Ajibata, 19-21 Desember 2011."— Transcript presentasi:

1 RETREAT KELUARGA Jemaat SLA/PTASN Ajibata, Desember 2011

2 Disiapkan oleh: Pdt. R. W. Sagala (dari berbagai Sumber) TIPS MENJAGA KESEHATAN PERNIKAHAN

3 Roller Coaster

4 Pernikahan itu bagaikan Roller Coaster: berubahnya sangat cepat, turun naiknya sangat cepat Kelihatannya mulus dan sangat menyenangkan, namun sangat mendebarkan, penuh dengan benturan Hampir disetiap sudut jalan ada benturan- benturan kecil

5

6 Allah telah memberikan prinsip- prinsip pencegahan sederhana yang dapat membantu pasangan untuk mempertahankan perkawinan yang sehat.

7 Keutuhan (Wholeness), menunjukkan kesejahteraan atau kesehatan. Tuhan ingin agar kita menikmati kesehatan pikiran, tubuh, dan jiwa, termasuk juga kesehatan dalam hal "hubungan." Kecuali kita menjaga dan memelihara kesehatan fisik dengan cara yang hati-hati, maka akibatnya kita dapat mengalami gangguan kesehatan atau jatuh sakit. Sebuah perkawinan harus dijaga dan dipelihara agar tetap sehat. Seperti tubuh dan pikiran kita, pernikahan kita memerlukan adanya rencana untuk melawan "penyakit" yang mungkin saja akan merusak hubungan perkaiwinan

8 Mengapa Pernikahan Perlu Dilindungi? Jutaan kuman mendiami lingkungan kita. Salah satu ilmuwan memperkirakan ada 500 jutaorganisme hanya dalam satu sendok teh tanah kebun, dan pada setengah sendok teh air liur berlabuh atau terdapat satu miliar mikroorganisme (Folkenberg & McAdams, Healthyourself: a step by step guide to a healthy lifestyle 1992, hlm. 39).

9 Sementara ada beberapa dari kuman dan bakteri ini yang berbahaya, sebagian besar tidak berbahaya. Jadi, misalnya, ketika pendeta mengatakan kepada pengantin pria pada saat pemberkatan nikah, menurut adat kebiasaan Barat "Sekarang anda dapat mencium pengantin wanita," pasangan itu sebenarnya bukan hanya sekedar berbagi cinta. Mereka juga sebenarnya sedang bertukar sekumpulan tentara besar yakni organisme hidup!

10 Kita hidup di lingkungan yang secara fisik, rohani, dan relasional bermusuhan dengan kita. Virus dosa, dengan ribuan varietasnya, dan bakteri keegoisan, serta sejenisnya ada di mana-mana, ada pada udara yang kita hirup.

11 Pernikahan, dan hubungan dengan keluarga terdekat, adalah merupakan hal yang paling rentan terhadap kuman relasional, penyakit, dan kematian. Sebuah strategi yang sangat hati- hati dibuat dan digunakan dengan efisiensi dan maksimal oleh Setan untuk menyuntikkan ke dalam setiap pernikahan semacam penyakit pembunuh. Mengapa? Karena dia tahu pernikahan yang benar-benar Kristiani, dengan pengaruhnya yang meluas, memiliki potensi untuk menyebarkan kebahagiaan di seluruh bumi, yang mengakibatkan nyanyian pujian dan penyembahan kepada Pencipta, yaitu Tuhan Yesus Kristus.

12 Setan juga menyerang tanpa henti- hentinya perkawinan karena ia mengerti dengan jelas bahwa cita-cita Allah bagi hubungan "satu daging" antara seorang pria dan seorang wanitaadalah merupakan pernyataan manusia yang paling sempurna akan hubungan Kristus dengan umat-Nya. Alkitab mengatakan, “Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya.” (Efesus 5:25)

13 Dengan begitu banyaknya pernikahan di dalam gereja yang menderita sakit dan rentan seperti pernikahan-pernikahan di luar gereja, pertanyaan yang sering sekali ditanyakan adalah, "Apakah tidak ada sesuatu yang bisa kita lakukan untuk melindungi pernikahan kita?" Jawabannya adalah "Ya!" Allah telah menyediakan petunjuk yang cukup untuk mengembangkan hubungan antar sesama, seperti Dia telah mengajarkan kepada kita untuk menjaga dengan baik fisik kita ini,dan kabar baiknya adalah bahwa Dia sudah menjanjikan kepada kita kasih karunia- Nya untuk mengikuti petunjuk tersebut.

