Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DESA PETAK KECAMATAN PACET KAB. MOJOKERTO Laporan PLK S1 Administrasi Negara 2012 Kelas B Laporan PLK S1 Administrasi Negara 2012 Kelas B 25 – 27 APRIL.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DESA PETAK KECAMATAN PACET KAB. MOJOKERTO Laporan PLK S1 Administrasi Negara 2012 Kelas B Laporan PLK S1 Administrasi Negara 2012 Kelas B 25 – 27 APRIL."— Transcript presentasi:

1

2 DESA PETAK KECAMATAN PACET KAB. MOJOKERTO Laporan PLK S1 Administrasi Negara 2012 Kelas B Laporan PLK S1 Administrasi Negara 2012 Kelas B 25 – 27 APRIL 2013

3

4

5

6

7

8

9 Desa Petak adalah desa yang memiliki sejarah pada kejayaan jaman Mojopahit. Hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa peninggalan pada masa tersebut yaitu berupa petilasan yang sampai saat ini masih dipelihara oleh Pemerintah Desa Petak, diantaranya: Petilasan Batu Bertulis yang terletak di dusun Dukuh. Petilasan Kemasan, Watu Omah yang terletak di dusun Kembangsore. SEJARAH DESA

10 Dan ada juga beberapa nama yang diyakini sebagai cikal bakal terjadinya dusun setempat atau bisa dikatakan yang Babat Alas yakni: Di dusun Kembangsore ada nama Mbah Les dan Mbah Sentono. Di dusun Mojoroto ada Mbah Mangun. Di dusun Kucur ada Mbah Sindu.

11 Dan Masyarakat Desa Petak sampai saat ini masih melestarikan budaya maupun adat istiadat dusun setempat, diantaranya: 1.BUDAYA RUWAH DUSUN, yaitu sedekah kepada dusun agar terhindar atau jauh dari marabahaya, bencana, dsb. 2.BUDAYA KELEMAN, yaitu sedekah dusun khususnya bagi para petani yang mau tanam (cocok tanam) padi. 3.BUDAYA METHIK, yaitu sedekah dusun khususnya bagi para petani yang mau panen padi.

12 Pemerintahan Desa Petak secara administrasi dimulai pada jaman Belanda dan Jepang yang dipimpin oleh kepala Desa Mojoyo. Selanjutnya Pemerintahan oleh Kepala Desa Santoro selama dua tahun yaitu tahun Penggantinya adalah Kepala Desa Gunarto yang memimpin selama 35 tahun mulai tahun

13 Setelah Kepala Desa Gunarto meninggal dunia selanjutnya digantikan oleh Kepala Desa Margono selama 18 tahun yang memimpin tahun Selanjutnya roda pemerintahan dilanjutkan oleh Kepala Desa Purnadi, S.Pd. mulai tahun Tahun 2007 sampai sekarang pemerintahan Desa Petak dipimpin oleh Kepala Desa Supoyo, S.H.

14 Pembangunan Desa Petak dimulai sejak Pemerintahan Kepala Desa Gunarto yaitu pembangunan jalan makadam Desa Petak melalui proyek Padat Karya sekitar tahun 1970-an

15 Tahun 1981 Rehap gedung SDN Petak (Subsidi). Tahun 1982 Pembangunan Pagar Dusun (Swadaya). Tahun 1983 Pembangunan Kantor Desa Petak (Swadaya). Tahun 1983 Pembangunan SMPN 1 Pacet (Bantuan Pemerintah). Tahun 1984 Pembangunan MCK di masing-masing Dusun (Swadaya). Selanjutnya pembangunan pada masa Pemerintahan Kepala Desa Margono yaitu:

16 Tagun 1985 Listrik masuk Desa (Inpres). Tahun 1985 Pembangunan Gapura Jalan Dusun (Swadaya). Tahun 1986 Pembangunhan Jembatan Sungai Goboyo (Swadaya). Tahun 1987 Pembangunan Panti PKK (Swadaya). Tahun 1988 Pembangunan Rehab TK Dharma wanita (Swadaya). Tahun 1989 Pembangunan Balai Desa Petak (Sawdaya). Tahun 1992 Pembangunan Pengaspalan jalan Dusun (Swadaya). Tahun 1996 Pembangunan Masjid Al Ikhlas (Swadaya).

