Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

UJI RUNS WALD WOLFOWITZ. Uji ini umumnya digunakan jika datanya (minimal ordinal), dimana kita ingin menguji hipotesis nol bahwa dua sampel independen.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "UJI RUNS WALD WOLFOWITZ. Uji ini umumnya digunakan jika datanya (minimal ordinal), dimana kita ingin menguji hipotesis nol bahwa dua sampel independen."— Transcript presentasi:

1 UJI RUNS WALD WOLFOWITZ

2 Uji ini umumnya digunakan jika datanya (minimal ordinal), dimana kita ingin menguji hipotesis nol bahwa dua sampel independen berasal dari populasi yang sama, terhadap hipotesis pengganti bahwa kedua kelompok itu berbeda. Ho : Kedua sampel Independen berasal dari populasi yg sama. H 1 : Kedua sampel Independen berasal dari populasi yg berbeda. KAPAN DIGUNAKAN?

3 ASUMSI

4 Ikhtisar Pengujian Susun n 1 dan n 2 berdasarkan pengamatan yang terjadi, dimana n 1 dan n 2 adalah ukuran sampel yang berasal dari populasi yang berbeda. Ranking (n 1 +n 2 ) skor dalam urutan yang terkecil hingga terbesar. Artinya, kita masukkan skor-skor semua subjek kedua kelompok itu dalam satu urutan.

5 Tentukan banyaknya run dalam rangkaian urutan tersebut (run adalah sembarang urutan skor-skor dari kelompok yang sama, baik kelompok satu maupun kelompok dua) Metode untuk menetukan signifikan harga observasi bergantung pada ukuran n 1 dan ukuran n 2. 1.Jika baik n 1 maupun n 2 adalah 20 atau kurang, tabel F1 memberikan harga-harga kritis r pada tingkat signifikan 0,05. Kalau harga observasi r itu sama dengan atau lebih kecil daripada harga yang ditabelkan untuk harga n 1 dan n 2 observasi, maka Ho dapat ditolak pada α = 0,05

6 2. Kalau n 1 atau n 2 lebih besar daripada 20, rumus dibawah dapat digunakan untuk menghitung harga z yang kemungkinan akan terjadinya di bawah H 0 dapat ditetapkan dengan membaca harga p yg berkaitan dengan z itu sebagai yang diberikan dalam Tabel A. Jika n 1 +n 2 tidak sangat besar dan dengan demikian sebaiknya ada korelasi kontinuitas (± 0,5). Jika p sama dengan atau kurang dari α, tolaklah H 0.

7 Pada kasus angka sama antara anggota-anggota kelompok yang berlainan, maka deretan skor itu tidak tunggal (bukan merupakan satu-satunya kemungkinan deretan).

8 To determine if a new hybrid seeding procedures a bushier flowering plant, following data was collected. Examine if data indicate that new hybrid produces larger shrubs than current variety? Shrubs Girth (in inches) Hybrid (x)31,832,839,236,030,034,5 37,4 Current variety(y)35,527,621,324,836,730,0 Hypotesis test Ho ; x and y population are identical H1 ; There is some difference in grith of x and y shrubs. α = 5% ExampIe

9 Considern the combined ordered data. 21,324,827,630,030,031,8 yyyyxx 32,834,535,536,036,737,439,2 xxyxyxx test statistic r=6 (total number of runs). For n 1 = 7 and n 2 =6, critical value r c at 5% level of significance is 3. Since r>r c, we accept Ho that x and y have identical distribution.

10 UJI REAKSI EKSTREM MOSES

11 Uji moses ini dirancang secara khusus untuk digunakan dengan data (sekurang-kurangnya pada tingkat skala ordinal). Uji ini digunakan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan grup eksperimental dan grup kontrol. Kapan Digunakan ?

12 Syarat

13 1.Sebelum pengumpulan data, tetapkan harga h 2.Berilah ranking dalam suatu rangkaian tunggal dengan tetap mempertahankan identitas tiap ranking. Setelah itu gugurkan satu ranking ekstreme C di kedua ujung rangkaian. 3.Tentukan harga Sh Sh = rank terbesar C – rank terkecil C + 1 (nC – 2h) < Sh < (nC + nE - 2h) Ikhtisar Pengujian

14 4. Tentukan harga g g = Sh – (nC – 2h) 5.Hitung nilai p (Sh ≤ n C -2h+g) p(Sh ≤ n C -2h+g)= 6. Jika p ≤ α, tolak H 0

15 Kelompok eksperimen ibu dengan Hb tidak normal, kelompok kontrol ibu dengan Hb normal. Masing-masing kelompok diberi beban pekerjaan pengepakan mie. Didapatkan banyaknya pak mie yang diselesaikan sebagai berikut: Apakah ada beda hasil pengepakan mie pada kedua kelompok tersebut? (α = 0,10) Contoh Soal

16 H o : tidak ada bedanya pak mie yang diselesaikan antara ibu dengan Hb normal dan tidak normal. H 1 : ada bedanya pak mie yang diselesaikan antara ibu dengan Hb normal dan tidak normal α = 10 % Ditentukan h=1 S h = = 9 (n C – 2h) < S h < (n C + n E - 2h) 7 < S h < 16 Penyelesaian

17

18 Terima Kasih


Download ppt "UJI RUNS WALD WOLFOWITZ. Uji ini umumnya digunakan jika datanya (minimal ordinal), dimana kita ingin menguji hipotesis nol bahwa dua sampel independen."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google