Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PELAJARAN SEKOLAH SABAT DEWASA DALAM BENTUK POWERPOINT

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PELAJARAN SEKOLAH SABAT DEWASA DALAM BENTUK POWERPOINT"— Transcript presentasi:

1 PELAJARAN SEKOLAH SABAT DEWASA DALAM BENTUK POWERPOINT
Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada Microsoft PowerPoint 2007 Model Mengajar : Hp: SIAGA!

2 Pedoman Pendalaman Alkitab
April • Mei • Juni • 2013 Rumah Produksi: ®WS Sekolah Sabat dalam bentuk PowerPoint ini dirancang oleh Rudolf Weindra Sagala Hp:

3 PEDOMAN PENDALAMAN ALKITAB
SEKOLAH SABAT DEWASA Sebuah ajakan……… Pengguna yang terkasih, Bahan PowerPoint ini disiapkan bagi para Pemimpin Diskusi Sekolah Sabat dan anggota jemaat lokal. Kami berharap bahwa Sekolah Sabat Dewasa dalam bentuk PowerPoint ini dapat bermanfaat untuk konsumsi pribadi maupun untuk digunakan dalam mengajar atau memimpin Diskusi Sekolah Sabat. Kami berharap agar tidak melakukan perubahan seperti: menambahkan ilustrasi, mengubah latar belakang,  menyesuaikan ukuran font, dll.  Meskipun niat anda mungkin baik, tetapi melakukan hal seperti ini tidak dibenarkan.

4 2013 “Carilah Tuhan dan Hiduplah!” Pelajaran-pelajaran Besar dari
Pedoman Pendalaman Alkitab Sekolah Sabat Dewasa Format .pptx “Carilah Tuhan dan Hiduplah!” Pelajaran-pelajaran Besar dari Para Nabi Kecil Zdravko Stefanovic 2013 Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh

5 “Carilah Tuhan dan Hiduplah!”
Pelajaran-pelajaran Besar dari Para Nabi Kecil Pendahuluan Umum Kitab Nabi-nabi kecil memiliki pekabaran yang berkuasa, yang selalu datang berulang-ulang, yaitu pekabaran tentang kasih Allah terhadap orang berdosa yang tidak pantas.  Allah ingin menyelamatkan kita dari dosa-dosa kita, dari kehancurqan yang dibawa oleh dosa, dari pemberontakan dan pembangkangan.  

6 “Carilah Tuhan dan Hiduplah!”
Pelajaran-pelajaran Besar dari Para Nabi Kecil Pendahuluan Umum Berulang-ulang dalam kitab-kitab itu kita melihat permohonan Tuhan bagi umat-Nya untuk bertobat, membuang dosa, dan kembali kepada-Nya, mencari kehidupan bukan kematian, keselamatan bukan kutukan, harapan bukan keputusasaan.

7 TUJUAN PELAJARAN SEKOLAH SABAT TRIWULAN INI
Untuk melihat bagaimana Allah yang Maha Kasih itu berusaha untuk memanggil kita baik secara pribadi maupun secara jemaat, agar kita datang untuk “mencari Tuhan dan Hidup.”

8 “Carilah Tuhan dan Hiduplah!”
Pelajaran-pelajaran Besar dari Para Nabi Kecil Daftar Isi: 1. Perzinaan Rohani (Hosea) 2. Kasih dan Penghakiman (Hosea) 3. Allah yang Kudus dan Adil (Yoel) 4. Allah Untuk Semua Bangsa (Amos) 5. Carilah Tuhan dan Hiduplah (Amos) 6. Bersemangat Untuk Mengampuni (Yunus) 7. Umat Istimewa Allah (Mikha) 8. Mempercayai Kebaikan Allah (Habakuk) 9. Hari Tuhan (Zefanya) 10. Hal Yang Pertama Yang Terutama (Hagai) 11. Visi Pengharapan (Zakharia) 12. Pemberian Surga Yang Terbesar (Zakharia) 13. Jangan Kita Lupa (Maleakhi)