17 Hasil pembangunan yang telah dicapai di masa Pemerintahan Kepala Desa Purnadi, S.Pd. antara lain: Tahun 1999 Rehab Balai Desa Petak (Swadaya), Tahun 2000 Rehab Gedung MI Hasyim Asyari Mojoroto (Swadaya). Tahun 2000 Pengecoran jalan Dusun Mojoroto-Kresek (Swadaya). Tahun 2001 Pengaspalan jalan Dusun Kucur-Kresek (PPK 2001). Tahun 2002 Pelapisan jalan Dusun Jolopeto-Kucur (Swadaya).

18 Tahun 2002 Pelapisan jalan Dusun Kembangsore (Swadaya). Tahun 2002 Pengaspalan jalan Dusun Mojoroto-Kresek (Swadaya). Tahun 2002 Rehab Jembatan Sungai Goboyo (Swadaya). Tahun 2003 Pembangunan irigasi Mojoroto (PPK 2003). Tahun 2003 Rehab Teras Balai Desa (Swadaya). Tahun 2003 WSLIC-II (Bank Dunia).

19 Tahun 2004 Pengaspalan jalan tembus Petak-Kesiman Tengah (APBN). Tahun 2004 Pembangunan Polindes dan Gudang (Swadaya). Tahun 2005 Pembenahan Kantor Desa Petak (Swadaya). Tahun 2005 Pembangunan Pasar Agropolitan (APBN). Tahun 2005 Pembuatan Papan Nama Desa (Swadaya). Tahun 2005 Pemavingan jalan lingkunngan (Swadaya). Tahun 2005 Pembangunan Gedung TK Dharma Wanita (PPK 2005).

20 DATA MONOGRAFI DESA DAN KELURAHAN  Desa: Petak  Nomor Kode: -  Kecamatan: Pacet  Kota Administratif: -  Kabupaten / Kodya: Mojokerto  Propinsi: Jawa Timur  Keadaan data Tahun: 2011

21  Luas Desa / Kelurahan: 275,415 Ha b. Batas wilayah:  Sebelah Utara: Desa Warugunung  Sebelah Selatan: Desa Pacet  Sebelah Barat: Desa Kesimantengah  Sebelah Timur: Desa Cepokolimo / Bendunganjati

22 Jumlah penduduk menurut : a. Jenis kelamin : Laki – laki: 1.856orang Perempuan: 1.878orang J u m l a h: 3.734orang b. Kepala Keluarga: 1.180orang

23 a. Karyawan : 1. Pegawai Negeri Sipil: 46orang 2. T N I: 6orang 3. S w a s t a: 1.934orang b. Wiraswasta / pedagang: 147orang c. Tani: 795orang d. Pertukangan: 50orang e. Buruh tani: 178orang f. Pensiunan: 23orang g. N e l a y a n: - orang h. P e m u l u n g: -orang i. J a s a: 2orang Jumlah Penduduk menurut mata pencaharian :

24

25

26 Sistem Administrasi Negara di desa Petak kecamatan Pacet kabupaten Mojokerto sendiri menganut sistem Agraria. Karena yang bergerak dalam bidang industri dan jasa di desa Petak sangat sedikit, dan dibandingkan dengan petani ataupun buruh tani, Oleh karena itu penduduk desa Petak sendiri masih belum bisa dikatakan masyarakat prismatik apalagi sebagai masyarakat industri karena dapat dilihat kondisi yang masih serba tradisional dan masih sedikit pengetahuan tentang sistem – sistem yang modern seperti sistem Industria.

