Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ASSALAMU’ALIKUM WR.WB ANGGOTA KELOMPOK 3 : MANIP CASALEH JAMALUDDIN MANIK DEDI WAHYUNI LULU MUSFIRAH RAHMADANI FADLI AGUS PERMANA ALFINA TUNIL LAIZIN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ASSALAMU’ALIKUM WR.WB ANGGOTA KELOMPOK 3 : MANIP CASALEH JAMALUDDIN MANIK DEDI WAHYUNI LULU MUSFIRAH RAHMADANI FADLI AGUS PERMANA ALFINA TUNIL LAIZIN."— Transcript presentasi:

1

2 ASSALAMU’ALIKUM WR.WB

3 ANGGOTA KELOMPOK 3 : MANIP CASALEH JAMALUDDIN MANIK DEDI WAHYUNI LULU MUSFIRAH RAHMADANI FADLI AGUS PERMANA ALFINA TUNIL LAIZIN PRATAMA RIDHO FIRMAN WAHID NURUL HAYAT

4 KREATIVITAS

5 DEVINISI KREATIVITAS MENURUT PARA AHLI : Utami Munandar (1995 : 25) Kreativitas adalah suatu kemampuan umum untuk menciptakan suatu yang baru, sebagai kemampuan untuk memberikan gagasan-gagasan baru yang dapat diterapkan dalam pemecahan masalah, atau sebagai kemampuan untuk melihat hubungan-hubungan baru antara unsur-unsur yang sudah ada sebelumnya.

6 Imam Musbikin (2006 : 6) Kreativitas adalah kemampuan memulai ide, melihat hubungan yang baru, atau tak sebelumnya, kemampuan memformulasikan konsep yang tak sekedar menghafal, menciptakan jawaban baru untuk soal-soal yang ada, dan mendapatkan pertanyaan baru yang perlu di jawab.

7 Mangunhardjana (1986 : 11) Kreativitas adalah kegiatan yang mendatangkan hasil yang sifatnya berguna (useful), lebih enak, lebih praktis, mempermudah, memperlancar, mendorong, mengembangkan, mendidik, memecahkan masalah, mengurangi hambatan, mengatasi kesulitan, mendatangkan hasil lebih baik atau banyak.

8 Menurut Munandar (1985) Kreativitas adalah kemampuan untuk membuat kombinasi baru, berdasarkan data, informasi atau unsur-unsur yang ada. Hasil yang diciptakan tidak selalu hal-hal yang baru, tetapi juga dapat berupa gabungan (kombinasi) dari hal-hal yang sudah ada sebelumnya

9 Jadi : “Kreativitas” adalah suatu kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru (product) atau proses konstuksi ide yang dapat diterapkan dalam menyelesaikan masalah, serta suatu kegiatan yang bermanfaat dan dapat dimengerti.

10 Ciri – Ciri Indivindu Kreatif

11 Munandar (1999a) ciri individu yang kreatif menurut para ahli psikologi antara lain adalah 1.Bebas dalam berpikir, 2.Mempunyai daya imajinasi, 3.Bersifat ingin tahu, 4.Ingin mencari pengalaman baru, 5.Mempunyai inisiatif, 6.Bebas berpendapat, 7.Mempunyai minat luas, 8.Percaya pada diri sendiri, 9.Tidak mau menerima pendapat begitu saja, 10.Cukup mandiri dan tidak pernah bosan

12 Menurut Sund (dalam Nursito, 2000) ciri-ciri indivindu kreatif yaitu : 1.mempunyai hasrat ingin tahu, bersikap terhadap pengalaman baru, 2.panjang akal, 3.Keinginan untuk menemukan dan meneliti, 4.Cenderung lebih suka melakukan tugas yang lebih berat dan sulit, 5.berpikir fleksibel, bergairah, aktif dan berdedikasi dalam tugas, 6.menanggapi pertanyaan dan mempunyai kebiasaan untuk memberikan jawaban lebih banyak

13 Berdasarkan uraian sebelumnya dapat disimpulkan bahwa ciri-ciri individu yang kreatif adalah bebas dalam berpikir dan bertindak, mempunyai daya imajinasi, bersifat ingin tahu, ingin mencari pengalaman baru, mempunyai minat yang luas, mempunyai inisiatif, bebas berpendapat, tidak pernah bosan, dan merasa tertantang oleh kemajemukan.

