Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MATERI DASAR-DASAR PENDIDIKAN RA / TK /BA/ PAUD/KB oleh MOH. YANI, S.Ag, MM,M.Pd.I Kriteria pemimpin yg baik (Wahjosumidjo) : 1.Adil ( Fairly) 2.Mampu.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MATERI DASAR-DASAR PENDIDIKAN RA / TK /BA/ PAUD/KB oleh MOH. YANI, S.Ag, MM,M.Pd.I Kriteria pemimpin yg baik (Wahjosumidjo) : 1.Adil ( Fairly) 2.Mampu."— Transcript presentasi:

1 MATERI DASAR-DASAR PENDIDIKAN RA / TK /BA/ PAUD/KB oleh MOH. YANI, S.Ag, MM,M.Pd.I Kriteria pemimpin yg baik (Wahjosumidjo) : 1.Adil ( Fairly) 2.Mampu meyakinkan ( Suggesting) 3.Mendukukng pencapaian tujuan ( Supplying Objectives) 4.Menciptakan rasa aman ( Providing Securty) 5.Dapat menjadi waki organisasi (Representing) 6.Mampu menjadi sumber inspirasi (Inspiring) 7.Bersedia Mnghargai ( Prizing )

2 Menurut MULYASA : Mampu memberdayakan para pendidik dalam PBM scr baik, benar,lancar dan produktif. Dapat melaksanakan pekerjaan sesuai dengan waktu yg telah ditetapkan Mampu menjalin hubungan yg hamonis dg masyarakat shg dpt melibatkan mereka scr aktif,dlm rangka mewujudkan tujuan pendidikan Menerapkan prinsip kepemimpinan yg sesuai dg tingkat kedewasaan pendidik dn tenaga kependidikan Bekerja dg TIM manajemen Berhasil mewujudkan tujuan pendidikan scr produtif sesuai dg ketentuan yg berlaku.

3 NILAI-NILAI YANG DIBANGUN DAN DIKEMBANGKAN SERTA DITRANSFORMASIKAN SESUAI DENGAN UNIT RA/ TK ADALAH SEBAGAI BERIKUT: Integrity yaitu integritas termasuk didalamnya nilai kejujuran dan tanggung jawab Zealous yaitu giat, semangat dan tekun Habit yaitu kebiasaan untuk berperilaku ceria, kreatif, kasih sayang Affluent yaitu kemakmuran di mana sekolah (TK) merupakan suatu tempat yang damai, menyenangkan untuk bereksplorasi dan bermanfaat bagi diri dan lingkungan sekitar Relationship yaitu kemitraan termasuk kerjasama yang saling menghormati sebagai tim kerja yang terus dibangun dengan berbagai pihak termasuk orang-tua murid

4 PROGRAM PEMBIASAAN DAN PEMBELAJARAN : Kurikulum Program Intrakurikuler Program Kokurikuler Program Ekstrakurikuler Fasilitas Tata Tertib Kerjasama Orang-tua SDM

5 KURIKULUM Kurikulum nasional yang ditetapkan Kementerian Agama sebagai pedoman dasar kurikulum dan muatan-muatan lokal yang khusus dirancang dan disesuaikan dengan visi dan misi Yayasan Kurikulum ditekankan pada pencapaian kompetensi dengan memperhatikan usia, karakteristik dan budaya anak didik agar dapat membekalinya di masa kini dan yang akan datang. Untuk itu diadakan pengenalan berbagai ilmu pengetahuan termasuk didalamnya pengetahuan tentang kesehatan reproduksi, moral, akhlak mulia, dan nilai-nilai Agama Islam dalam setiap kegiatan dan pembiasaan perilaku serta keterampilan hidup melalui integrasi kegiatan yang aman, kreatif, eksploratif dan menyenangkan.

6 PROGRAM INTRAKURIKULER Program intrakurikuler bertujuan membentuk perilaku dan mengembangkan kemampuan dasar melalui bidang-bidang perkembangan antara lain; Sosial- Emosional, Agama, Bahasa, Kognitif dan Seni. Pendekatan pembelajaran pada anak usia dini (lahir-6 tahun) berorientasi pada pengembangan seluruh perilaku dan kemampuan dasar yang ada pada setiap anak dengan memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut : Berorientasi pada kebutuhan dan perkembangan anak dengan menggunakan segenap potensi murid secara individu untuk mendapatkan prestasi terbaik. Belajar sambil bermain dengan penekanan bahwa sekolah itu menyenangkan. Kreatif dan inovatif melalui penggunaan Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA), yaitu murid dan guru aktif. Lingkungan kondusif antara lain situasi kelas yang : – (a). menunjang keaksaraan – (b). menumbuhkan rasa sukses murid untuk membangun rasa percaya diri – (c). mengembangkan daya ekspresi dan daya kreasi murid serta menganjurkan keterbukaan, selaras dengan visi, misi dan motto perguruan – (d). memberikan pengalaman belajar bersama untuk menumbuhkan sikap memberi, menerima dan menghargai pendapat orang lain. Pembelajaran terpadu/terintegrasi melalui kegiatan lintas bidang pengembangan Mengembangkan keterampilan hidup. Menggunakan berbagai media dan sumber belajar