27 Didalam sistem Sosial budayanya juga mendukung fakta bahwa desa Petak sendiri bersistem agraria. Yaitu karena kebanyakan penduduk desa yang bekerja di bidang pertanian yang membuat penduduk desa lain ikut dalam budaya tersebut yaitu bekerja dalam bidang pertanian. Selain itu kebudayaan yang masih hidup di dalam desa petak sendiri adalah penduduk cenderung memilih / percaya kepada perangkat desa yang memiliki keturunan dari perangkat desa / dari keturunan yang dianggap memiliki derajat tinggi sehingga para perangkat desa cenderung bersifat turun temurun. Serta ada 1 fungsi menjalankan beberapa fungsi seperti contoh salah satu Kasi merangkap jabatan dengan jabatan Kaur.

28 Sistem administrasi yang masih sederhana yaitu dapat dilihat dari data monografi, masih banyak data yang belum terisi / kosong. Jika desa Petak dikatakan memiliki model industria maka data monografi pasti akan tersusun sedemikain rupa dan semua data pasti sudah terisi. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa desa Petak kecamatan Pacet kabupaten Mojokerto menganut Sistem Administrasi Negara model Agraria. KLIK !!

29

30 Menurut hasil wawancara kami keberbagai dusun yang ada di Desa Petak, sebagian masyarakat berpendapat pelayanan administrasi di Desa petak:  Baik  Cekatan  Tanggap terhadap warga yang membutuhkan  Disiplin waktu  Kepala desa lebih dekat dengan warga  Koordinasi antar desa dan RT/RW baik, setiap 3 bulan sekali ada pertemuan membahas tentang desa.  Sarana dan prasarana mengalami berbaikan berkala

31 Namun ada juga sebagian masyarakat yang berpendapat:  Pengurusan adminitrasi jarang dilakukan di balai desa, melainkan langsung ke rumah perangkat desa  Banyak dari perangkat desa yang terdiri dari tangan kanan kepala desa yang sedang menjabat  Tidak transparan dalam hal keuangan  Kepala desa jauh dengan masyarakat, dan cenderung dekat dengan pendukungnya saja KLIK !!

32

33 Berdasarkan survey lapangan yang telah kami lakukan di desa Petak, kecamatan Pacet, kabupaten Mojokerto pada hari Jumat, 26 April 2013, menunjukkan bahwa penduduk desa menganut SISTEM ADMINISTRASI NEGARA MODEL AGRARIA. Dengan alasan: 1.Mayoritas penduduk desa Petak bermata pencaharian sebagai petani, meskipun ada beberapa penduduk ber profesi di bidang lain.

34 2.Sebagian besar perangkat desa Petak masih memiliki hubungan sanak saudara dengan kepala desa Petak yaitu Bapak Supoyo. Hal ini mengindikasikan bahwa masih kental budaya kepemimpinan yang turun temurun. 3.Organisasi yang berkembang di desa Petak, sederhana. Meliputi PKK. Dan karang taruna yang kegiatannya dilakukan setiap 1 tahun sekali yaitu pada setiap perayaan 17 Agustus.

35 4. Dari data monografi yang kami peroleh bahwa banyak ditemukan data yang belum terisi. Hal ini menunjukkan bahwa administrasi desa Petak masih sangat sederhana dan belum tersusun secara sistematis dan terperinci. 5.Ada Sebagian penduduk desa yang sekian lama berdomisili di desa Petak namun pada identitas KTP nya tercantum alamat desa lain ini menunjukkan bahwa administrasi di desa Petak masih belum tersusun secara sistematis karena masih adanya penduduk yang belum terdata sehingga dia memiliki dua kewenangan dan kewajiban sebagai penduduk di desa Petak dan di desa lain.

36 6.Seperti pada survey di lapangan bahwa hasil panen dari sektor pertanian di desa Petak diproduksi sendiri di daerah setempat dan tidak diperjual belikan di daerah lain. Dan sebagian dari hasil pertanian sendiri, dikonsumsi sendiri oleh penduduk setempat. 7.Sistem yang terbatas menyebabkan segala sesuatu dilakukan oleh perangkat desa Petak itu sendiri. Terutama dalam hal keuangan.

