Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PIANIS AMATIR Created by : Dedi Nestoriko Sinaga (www.banditbatak.com)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PIANIS AMATIR Created by : Dedi Nestoriko Sinaga (www.banditbatak.com)"— Transcript presentasi:

1 PIANIS AMATIR Created by : Dedi Nestoriko Sinaga (www.banditbatak.com)
Solmisasi Pengenalan Pola Aplikasi PIANIS AMATIR Created by : Dedi Nestoriko Sinaga (www.banditbatak.com)

2 1 2 3 4 5 6 7 1’ Do Re Mi Fa Sol La Si Do’ SOLMISASI
Solmisasi adalah deretan angka-angka yang mewakili nada-nada dengan jarak tertentu yang disebut jarak nada sehingga menghasilkan bunyi yang harmonis 1 2 3 4 5 6 7 1’ Do Re Mi Fa Sol La Si Do’ 1/2 1 Piano terdiri dari tuts-tuts dengan bunyi tertentu yang harmonis. Jarak antar tiap tuts adalah ½ satuan nada. Jarak antara Do ke Re (nada pertama ke nada kedua adalah 1 satuan nada. Jarak antara Re ke Mi adalah 1 satuan. Dst (Tips : cukup ingat jarak antara Mi ke Sol dan Si ke Do’ (keduanya sama-sama ½ satuan)) 1/2 1/2 D C E F G A B C’ 1/2 Created by : Dedi Nestoriko Sinaga (www.banditbatak.com)

3 C Pola chord 1 1 Chord = Kombinasi 3 nada 3 5 1 3 5 1’
Broken Chord= Kombinasi 4 nada Chord C Sedangkan nada Re (nada kedua) berada pada tuts ini. Dari mana dasarnya? Coba perhatikan solmisasi yang sebelumnya. Jarah Do ke Re adalah 1 nada. Dan jarak antar tuts pada piana adalah ½ nada. Begitu pula posisi nada Mi dan seterusnya. Mengikuti pola solmisasi dan menyesuaikan dengan jarak antar tuts Dilepas Ditekan Secara default, nada Do (nada pertama) pada piano untuk Chord C dasar berada pada tuts ini. Dengan menekan keempat tuts yang mewakili nada 1, 3, 5, dan 1’ tersebut, maka akan menghasilkan bunyi Chord C Mayor C 1 2 3 4 5 6 7 1 Bagaimana chord lainnya? Created by : Dedi Nestoriko Sinaga (www.banditbatak.com)

4 Chord C 1 3 5 C 2 4 6 7 Pola chord Deretan Chord C -> D -> E -> F -> G -> A -> B -> C’ pada dasarnya menyerupai deretan nada-nada pada solmisasi. Artinya, jarak antara C ke D adalah 1 nada, D ke E adalah 1 nada, dan seterusnya. C D E F G A B C’ Maka, bisa dilogikakan bahwa pola tuts yang ditekan pada piana untuk chord D adalah dengan menggeser tiap tuts yang ditekan pada chord C ke kanan sebesar 1 nada (C ke D = 1 nada) Chord D D 3 7 1 2 4 5 6 1 Created by : Dedi Nestoriko Sinaga (www.banditbatak.com)

5 C Chord C Mayor (C) Pola chord
Chord mayor dibentuk dari kombinasi nada 1, 3, dan 5, sedangkan minor dibentuk dengan menurunkan nada 3 (mi) sebesar ½ satuan nada. 1 3 5 1 Chord C minor (Cm) 1 3 5 1 Created by : Dedi Nestoriko Sinaga (www.banditbatak.com)

6 C D E F G A B 1 2 3 4 5 6 7 C’ 1’ Am Bm C#m Dm Em F#m G#m Am’ Aplikasi
Kebanyakan lagu menggunakan kombinasi 3 chord (kunci), yaitu chord ke-1, ke-4, dan ke-5, beserta minor dari masing-masing chord tersebut. C D E F G A B 1 2 3 4 5 6 7 C’ 1’ Am Bm C#m Dm Em F#m G#m Am’ 1/2 1 Created by : Dedi Nestoriko Sinaga (www.banditbatak.com)

7 Created by : Dedi Nestoriko Sinaga (www.banditbatak.com)
Talenta adalah ANUGRAH dari TUHAN…. Namun, ketiadaan talenta tidak boleh menghentikan kita belajar UNTUK TUHAN Created by : Dedi Nestoriko Sinaga (www.banditbatak.com)


Download ppt "PIANIS AMATIR Created by : Dedi Nestoriko Sinaga (www.banditbatak.com)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google