9 Carilah Tuhan dan Hiduplah (Amos)
Pelajaran 5 Carilah Tuhan dan Hiduplah (Amos)

10 “carilah Tuhan,” “cintailah kebaikan,” “dan hidup”
Kata-kata Pembuka Pada inti pekabaran Amos—seorang nabi yang terkadang kelihatan sebagai pembawa seruan malapetaka—ada tiga rangkap, yaitu “carilah Tuhan,” “cintailah kebaikan,” “dan hidup” Hanya dengan kembali kepada Allah dengan sepenuh hati, seseorang dapat memiliki satu kehidupan yang berlimpah dan diberkati.

11 Tujuan Pelajaran 1. Untuk melihat lebih banyak lagi cara-cara Tuhan dalam hal meminta kepada umat-umat-Nya untuk mengesampingkan dosa-dosanya dan kembali kepada-Nya, satu-satunya sumber kehidupan yang benar. 2. Untuk memperingatkan seluruh anggota kelas akan agama murahan dan harapan yang palsu terkait dengan Hari Tuhan.

12 Ayat Hafalan “Carilah yang baik dan jangan yang jahat, supaya kamu hidup; dengan demikian TUHAN, Allah semesta alam, akan menyertai kamu, seperti yang kamu katakan” (Amos 5:24).

13 Amos mengingatkan kita bahwa hanya dalam mencari Tuhan ada kehidupan.
Pokok Pikiran Amos mengingatkan kita bahwa hanya dalam mencari Tuhan ada kehidupan.

14 Pengantar Sekiranya bangsa Israel sudah setia kepada Allah, niscaya Ia sudah akan dapat melaksanakan maksud-Nya oleh kehormatan dan kemuliaan mereka. Sekiranya mereka sudah berjalan pada jalan-jalan penurutan, niscaya ia sudah akan mengangkat mereka “di atas segala bangsa yang telah dijadikan-Nya untuk menjadi terpuji, ternama dan terhormat.”

15 Ellen G. White, Alfa dan Omega, jld. 5, hal. 24.
Pengantar “Segala bangsa yang di dalam dunia,, akan melihat bahwa nama Tuhan telah disebut atasmu, dan mereka akan takut kepadamu”. ... Akan tetapi karena mereka tidak setia, maka maksud Allah dapat dilaksanakan hanya dengan kesusahan yang tiada habis-habisnya. Ellen G. White, Alfa dan Omega, jld. 5, hal. 24.

16 Carilah Tuhan dan Hiduplah! (Amos) Selayang Pandang
1. Cari yang Baik, Benci yang Jahat (Amos 5:14, 15) 2. Cari Firman dan Temukanlah (Amos 8:11, 12) 3. Carilah Tuhan dan Hiduplah (Amos 9:11)

17 Carilah Tuhan dan Hiduplah! (Amos)
1. Cari yang Baik, Benci yang Jahat (Amos 5:14, 15)

18 Amos 5:14, 15 Allah untuk Semua Bangsa (Amos)
“Carilah yang baik dan jangan yang jahat, supaya kamu hidup; dengan demikian TUHAN, Allah semesta alam, akan menyertai kamu, seperti yang kamu katakan. Bencilah yang jahat dan cintailah yang baik; dan tegakkanlah keadilan di pintu gerbang; mungkin TUHAN, Allah semesta alam, akan mengasihani sisa-sisa keturunan Yusuf.

19 1. Carilah yang Baik, Benci yang Jahat Lagu Ratapan Amos
Masalah yang sangat buruk di Israel; korupsi, penindasan, dosa. Puncaknya keselamatan bangsa itu dipertaruhkan. Untuk alasan ini, Amos menuliskan ratapan untuk menangisi kematian Israel yang akan datang. Ratapan Amos juga adalah ratapan Tuhan atas Israel.