14 Dapat disimpulkan bahwa ciri-ciri individu yang kreatif adalah bebas dalam berpikir dan bertindak, mempunyai daya imajinasi, bersifat ingin tahu, ingin mencari pengalaman baru, mempunyai minat yang luas, mempunyai inisiatif, bebas berpendapat, tidak pernah bosan, dan merasa tertantang oleh kemajemukan.

15 FAKTOR PENGHAMBAT KREATIFITAS

16 Hallman mengemukakan ada 4 ( empat) faktor - faktor yang menyebabkan remaja terhalang atas kreativitasnya. Faktor tersebut ialah :

17 1. Tekanan supaya mengikuti kebiasaan – kebiasaan yang ada

18 Ini adalah penyekat utama dimana individu digalakkan dan diarahkan supaya mematuhi kaidah-kaidah dan peraturan-peraturan yang sudah ada. Orang – orang tua dan guru yang memiliki sifat-sifat pribadi kuku besi, yang mementingkan disiplin, serta mendidik anak-anak agar patuh pada arahan adalah factor utama yang menyekat perkembangan kreativitas mereka. Didikan agar anak- anak mematuhi peraturan-peraturan tidak menggalakkan kreativitas yang bermakna.

19 2. Tidak menyukai sikap bermain – main

20 Kreativitas dan inovasi memerlukan sikap suka bermain- main dengan berbagai ide, mau berfantasi dan ber angan- angan, dan sanggup menolak serta mengabaikan ide – ide yang sudah ada. Individu-individu yang suka melakukan perbuatan itu, sering dipandag tidak serius, tidak matang, suka membuang- buang waktu, dan ada kalanya di anggap tidak sadar. Itu adalah anggapan saja karena tanpa adanya aktivitas – aktivitass tersebut kratifitas tersebut tidak akan membuahkan hasil.

21 3.Terlalu memikirkan kemenangan dan pamrih Dalam persaingan untuk menang,

22 seringkali seseorang itu dikehendaki untuk mematuhi syarat-syarat dan peraturan-peraturan yang menentukan strategi kemenangan yang hendak dicapai. Syarat-syarat dan peraturan itu dibuat oleh orang lain dan ganjaran-ganjarannya pun disediakanya. Dalam jangka panjang keadaan ini memberikan gambaran yang berkenaan dengan kehidupan nyata. Ia juga melemahkan cirri-ciri pribadi yang diperlukan untuk menjadi kreatif, yaitu sifat tidak tergantung pada dorongan dan ganjaran dari luar.

23 4. Takut ditertawakan Kreativitas menghasilkan ide-ide yang lari dari kebiasaan.

24 Ini dengan mudah mengundang sikap negative dari orang lain yang akan meremehkan, mencemooh, dan mentertawakan kelainan ide tersebut. Perkara itu dapat menyebabkan seseorang merasa terhina, lalu bersikap defensif dan kompulsif. Ia dapat mematikan semangat untuk terus menghasilkan ide-ide kreatif lain

25 Referensi : : Munandar,Utami “Pengembangan Emosi dan Kreativitas”. Jakarta ; Rineka Cipta kreativitas/ kreativitas/ pdf pdf kreativitas.html.. kreativitas;;pengertian kreativitas /.com u/////definisi kreativitas.html.. pengertian-kreativitas-oleh-esty-kustanty / kreativitas.html kreativitas;;pengertian kreativitas / pengertian-kreativitas-oleh-esty-kustanty / file:///E:/BAHAN%20KULIAH/BAHAN%20KULIAH%20MANIP/SEMESTER%2 05/KEWIRAUSAHAAN/Kreatifitas/Faktor%20Penghambat%20Kreativitas%2 0Seseorang.htm Copyright | Belajar Kreatif | Cara dan Tips Kesehatan | Resep Masakan | Motivasi | file:///E:/BAHAN%20KULIAH/BAHAN%20KULIAH%20MANIP/SEMESTER%2 05/KEWIRAUSAHAAN/Kreatifitas/Faktor%20Penghambat%20Kreativitas%2 0Seseorang.htm

26 WASSALAMU’ALIKUM WR.WB


Download ppt "ASSALAMU’ALIKUM WR.WB ANGGOTA KELOMPOK 3 : MANIP CASALEH JAMALUDDIN MANIK DEDI WAHYUNI LULU MUSFIRAH RAHMADANI FADLI AGUS PERMANA ALFINA TUNIL LAIZIN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google