Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

RANGKAIAN SERI DAN RANGKAIAN PARALEL Nama Kelompok : 1. Muhammad Rofiki(1001100155) 2. Nuraini Umi Safangati(1001100183) 3. Irviani Helma Tama(1001100176)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "RANGKAIAN SERI DAN RANGKAIAN PARALEL Nama Kelompok : 1. Muhammad Rofiki(1001100155) 2. Nuraini Umi Safangati(1001100183) 3. Irviani Helma Tama(1001100176)"— Transcript presentasi:

1

2 RANGKAIAN SERI DAN RANGKAIAN PARALEL Nama Kelompok : 1. Muhammad Rofiki( ) 2. Nuraini Umi Safangati( ) 3. Irviani Helma Tama( ) 4. Rian Arifin( ) 5. Fitriana Nur P( )

3 RANGKAIAN SERI DAN RANGKAIAN PARALEL A. Latarbelakang Hidup kita sangat bergantung pada energi listrik. Untuk menerangi ruangan, kita butuh listrik. Untuk menyetrika pakaian kita butuh listrik. Untuk menghidupkan tv kita butuh listrik Listrik menjadikan hidup kita terasa lebih mjudah dan nyaman. Oleh karena itu, kita patut berterimakasih kepada semua orang yang berjasa dalam menemukan listrik. Demikian pula, kita berterimakasih pada para peneliti yang berkerja untuk membuat dan mengembangkan berbagai alat elektronik. Semua yang mereka lakukan sangat berguna untuk meningkatkan kualitas hidup kita.

4 B. Tujuan Yang ingin dicapai  Meningkatkan pemahaman belajar dalam mata pelajaran IPA tentang materi Energi Listrik  Mengembangkan pengetahuan dan kemampuan dalam memahami gejala-gejala yang berhubungan dengan energi listrik  Mengembangkan kemampuan dalam merangkai listrik baik rangkain listrik seri maupun rangkaian paralel

5 C. Manfaat yang ingin dicapai  Agar siswa mempunyai keterampilan dalam merangkai listrik baik rangkaian seri maupun paralel.

6 D. Gagasan PENGERTIAN RANGKAIAN SERI DAN PARALEL 1. RANGKAIAN SERI  Rangkaian seri terdiri dari dua atau lebih beban listrik yang dihubungkan ke catu daya lewat satu rangkaian. Rangkaian seri dapat berisi banyak beban listrik dalam satu rangkaian.

7 Sifat-sifat Rangkaian Seri  Arus yang mengalir pada masing beban adalah sama.  Tegangan sumber akan dibagi dengan jumlah tahanan seri jika besar tahanan sama. Jumlah penurunan tegangan dalam rangkaian seri dari masing-masing tahanan seri adalah sama dengan tegangan total sumber tegangan.  Banyak beban listrik yang dihubungkan dalam rangkaian seri, tahanan total rangkaian menyebabkan naiknya penurunan arus yang mengalir dalam rangkaian. Arus yang mengalir tergantung pada jumlah besar tahanan beban dalam rangkaian.  Jika salah satu beban atau bagian dari rangkaian tidak terhubung atau putus, aliran arus terhenti.

8 Contoh paling sederhana penerapan rangkaian listrik seri dalam kehidupan sehari-hari (di rumah) :  Lampu hias pohon Natal model lama (yang baru pakai rangkaian elektronik & lampu LED)  Lampu TL (tube Lamp) atau orang bilang lampu neon, model lama yang masih memakai ballast,  Di dalam setrika listrik ada rangkaian seri dengan bimetal (temperatur kontrol), demikian juga kulkas.  Sakelar/switch merupakan penerapan rangkaian seri dengan beban.

9 2. RANGKAIAN PARALEL  Rangkaian Paralel merupakan salah satu yang memiliki lebih dari satu bagian garis edar untuk mengalirkan arus.

10 Sifat-sifat Rangkaian Paralel  Tegangan pada masing-masing beban listrik sama dengan tegangan sumber.  Masing-masing cabang dalam rangkaian parallel adalah rangkaian individu.  Sebagaian besar tahanan dirangkai dalam rangkaian parallel, tahanan total rangkaian mengecil, oleh karena itu arus total lebih besar.  Jika terjadi salah satu cabang tahanan parallel terputus, arus akan terputus hanya pada rangkaian tahanan tersebut.

11 Contoh paling sederhana penerapan rangkaian listrik paralel dalam kehidupan sehari-hari (di rumah) :  Distribusi Listrik PLN kerumah-rumah adalah paralel.  Stop contact merupakan rangkaian paralel dengan jala-jala.

12 Penerapan Pembelajaran  Langkah-langkah Sediakan : - 2 buah Baterai besar - 4 kabel - 2 lampu kecil - Guru menunjukkan kepada siswa cara merangkai rangkaian seri dan paralel

13 Wassalamu’allaikum Wr Wb


Download ppt "RANGKAIAN SERI DAN RANGKAIAN PARALEL Nama Kelompok : 1. Muhammad Rofiki(1001100155) 2. Nuraini Umi Safangati(1001100183) 3. Irviani Helma Tama(1001100176)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google