7 PROGRAM KO KURIKULER 1. Program kokurikuler merupakan bagian integral dengan program intrakurikuler yang diadakan sekolah secara rutin. Program KoKurikuler adalah upaya penunjang dan pengayaan intrakurikuler yang mengarah pada pengembangan keterampilan hidup. 2. Beberapa kegiatan koKurikuler : Pengenalan Lingkungan Praktek Shalat Berjama’ah Pembiasaan Bersedekah / Beramal Pengenalan Perpustakaan. Cerita dari Tamu Pengenalan Musik Pentas. Pameran hasil karya murid Pengenalan budaya. Karyawisata. Proses Memasak

8 Pengenalan Lingkungan Guru mengajak anak mengamati lingkungan sekolah dengan tujuan : Mengenal bagian-bagian dari sekolahnya seperti; kamar mandi, tempat pengambilan air wudhu, perpustakaan TK / SD / SMP / SMA, Masjid, Kantin dan lain-lain. Memupuk kepekaan, menjaga dan memelihara lingkungan melalui mengamati lingkungan, memberi makan hewan menanam dan menyiram tanaman, mengadakan daur ulang serta operasi semut secara bergantian. Guru mengajak anak mengamati lingkungan sekolah dengan tujuan : Mengenal bagian-bagian dari sekolahnya seperti; kamar mandi, tempat pengambilan air wudhu, perpustakaan TK / SD / SMP / SMA, Masjid, Kantin dan lain-lain. Memupuk kepekaan, menjaga dan memelihara lingkungan melalui mengamati lingkungan, memberi makan hewan menanam dan menyiram tanaman, mengadakan daur ulang serta operasi semut secara bergantian.

9 Praktek Shalat Berjama’ah Program ini diadakan setiap hari Jum’at di masjid atau di kelas dengan tujuan : Mengenal masjid sebagai tempat ibadah. Menumbuhkan kecintaan anak terhadap masjid. Memupuk keimanan murid. Menanamkan sikap tertib / disiplin di masjid. Melatih dan membiasakan gerakan-gerakan shalat yang benar. Program ini diadakan setiap hari Jum’at di masjid atau di kelas dengan tujuan : Mengenal masjid sebagai tempat ibadah. Menumbuhkan kecintaan anak terhadap masjid. Memupuk keimanan murid. Menanamkan sikap tertib / disiplin di masjid. Melatih dan membiasakan gerakan-gerakan shalat yang benar.

10 Pembiasaan Bersedekah / Beramal RA / TK mengadakan kegiatan beramal dengan tujuan menumbuhkan rasa kepedulian sosial sejak dini kepada anak. Kegiatan tersebut diwujudkan dalam bentuk “ Kotak Amal “ yang bersifat sukarela dan didasari rasa keikhlasan. Program ini diadakan setiap Jumat bersamaan dengan kegiatan shalat bersama di Masjid atau di kelas. Perolehan hasil kotak amal akan dilaporkan secara berkala setiap triwulan melalui buku penghubung. Hasil dari kotak amal akan dipergunakan untuk membantu meringankan beban sesama yang mendapat musibah, seperti bencana alam, kebakaran, kebanjiran ataupun memberi bantuan kepada panti asuhan, pembangunan masjid maupun program anak asuh. Selain itu apabila memungkinkan, hasil dari kotak amal akan diwujudkan dalam bentuk pembelian hewan qurban di hari Raya Idul Adha yang akan dibelikan atas nama seluruh murid TK.

11 Pengenalan Perpustakaan. Untuk menumbuhkan kecintaan membaca pada anak, maka sekolah mengadakan program kunjungan pustaka. Program ini diadakan 1 (satu) minggu sekali. Murid-murid akan datang ke perpustakaan bersama guru dan teman – temannya untuk memilih sendiri dan meminjam buku – buku yang disukai untuk dibawa pulang dengan tetap tidak melupakan tata tertib sewaktu mengunjungi perpustakaan. Dalam hal ini dibutuhkan kerjasama dan bantuan orang tua untuk mengingatkan anak mengembalikan buku yang dipinjamnya tepat waktu. Dari pembiasaan ini diharapkan agar dapat menyiapkan murid dalam penggunaan perpustakaan secara maksimal.