20 1. Carilah yang Baik, Benci yang Jahat Lagu Ratapan Amos
Tujuan dari lagu penguburan dalam Amos 5:1-15 adalah untuk mengejutkan bangsa itu dalam menghadapi kenyataan: Jika mereka (bangsa Israel) bertahan dalam dosa, mereka pasti akan mati. Jika mereka menolak kejahatan dan kembali kepada Allah, mereka akan hidup. Tabiat Allah adalah seperti itu bahwa dia menginginkan kesesuaian dengan kehendaknya.

21 1. Carilah yang Baik, Benci yang Jahat Lagu Ratapan Amos
Amos mengundang orang-orang bukan hanya berhenti mencari yang jahat, tetapi juga membenci kejahatan dan mencintai yang baik. Kata kerja mencintai (Ibr. ‘ahav) dan membenci (àne’) di dalam Alkitab mengarah kepada keputusan dan tindakan, bukan hanya sekadar perasaan atau sikap. Perubahan sikap bangsa itu akan menuntun perubahan dalam tindakan mereka.

22 1. Carilah yang Baik, Benci yang Jahat Lagu Ratapan Amos
“Setan akan bekerja dengan segala kuasa penipuannya untuk mempengaruhi hati dan mengaburkan pengertian, untuk menjadikan yang jahat kelihatan baik dan yang baik kelihatan jahat.” Ellen G. White, Al- fa dan Omega, jld. 7, hlm. 363.

23 1. Carilah yang Baik, Benci yang Jahat Agama Seperti Biasa
Allah memandang rendah ritual kosong dan memanggil mereka untuk pembaruan. Tuhan tidak senang dengan bentuk kebaktian kosong dan hanya luar saja yang ditujukan kepada-Nya sementara saat yang sama mereka menindas yang lain untuk kepentingan pribadi. Allah menolak ritual keagamaan mereka karena mereka melakukannya tidak mengalir dari kehidupan iman

24 1. Carilah yang Baik, Benci yang Jahat Lagu Ratapan Amos
Apa yang diinginkan oleh Allah adalah keadilan dan kebenaran di tanah itu. Sementara keadilan adalah berpusat kepada pembangunan apa yang benar di hadapan Allah, kebenaran adalah kualitas kehidupan kerohanian kepada Allah dan yang lain dalam masyarakat

25 Perintah untuk “mencari Allah” berhubungan dengan “mencari kebaikan.”
1. Carilah yang Baik, Benci yang Jahat Lagu Ratapan Amos Perintah untuk “mencari Allah” berhubungan dengan “mencari kebaikan.” Allah memanggil umat yang sisa untuk menjauhkan diri mereka dari tindakan jahat dan agama formalitas dan gantinya, membiarkan keadilan mengalir seperti sungai dan kebenaran mengalir seperti sungai yang tidak pernah berhenti mengalir.

26 Untuk DIKETAHUI Allah tidak dapat ditipu, dipaksa, atau didesak untuk melakukan sesuatu. Tetapi satu yang dapat Anda pastikan bahwa Allah dalam kemurahan-Nya menanggapi se- ruan hati yang rendah dan remuk

27 DISKUSIKAN “Setan akan bekerja dengan segala kuasa penipuannya untuk mempengaruhi hati dan mengaburkan pengertian, untuk menjadikan yang jahat kelihatan baik dan yang baik kelihatan jahat.” —Ellen G. White, Alfa dan Omega, jld. 7, hlm. 363. Dengan adanya pernyataan di atas, bagaimanakah kita dapat belajar untuk mencintai kebaikan dan membenci kejahatan jika kita dapat tertipu ke dalam sebutan yang baik kelihatan jahat dan yang jahat kelihatan baik? Apakah satu-satunya perlindungan kita terhadap penipuan ini?

