Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Uji Q-Cochran (Kasus k sampel berhubungan) Nama anggota kelompok : Koko Kevin Haryono D 14 Prima Puspita Indra M 22 Rizky Amalia Nugraheni 27 Kelompok.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Uji Q-Cochran (Kasus k sampel berhubungan) Nama anggota kelompok : Koko Kevin Haryono D 14 Prima Puspita Indra M 22 Rizky Amalia Nugraheni 27 Kelompok."— Transcript presentasi:

1 Uji Q-Cochran (Kasus k sampel berhubungan) Nama anggota kelompok : Koko Kevin Haryono D 14 Prima Puspita Indra M 22 Rizky Amalia Nugraheni 27 Kelompok 6

2 Esensi Sampel dependen atau berhubungan Uji ini merupakan perluasan dari uji Mc Nemar dua sampel berhubungan Tes ini akan menguji apakah k (perlakuan) mempunyai perbedaan efek yang signifikan di antara N buah kelompok / himpunan sampel yang diuji.

3 Misalkan kita akan mempelajari /menilai kemanjuran 4 macam obat itu terhadap masing – masing dari beberapa pasien. Dalam rancangan ini pasien - pasien berperan sebagai blok – blok. Bila seorang pasien tidak merasa sakit lagi setelah menerima suatu obat, reaksinya diberi skor 1. Bila pasien tetap merasa nyeri /tidak ada perubahan setelah meminum obat maka reaksinya diberi skor 0. Uji Cochran Q digunakan untuk menguji hipotesis nol tentang tiadanya perbedaan di antara perlakuan – perlakuan dalam hal kemanjuran 4 macam obat tersebut.

4 Prosedur 1.Menentukan hipotesis nol dan hipotesis alternatifnya H 0 : proporsi “ya” adalah sama untuk k perlakuan H 1 : minimal ada proporsi “ya” yang berbeda pada dua jenis perlakuan. 2.Menentukan tingkat signifikansi yang dikehendaki (α) 3.Menentukan statistik uji yang digunakan, yakni Uji Q Cochran 4.Menentukan daerah kritisnya, yakni : Tolak Ho Jika harga Q observasi ≥ harga χ 2 tabel dan Terima Ho jika harga Q observasi < harga χ 2 tabel 5.Melakukan penghitungan

5 a.Untuk data yang bersifat dikotomi (terpisah-dua), memberikan skor 1 untuk setiap ‘sukses’ dan skor 0 untuk setiap ‘gagal’. b.Menuangkan skor skor tersebut dalam suatu tabel kxN dengan menggunakan k kolom dan N baris. N = banyaknya kasus dalam tiap kelompok k. c.Menentukan harga Q dengan susbtitusi harga-harga observasi ke dalam rumus sebagai berikut :

6 Dimana : Q = harga Q Cochran observasi k = Banyaknya kelompok / kegiatan/ perlakuan yang dilakukan G j = Jumlah sukses per kegiatan/kelompok L i = Jumlah sukses seluruh kegiatan per pasangan

7 d. Tingkat siginifikasi harga Q observasi dapat ditentukan dengan melihat Tabel C, karena harga Q mendekati distribusi Chi-Kuadrat dengan derajat bebas k-1. Atau dapat juga membandingkan harga Q observasi dengan harga χ 2 tabel. 6. Menentukan keputusan yang diambil Jika harga Q observasi ≥ harga χ 2 tabel maka keputusannya adalah tolak Ho. 7. Menentukan kesimpulan berdasarkan tingkat signifikasi yang dikehendaki.

8 Contoh Soal & Penyelesaian Soal 1 Kita akan mempelajari pengaruh keramahan seorang pewawancara atas jawaban para ibu rumah tangga dalam survey pendapat. Kita melatih seorang pewawancara untuk melakukan 3 jenis wawancara: wawancara 1 menunjukkan perhatian, keramahan, dan antusiasme; wawancara 2 menunjukkan keformalan, keberhati – hatian, dan kesopanan ; wawancara 3 menunjukkan ketiadaan perhatian, keterburu-buruan, dan formalitas yang kasar. Pewawancara akan ditugaskan untuk mengunjungi 3 kelompok yang terdiri 18 rumah, dan diminta untuk memakai wawancara dengan 3 metode tersebut. Uji apakah perbedaan – perbedaan antara ketiga jenis metode wawancara tersebut mempengaruhi banyak jawaban “ya” yang diberikan terhadap suatu butir tertentu oleh ketiga kelompok yang dipasangkan.

9 Perangkat Jawaban terhadap wawancara 1 Jawaban terhadap wawancara 2 Jawaban terhadap wawancara 3 Li1Li1 Li2Li G1=13G2=13G3=3 Tabel : Jawab Ya (1) dan Tidak (0) yang diberikan IRT di bawah 3 jenis wawancara

10 Keputusan : Karena harga Q observasi ≥ harga χ 2 tabel, maka keputusan untuk tolak H 0. Kesimpulan : Dengan tingkat kepercayaan 99%, dapat dikatakan bahwa minimal ada proporsi “ya” yang berbeda pada dua jenis wawancara.