14 Apakah Sajakah Perawatan Kesehatan Pernikahan?. P - Plan A - Affirmation R - Religion T - Talking N - Nutrition E - Example R - Responsibilities S - Save Rencana perawatan k esehatan Allah terhadap pernikahan adalah sederhana, murah, dan tersedia untuk semua Rencana perawatan k esehatan Allah terhadap pernikahan adalah sederhana, murah, dan tersedia untuk semua Rencana perawatan k esehatan Allah terhadap pernikahan adalah sederhana, murah, dan tersedia untuk semua Rencana perawatan k esehatan Allah terhadap pernikahan adalah sederhana, murah, dan tersedia untuk semua Rencana perawatan k esehatan Allah terhadap pernikahan adalah sederhana, murah, dan tersedia untuk semua Rencana perawatan k esehatan Allah terhadap pernikahan adalah sederhana, murah, dan tersedia untuk semua Rencana perawatan k esehatan Allah terhadap pernikahan adalah sederhana, murah, dan tersedia untuk semua Rencana perawatan kesehatan Allah terhad ap pernikahan adalah sederhana, murah, dan tersedia untuk semua

15 1. Plan (Perencanaan) Perlunya menghabiskan waktu untuk bersama-sama Banyak pasangan yang sudah menikah begitu kelelahan pada akhir hari, sehingga mereka tidak punya waktu untuk bersama-sama satu sama lain. Minggu dan bahkan bulan dapat berlalu begitu saja tanpa adanya saat untuk berbagi waktu, intim tidak ada waktu untuk bersama-sama antara pasangan itu.

16 Jika Anda tidak mengisi kalender atau menentukan jadwal anda bersama, orang lain yang akan mengisinya.

17 Satu aspek penting dari rencana bersama anda dengan pasangan anda juga mencakup tujuan pengaturan pernikahan anda. Pertimbangkan kebutuhan yang anda miliki sebagai individu atau sebagai pasangan. Mungkin kebutuhan nyata seperti pendidikan lanjutan, melunasi hutang-hutang, menabung untuk membeli rumah, atau mungkin perlu untuk mewujudkan waktu luang lebih pribadi, waktu untuk bersama-sama dengan pasangan yang lebih banyak lagi, atau perlunya untuk mengembangkan keterampilan komunikasi yang lebih baik (Flowers, Caring for marriage, hal 75 BE )

18 2. Affirmation (Peneguhan) Suami dan istri memiliki kekuatan yang luar biasa untuk membangun atau menghancurkan satu sama lain Setiap orang memerlukan peneguhan. Alkitab mengatakan “Seseorang bersukacita karena jawaban yang diberikannya, dan alangkah baiknya perkataan yang tepat pada waktunya!” Amsal 15:23. Peneguhan dan Humor setiap hari

19 Charlie Shedd “setiap pasangan setiap hari harus membagikan setidaknya satu hal yang mereka hargakan dari pasangan mereka masing-masing, setiap minggunya mereka harus menyebutkan kwalitas pasangannya yang belum pernah mereka sebutkan sebelumnya.” Seseorang pernah berkata: “Cobalah untuk memuji istri mu, walaupun hal itu pada mulanya mengagetkan dia.”

20 Humor, tawa, dan waktu yang menyenangkan ini juga akan meningkatkan hubungan, tetapi hal ini sering terabaikan dalam kesibukan dan tantangan kehidupan keluarga. Alkitab mengatakan, "Hati yang gembira adalah obat yang manjur" (Amsal 17:22). Hidup adalah merupakan bisnis yang serius, tapi pasangan yang bisa tertawa bersama- sama akan menemukan sukacita di tengah- tengah perjuangan mereka. Salah satu ahli kebugaran mengklaim bahwa orang sehat tertawa beberapa ratus kali sehari (Johnson, Stick a geranium in your hat and be happy! 1990, hal 72).