28 Carilah Tuhan dan Hiduplah! (Amos)
2. Cari Firman dan Temukanlah (Amos 8:11, 12)

29 Amos 8:11, 12 Allah untuk Semua Bangsa (Amos)
"Sesungguhnya, waktu akan datang," demikianlah firman Tuhan ALLAH, "Aku akan mengirimkan kelaparan ke negeri ini, bukan kelaparan akan makanan dan bukan kehausan akan air, melainkan akan mendengarkan firman TUHAN. Mereka akan mengembara dari laut ke laut dan menjelajah dari utara ke timur untuk mencari firman TUHAN, tetapi tidak mendapatnya.”

30 2. Cari Firman dan Temukanlah
Jenis Kelaparan yang Terburuk Dalam Amos 8 ayat 11 dan 12 Amos berbicara tentang lapar dan haus akan Firman Allah. Tragedi yang lebih menonjol melebihi yang lain adalah kelaparan akan Firman Allah karena Allah akan berdiam diri, dan tidak akan ada kelaparan yang lebih buruk dari itu.

31 Saat ini, jawaban Allah akan tetap berdiam diri.
2. Cari Firman dan Temukanlah Jenis Kelaparan yang Terburuk Sering ketika bangsa Israel mengalami penderitaan yang besar, mereka akan berpaling kepada Tuhan karena kata-kata nabi dalam pengharapan. Saat ini, jawaban Allah akan tetap berdiam diri. Bagian dari penghakiman Allah kepada umat-Nya, Allah akan menarik Firman-Nya melalui nabi-nabi-Nya.

32 2. Cari Firman dan Temukanlah Jenis Kelaparan yang Terburuk
Jika umat Allah tetap tidak menurut, ... akan tiba saatnya ketika mereka ingin mendengar pekabaran, tetapi itu sudah sangat terlambat untuk kembali berharap dalam Firman Allah untuk bebas dari penghakiman. Ini adalah akibat dari kekerasan hati mereka untuk tetap menolak mendengar pesan Allah melalui Amos. Manusia suatu saat nanti akan menyadari betapa mereka sangat membutuhkan Firman Allah.

33 2. Cari Firman dan Temukanlah Jenis Kelaparan yang Terburuk
Seluruh manusia akan mencari Firman Allah dengan sangat gigih, firman yang sama yang mereka pilih untuk tolak pada zaman nabi-nabi. Secara khusus ini akan berpengaruh kepada orang-orang muda. Saat generasi sebelumnya telah mendengar Firman Allah dan menolaknya, orang-orang muda tidak akan pernah memiliki kesempatan mendengar pernyataan kenabian.

34 DISKUSIKAN Dalam cara apakah kita dapat membungkam suara Allah dalam hidup kita. Bagaimanakah kita dapat memastikan bahwa itu tidak pernah terjadi kepada kita?

35 Carilah Tuhan dan Hiduplah! (Amos)

36 Allah untuk Semua Bangsa (Amos)
"Pada hari itu Aku akan mendirikan kembali pondok Daud yang telah roboh; Aku akan menutup pecahan dindingnya, dan akan mendirikan kembali reruntuhannya; Aku akan membangunnya kembali seperti di zaman dahulu kala.”

37 Keselamatan akan datang setelah penghukuman.
3. Carilah Tuhan dan Hiduplah Reruntuhan Yehuda Dipulihkan Amos berpaling dari gambaran gelap dari keberdosaan umat dan akibat dari penghakiman kepada janji yang mulia untuk pemulihan. Hari Tuhan, sebelumnya digambarkan sebagai hari penghukuman, hari ini adalah hari keselamatan karena keselamatan, bukan hukuman, Keselamatan akan datang setelah penghukuman.

38 Hampir di balik semua peringatan ini adalah panggilan untuk penebusan.
3. Carilah Tuhan dan Hiduplah Reruntuhan Yehuda Dipulihkan Nabi Alkitabiah tidak mengajarkan bahwa penghukuman Allah adalah untuk kepentingan-Nya sendiri. Hampir di balik semua peringatan ini adalah panggilan untuk penebusan. Semua yang mengalami penghakiman akan melihat tindakan Allah untuk menyelamatkan dan memulihkan.