37 8.Berdasarkan hasil survey di kantor desa bahwa mayoritas hasil panen dari para petani Petak hanya dijual di daerah Pacet / Petak itu sendiri dan tidak dijual / didistribusikan keluar daerah, ini menunjukan bahwa mobilitas penduduk desa Petak masih rendah dan tidak berkembang. Karena hasil pertanian mereka tidak didistribusikan keluar daerah, sehingga tingkat kesejahteraan penduduk relatif stagnan dan tidak meningkat. 9.Selain itu akses jalur yang sulit menyebabkan para pembeli, pengunjung atau investor luarpun kesulitan menuju ke desa tersebut sehingga desa Petak sulit berkembang dan cenderung bersistem agraria.

38 Selain itu... Desa Petak ini lebih cenderung menganut MODEL INNER TERITORY. Dimana daerah Petak yang subur menghasilkan hasil pertanian yang melimpah. Sehingga penduduk setempat banyak tercukupi kebutuhannya dengan bertani. Petak, sebagai desa yang paling dekat lokasinya dengan kantor Kecamatan Pacet sehingga lokasinya menjadi pusat pemerintahan Kecamatan Pacet, dan menjadikan daerahnya berpenduduk padat. Rumah-rumah di dusun-dusun Petak jaraknya saling berdekatan satu sama lain. Sehingga pemukiman penduduk di desa Petak tak jauh berbeda dengan pemukiman masyarakat kota. Jika dibandingkan dengan desa-desa lain di Kecamatan Pacet ini, desa Petak terlihat yang paling padat penduduknya. 1 dusun rata-rata memiliki KK (kartu Keluarga) Selain itu yang menunjukan bahwa desa Petak menganut model agraria inner teority yaitu pengairan di sawah penduduk desa lancar dan pengairannya tidak menggantungkan pada air hujan. KLIK !!

39

40 Penduduk didesa petak mayoritas beragama islam. Hal ini di tunjukan terdapat banyak mushola dan masjid dan tidak ada tempat ibadah agama lain seperti Gereja dll. Namun meskipun memiliki agama yang sama nampak di desa Petak, masyarakatnya masih memiliki kepercayaan dinamisme, seperti yang kami ketahui saat praktek di dusun – dusun, yaitu kami menemui ada warga yang membawa sesajen berupa makanan ringan (snack / jajan) ke kuburan.

41 Untuk potensi yang dimiliki dari desa Petak sendiri adalah pertanian, meskipun ada sebagian kecil yang bergerak di bidang jasa ( perhotelan, penginapan – penginapan ), Home industri seperti kerajinan – kerajinan, pembuatan batu nisan, home industri aneka kue dan aneka olahan ketela dll. Bahasa yang digunakan pada umumnya adalah bahasa jawa yaitu untuk yang sebaya menggunakan bahasa jawa ngoko dan untuk yang lebih muda ke yang lebih tua menggunakan bahasa jawa krama inggil.

42 Tingkat Pendidikan di desa Petak mayoritas lulusan SMP dan SMA. Untuk teknologi disana sudah lumayan karena ada mobil, motor, televisi, handphone meskipun tidak kami temukan adanya warnet yang ada di desa Petak. KLIK !!

43

44  Pertanian: bawang merah dan ketela  Home Industri: pengolahan pangan dari ketela pembuatan batu nisan  Perhotelan: hotel Sativa & hotel Sederhana  Pariwisata: Joglo Park

45 Sekian yang dapat kami tayangkan terima kasih atas perhatiannya


Download ppt "DESA PETAK KECAMATAN PACET KAB. MOJOKERTO Laporan PLK S1 Administrasi Negara 2012 Kelas B Laporan PLK S1 Administrasi Negara 2012 Kelas B 25 – 27 APRIL."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google