21 Salah satu dokter medis menyebut tertawa itu adalah "joging internal,“ tertawa memiliki efek yang menguntungkan pada sebagian besar sistem tubuh yang utama. SEKALI TERTAWA = 3 sendok makan oat bran" (Johnson, 1990, hal 72). "Jogging di dalam" dalam menanggapi beberapa humor alami tidak hanya meredakan rasa sakit dan penderitaan hidup, tetapi benar-benar sebuah indikasi adanya harapan. Kitab Ayub mengatakan, " Ia masih akan membuat mulutmu tertawa dan bibirmu bersorak-sorak.” (Ayub 8:21)

22 3. Religion (Agama) Mempelajari Firman Tuhan secara bersama- sama memungkinkan pasangan itu untuk menemukan bagian-bagian yang yang membebicarakan tentang pengembangan hubungan mereka yang lebih dekat lagi, hubungan yang lebih dalam dengan satu sama lain. Alkitab meyakinkan kita,"TUHAN adalah baik bagi orang yang berharap kepada-Nya, bagi jiwa yang mencari Dia. (Ratapan 3:25). Agama Adalah Dasar Pernikahan yang Sehat

23 4. Talking (Komunikasi) Komunikasi adalah Merupakan Darah Kehidupan dari Sebuah Perkawinan

24 Mengapa pria dan wanita menghadapi kesulitan dalam hal berkomunikasi? Salah satu sebabnya adalah oleh karena keduanya mereka itu berbeda. Bilamana perbedaan ini tidak di mengerti dan tidak dihargai, maka hubungan itu dengan cepat “memercik” dan penarikan-penarikan mereka yang mula-mula mulai pudar. Seringkali salah satu atau keduanya pasangan itu berusaha untuk mengubah pasangannya agar menjadi seperti mereka, atau mereka menekan perasaan mereka dan tidak mau mengutarakan konsern mereka. Kedua strategi ini menyakitkan dan bisa saja secara tiba-tiba merusak hubungan (Gray, Men are from mars, women are from venus, hlm 49)

25

26

27

28

29

30

31

32 Dua faktor yang sangat mempengaruhi komunikasi pasangan. Sikap Seni Mendengar Mendengar dari hati adalah salah satu hal yang paling menghormati dan menegaskan yangbisa kita lakukan untuk satu sama lain. Mendengarkan dengan cinta akan menyembuhkansakit, menyingkirkan kebencian, dan menyelesaikan kemarahan, serta meningkatkan keintiman.

33 5. Nutrition Merawat pikiran dan tubuh adalah sama pentingnya dengan mengamati hukum-hukumkesehatan rohani (lihat White, Counsels on diet and foods, hal 17). Kelelahan, energi rendah, lekas marah, sakit,depresi, stres, kemurungan-salah satu dari hal ini memiliki kemampuan yang menghancurkan sebuah hubungan. Berapa banyak perceraian, urusan, atau konflikmungkin ditelusuri kepada pasangan yang terlalu lelah, terlalu marah, terlalu egois untuk menumbuhkan hubungan yang berarti? Bagaimanakah Nutrisi dan Kebiasaan Sehat Mempengaruhi Kualitas Pernikahan?

34 Jawaban terhadap masalah perkawinan mungkin banyak yang sederhana seperti perubahan dalam kebiasaan gaya hidup: diet rendah gula dan lemak, olahraga teratur, tidur yang cukup, waktu yang dihabiskan di luar di udara segar dan sinar matahari. Kebiasaan kesehatan yang baik bermanfaat bagi kita secara pribadi, dan sangat meningkatkanhubungan kita dengan Tuhan dan pasangan kita.

35 6. Example (Contoh) Suami dan istri bisa memberikan contoh praktis kasih Allah kepada pasangan dan individu lainnya yang mungkin memerlukan bantuan dan pengaruh mereka. Potensi penginjilan pasangan yang menikah sangat besar. Ellen White mengatakan, "Pernikahan tidak mengurangi kegunaan mereka, tetapi memperkuatnya Mereka mungkin membuatkehidupan pernikahan mereka sebuah pelayanan untuk memenangkan jiwa bagi Kristus...."(White, The Adventist Home, hal 102). Perkawinan sebagai satu Contoh Pelayanan Kristus Perkawinan sebagai contoh pelayanan Kristus

36 Sebagai suami dan istri mereka secara bersama-sama bertindak sebagai pelayan kepada orang lain, membuka rumah mereka dengan keramahtamahan dan membuka hatimereka untuk berbagi pengalaman mereka sendiri, pernikahan itu sendiri akan disegarkan dan dikuatkan.