39 3. Carilah Tuhan dan Hiduplah Reruntuhan Yehuda Dipulihkan
Banyak guru-guru Yahudi menganggap Amos 9:11 sebagai janji tentang Mesias yang diberikan kepada Abram, dikuatkan kembali kepada Daud, dan dinyatakan di seluruh Perjanjian Lama. Melalui kedatangan Yesus Kristus, Anak Daud yang lebih besar, Allah me- negakkan janji-Nya yang penuh rahmat.

40 3. Carilah Tuhan dan Hiduplah Reruntuhan Yehuda Dipulihkan
Yakobus mengutip ayat ini dari Amos untuk menunjukkan bahwa pintu keselamatan terbuka kepada semua orang untuk menikmati janji keistimewaan yang dipercayakan kepada gereja. Allah akan menawarkan berkat penebusan-Nya kepada orang Yahudi dan non Yahu- di dalam Mesias yang dijanjikan, keturunan baik Abram maupun Daud.

41 DISKUSIKAN Penggenapan utama dari janji-janji ini kepada semua orang yang menerima, baik orang Yahudi maupun tidak, akan terlihat hanya saat kedatangan kedua kali. Bagaimanakah kita dapat tetap hidup dalam janji dan pengharapan dan tidak membiarkan itu hilang di tengah-tengah tekanan hidup?

42 Ellen G. White, Alfa dan Omega, jld. 5, hlm. 247.
Kutipan roh nubuat “Derajat kita di hadapan Allah bukannya bergantung atas banyaknya terang yang telah kita terima, tetapi atas penggunaan dari apa yang kita miliki. Maka dengan hal ini walaupun orang kafir memilih yang benar seberapa jauh mereka dapat membedakannya, berada dalam satu keadaan yang lebih diperkenankan daripada mereka yang telah memiliki terang yang besar, dan mengakui melayani Allah tetapi tidak memperdulikan terang itu, dan kehidupan mereka setiap hari berlawanan dengan pengakuan mereka.” Ellen G. White, Alfa dan Omega, jld. 5, hlm. 247.

43 rangkuman Upacara-upacara keagamaan yang hampa dan perilaku berbahaya berkedok nama Tuhan tidak dapat memuaskan dan menun- tun orang kepada satu hubungan penuh arti dengan Allah atau orang lain. Mencari Tuhan dengan sungguh-sungguh dan mengikuti kehendak-Nya membawa kehidupan yang sejati.

44 PENERAPAN Hal penting apakah dari pelajaran SS ini yang dapat saya terapkan dalam hidup saya minggu mendatang ini? Pelajaran Aplikasi Masalah Keputusan Allah menginginkan kebaikan kita, dan karena itu mencari Tuhan dan nilai-nilai kebenaran-Nya akan mendapatkan hidup. Kejahatan membawa bencana dan menghancurkan semua yang indah dan berharga. Melakukan kebaikan tidak akan hanya merasakan kebaikan tetapi juga membawa hasil-hasil yang positif. Saya tidak menyedari hal ini. Minggu depan ini saya berusaha memulihkan kehidupan melalui satu pencarian Allah dengan tulus dan sungguh-sungguh.

45 SIAGA! Model Mengajar “SIAGA” www.rwsagala.com rsagala@gmail.com
SELIDIKI kebenaran – Mengapa saya harus mempelajari pelajaran ini ? INTISARIKAN kebenaran – Apa kata Alkitab tentang kebenaran ini ? ADAPTASIKAN kebenaran – Bagaimana kebenaran ini mempengaruhi aku? GUNAKAN kebenaran – Bagaimana saya bisa menggunakan kebenaran ini ? APLIKASIKAN kebenaran – Perobahan apa yang aku perlukan dalam hidup ini ? Model Mengajar “SIAGA” Efektif untuk Kelompok Kecil


Download ppt "PELAJARAN SEKOLAH SABAT DEWASA DALAM BENTUK POWERPOINT"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google