Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ER DIAGRAM - 2 Yufis Azhar – Teknik Informatika – UMM.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ER DIAGRAM - 2 Yufis Azhar – Teknik Informatika – UMM."— Transcript presentasi:

1 ER DIAGRAM - 2 Yufis Azhar – Teknik Informatika – UMM

2 Key Attribute  Suatu atribut, atau grup atribut, yang mengasumsikan nilai untuk setiap instance. Kadang-kadang disebut dengan identifier.  Concatenated key  grup atribut yang secara unik mengidentifikasi instance dari suatu entitas. Sinonimnya composite key dan compound key.  Candidate key  suatu kunci yang dapat melayani primary key dari suatu entitas. Disebut juga candidate identifier.  Primary key  candidate key yang sebagian besar digunakan untuk mengidentifikasi secara unik dari instance entitas tunggal.  Alternate key  candidate key yang tidak dipilih untuk menjadi primary key. Sinonimnya adalah secondary key.  Foreign key  kunci utama dari suatu entitas yang digunakan pada entitas lain untuk mengidentifikasi instance dari relationship. Entitas dengan primary key disebut parent.

3 Strong Entity & Weak Entity Dua tipe entitas : 1. Entitas kuat 1. Entitas kuat (strong entity) merupakan entitas yang berdiri sendiri tanpa bergantung dengan entitas lain. Contoh, entitas MAHASISWA, BUKU. 2. Entitas lemah 2. Entitas lemah (weak entity) merupakan entitas yang keberadaannya bergantung pada keberadaan relationship terhadap entitas lain. Contoh, entitas ANAK bergantung pada entitas DOSEN.

4 Strong Entity & Weak Entity (Cont.) Diagram ER untuk entitas lemah

5 Relationship  Relationship  Relationship = Hubungan yang terjadi antara satu entitas atau lebih. Contoh, relationship mengambil yang menggambarkan mahasiswa yang mengambil matakuliah Diagram ER untuk Relationship Mengambil

6 Relationship (Cont.)  untuk mencatat semester berapa mahasiswa mengambil matakuliah, maka pada relationship mengambil ditambahkan atribut semester semester Diagram ER untuk Relationship Mengambil

7 Relationship Degree Derajat relationship = jumlah entitas yang saling berhubungan dalam satu relationship. Ada tiga jenis yakni : 1. Relationship Berderajat Satu (unary) 2. Relationship Berderajat Dua (binary) 2. Relationship Berderajat Dua (binary) 3. Relationship Berderajat Tiga (ternary) 3. Relationship Berderajat Tiga (ternary)

8 Relationship Berderajat Satu (unary)

9 Relationship Berderajat Dua (binary)

10 Relationship Berderajat Tiga (ternary)

11 Cardinality Kardinalitas relationship = sejumlah kemungkinan entitas A berpartisipasi dengan entitas B dalam satu relationship. Ada tiga jenis yakni : 1. One to One, notasi 1 : 1 2. One to Many, notasi 1 : n 2. One to Many, notasi 1 : n 3. Many to Many, notasi m : n 3. Many to Many, notasi m : n

12 One to One

13 One to Many

14 Many to Many

15 Entity Participation Partisipasi suatu entitas terdapat dua tipe yakni 1. Partisipasi Total 1. Partisipasi Total, dimana keberadaan entitas tersebut bergantung pada hubungannya dengan entitas lain.

16 Entity Participation (Cont.) 2. Partisipasi Parsial 2. Partisipasi Parsial, dimana entitas tersebut tidak bergantung dengan keberadaan hubungan entitas tersebut dengan entitas lain.


Download ppt "ER DIAGRAM - 2 Yufis Azhar – Teknik Informatika – UMM."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google