37 7. Responsibility (Tanggang Jawab) Banyak wanita yang sudah menikah benar-benar kewalahan dengan pekerjaan. Studi menunjukkan bahwa ketika seorang wanita mulai bekerja penuh waktu di luar rumah, suaminya hanya mengambil delapan belas menit tambahan dari pekerjaan di sekitar rumah setiap minggu. Fleksibilitas, kebijaksanaan, dan cinta sejati yang dibutuhkan untuk memenuhi tantangan yang semakin meningkat, dan bagi kelangsungan perkawinan Alkitab mengingatkan kita. “Bertolong- tolonganlah menanggung bebanmu! Demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus.” (Galatia 6:2)

38 8. Save (Menabung) Sebuah survei yang dilakukan oleh Christian Financial Concepts mengungkapkan bahwa dalam contoh besar keluarga Kristen: -40 % menghabiskan uang lebih dari yang mereka peroleh -hampir setengah dari keluarga yang disurvei menghabiskan sekitar $ per tahun mengkonsumsi apa yang mereka inginkan. -“menghabiskan uang lebih” dapat menyebabkan ketidakstabilan di rumah tangga. -90% dari mereka yang ercerai mengutip bahwa masalah keuangan yang serius sebagai faktor utama dalam hancurnya pernikahan 8. Save (Menabung)

39 Hutang adalah “Perbudakan” " Orang kaya menguasai orang miskin, yang berhutang menjadi budak dari yang menghutangi." (Amsal 22:7). "Banyak, sangat banyak, yang tidak mendidik diri bahwa mereka dapat menjagapengeluaran mereka dalam batas dari pendapatan mereka.... Mereka meminjam dan meminjam lagi dan lagi dan menjadi kewalahan dalam hutang, dan akibatnya merekamenjadi putus asa dan berkecil hati" (White, Adventist Home, hal 374).

40 Tanpa anggaran yang waras dan masuk akal, kemungkinan menimbulkan hutang yang luar biasa. Setelah anggaran yang ditetapkan oleh suami dan istri, ia mengarahkan bagaimanauang keluarga akan dihabiskan. Keputusan tentang pembelian diluar anggaran harus didiskusikan, dipelajari, dan disepakati sebelum tindakan diambil.

41 Materialisme merupakan salah satu tanda akhir zaman. Pasangan suami istri perludiingatkan akan efek dari setiap keputusan keuangan pada hubungan mereka sendiri dan kebebasan mereka untuk melayani Kristus. Nasihat Rasul Paulus sangat relevan denganzaman kita, “Janganlah kamu berhutang apa-apa kepada siapa pun juga, tetapi hendaklah kamu saling mengasihi. Sebab barangsiapa mengasihi sesamanya manusia, ia sudah memenuhi hukum Taurat.” (Roma 13:8)

42 Kemitraan anda dengan Allah Untuk menjadi mitra, ini merupakan rencana Allah untuk menjaga kesehatan pernikahan.Setiap pasangan yang menikah harus menghargai prinsip-prinsip ini dan dengan sengajamembuat mereka bagian dari kehidupan sehari-hari mereka. Penyakit-penyakit yangmenyerang pernikahan saat ini lebih mematikan dari pada waktu lainnya dalam sejarah.Sebuah pernikahan yang gagal memiliki konsekuensi yang menghancurkan dan jauhmenjangkau tidak hanya keluarga tetapi juga gereja dan masyarakat. Tidak bisa ada penundaan. Sekaranglah saatnya untuk bertindak. Sebuah kegagalan untuk mengikutiprinsip-prinsip ini pasti akan membuka jalan bagi penyakit dalam pernikahan. Mengikuti ke "mitraan," " dengan bantuan Allah akan menyebabkan cinta sejati bagi pasangan dan keluarga untuk tumbuh serta menguatkan


Download ppt "RETREAT KELUARGA Jemaat SLA/PTASN Ajibata, 19-21 Desember 2011."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google