11 Soal 2 Dibawah ini data hasil survey aktivitas beberapa warga masyarakat dalam rangkah menekan penyabaran penyakit Demam Berdarah. Angka nol (0) menunjukkan tidak aktivitas dan angka satu (1) menunjukkan melakukan aktivitas. Selidikilah dengan  = 10%, apakah terdapat perbedaan banyaknya per kegiatan perilaku masyarakat dalam menekan penularan Demam Berdarah?

12 NOABATISASI MENUTUP PENAMPUNGAN AIR MENGURAS

13 Hipotesis – Ho : banyaknya per kegiatan yang dilakukan masyarakat dalam menekan penularan Demam Berdarah adalah sama. – H1 : minimal ada dua kegiatan yang berbeda yang dilakukan masyarakat dalam menekan penularan Demam Berdarah. Level signifikansi :  = 10% Tes Statistik : Tes Q Cochran dipilih karena data lebih dari dua kelompok-berhubungan dan terpisah-dua (dikotomi) sebagai “ya” dan “tidak”. Daerah Penolakan : Tolak Ho Jika harga Q observasi ≥ harga χ 2 tabel

14 NoABATISASIMENUTUPMENGURASLL2L G 1 = 5G 2 = 7G 3 = 71945

15 Penghitungan : Harga χ 2 tabel = 4,605

16 Keputusan 1,33 < 4,605 Karena harga Q observasi < harga χ 2 tabel maka keputusannya Terima Ho Kesimpulan : Dengan tingkat keyakinan sebesar 90% maka kesimpulannya adalah banyaknya per kegiatan yang dilakukan masyarakat dalam menekan penularan Demam Berdarah adalah sama.

17 Soal 3 Dibawah ini data hasil survey aktivitas belajar beberapa mahasiswa. Angka nol (0) menunjukkan tidak aktivitas dan angka satu (1) menunjukkan melakukan aktivitas. Selidikilah dengan  = 5%, apakah terdapat perbedaan banyaknya aktivitas belajar kegiatan? NoNoRingkasanMenghafalSoal/kasusDiskusi

18 Hipotesis – Ho : banyaknya per kegiatan belajar yang dilakukan mahasiswa adalah sama. – Ha : minimal ada dua kegiatan belajar yang berbeda yang dilakukan mahasiswa. Level signifikansi :  = 0,05 Tes Statistik : Tes Q Cochran dipilih karena data lebih dari dua kelompok-berhubungan dan terpisah-dua (dikotomi) sebagai “ya” dan “tidak”. Daerah Penolakan : Tolak Ho Jika harga Q observasi ≥ harga χ 2 tabel

19 NORingkasanHafalSoalDiskusiLL2L G1 = 8G2 = 5G3 = 9G4 = 7L = 29L 2 = 73

20 Penghitungan : Harga χ 2 tabel = 7,815

21 Keputusan 2,442 < 7,815 Karena harga Q observasi < harga χ 2 tabel maka keputusannya Terima Ho Kesimpulan : dengan tingkat keyakinan 95% banyaknya per kegiatan belajar yang dilakukan mahasiswa adalah sama.

22 Contoh soal menggunakan SPSS Jika anda menanyakan kepada 10 orang untuk diminta memilih dari tiga wanita, siapa yang ingin mereka pacari; apakah pamella anderson, paris hilton, atau megan fox. Jika orang pertama memilih paris hilton karena dia kaya, maka anda akan memberikan nilai 1 untuk paris hilton dan nilai 0 untuk pamella ataupun megan fox, dan seterusnya pada orang yang lain.

23 data yang diperoleh seperti di bawah ini: PamellaParisMegan

24 1.Buka SPSS, input data seperti di bawah ini:

25 2. Pilih Analyze – Non Parametric Test – K-related samples 3. Maka akan muncul kotak dialog. kemudian blok semua variabel, klik panah disamping sehingga variabel pindah ke box sebelah kanan. Setelah itu pilih Cochran’s Q kemudian klik OK.

26 4. Maka output yang dihasilkan adalah:

27 5. Interpretasi Dari hasil output SPSS uji Q Cochran diatas dapat dinyatakan bahwa uji yang dilakukan signifikan secara statistik karena nilai Cochran Q lebih kecil daripada nilai χ 2 (3,8 < 5,991) (lihat pada tabel Chi-Square pada nilai kritik 0,05). Dengan demikian terima hipotesis nol yang mengindikasikan bahwa semua semua atribut yang diuji memiliki proporsi jawaban ya yang sama.

28 TERIMA KASIH


Download ppt "Uji Q-Cochran (Kasus k sampel berhubungan) Nama anggota kelompok : Koko Kevin Haryono D 14 Prima Puspita Indra M 22 Rizky Amalia Nugraheni 27 Kelompok."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google