12 Cerita dari Tamu Program ini merupakan penerapan wujud kemitraan yang dilakukan antara orang tua, lingkungan sekitar dan pihak sekolah. Program ini dikemas berupa kegiatan bercerita dari tamu yang khusus diundang oleh sekolah. “Tamu” disini adalah para orangtua murid atau kakak kelas dari unit SD, SLTP, SMA ataupun orang dewasa lain yang berkenan untuk bercerita di sekolah. Beberapa dari mereka seringkali sengaja mengajukan diri utuk menjadi tamu untuk bercerita di hadapan anak – anak. Adapun bentuk – bentuk kegiatannya antara lain : Pengenalan berbagai profesi Tujuan program ini adalah membuka wawasan murid dengan memperkenalkan begitu banyak profesi di masyarakat. Untuk program ini sekolah akan mengundang orang tua murid ataupun orang dewasa yang bersedia mengenalkan profesi sehari- harinya misal; Dokter, Polisi, Juru Rawat, Guru, Sutradara, Pilot, Petugas kebersihan, Petugas Pos, Pekarya Kebun, Sopir, Kusir, Tukang sayur dan sebagainya. Mendongeng, bercerita dengan atau tanpa buku Program ini membuka wawasan murid tentang buku dan penumbuhan minat baca sejak dini. Sekolah membebaskan tamu untuk membawa buku sendiri / bahkan kostum untuk keperluan bercerita sepanjang isi cerita sesuai dengan usia dan karakteristik anak. Program ini merupakan penerapan wujud kemitraan yang dilakukan antara orang tua, lingkungan sekitar dan pihak sekolah. Program ini dikemas berupa kegiatan bercerita dari tamu yang khusus diundang oleh sekolah. “Tamu” disini adalah para orangtua murid atau kakak kelas dari unit SD, SLTP, SMA ataupun orang dewasa lain yang berkenan untuk bercerita di sekolah. Beberapa dari mereka seringkali sengaja mengajukan diri utuk menjadi tamu untuk bercerita di hadapan anak – anak. Adapun bentuk – bentuk kegiatannya antara lain : Pengenalan berbagai profesi Tujuan program ini adalah membuka wawasan murid dengan memperkenalkan begitu banyak profesi di masyarakat. Untuk program ini sekolah akan mengundang orang tua murid ataupun orang dewasa yang bersedia mengenalkan profesi sehari- harinya misal; Dokter, Polisi, Juru Rawat, Guru, Sutradara, Pilot, Petugas kebersihan, Petugas Pos, Pekarya Kebun, Sopir, Kusir, Tukang sayur dan sebagainya. Mendongeng, bercerita dengan atau tanpa buku Program ini membuka wawasan murid tentang buku dan penumbuhan minat baca sejak dini. Sekolah membebaskan tamu untuk membawa buku sendiri / bahkan kostum untuk keperluan bercerita sepanjang isi cerita sesuai dengan usia dan karakteristik anak.

13 Pengenalan Musik Program ini bertujuan mengembangkan kreativitas, imajinasi dan keterampilan berekspresi, antara lain : Meningkatkan rasa keindahan dan bakat musik anak. Mengembangkan rasa kebersamaan anak, disiplin dan tanggungjawab. Meningkatkan keterampilan berkomunikasi, berimajinasi dan berkreasi. Meningkatkan kepekaan lingkungan. Meningkatkan keterampilan berekspresi. Program ini bertujuan mengembangkan kreativitas, imajinasi dan keterampilan berekspresi, antara lain : Meningkatkan rasa keindahan dan bakat musik anak. Mengembangkan rasa kebersamaan anak, disiplin dan tanggungjawab. Meningkatkan keterampilan berkomunikasi, berimajinasi dan berkreasi. Meningkatkan kepekaan lingkungan. Meningkatkan keterampilan berekspresi.

14 Pentas. Pementasan diadakan dengan tujuan untuk memberi pengalaman pentas, pengalaman menjadi penonton, pelatihan kepercayaan diri serta penanaman konsep diri pada setiap murid. Selain itu tujuan program ini memperkaya murid sambil menghindari kerutinan dan melibatkan keluarga murid. Dalam hal-hal tertentu, program/kegiatan ini juga membantu meningkatkan rasa percaya diri murid dan perbendaharaan kosa kata. Pada acara ini orang- tua diharuskan hadir untuk turut menghargai prestasi putra-putrinya.

15 Pameran hasil karya murid. Tujuan dari pameran hasil karya adalah untuk menanamkan kebanggaan terhadap hasil karya sendiri serta menanamkan konsep diri yang positif. Selain itu pameran dapat memotivasi murid untuk lebih mengembangkan kreativitasnya.

16 Pengenalan budaya. Pada program ini murid diharapkan mengenal ragam alat musik, irama dan lagu serta budaya nasional. Tujuan lain adalah menimbulkan rasa cinta budaya nasional sejak dini.

17 Karyawisata. Pada 1 Tahun pelajaran, sekolah akan mengadakan beberapa program kegiatan karyawisata ke tempat/lokasi yang disesuaikan dengan tema pembelajaran di kelas. Untuk efektivitas layanan pendidikan, pada pelaksanaanya kegiatan ini dilakukan dalam kelompok kecil/kelas/level. Keterlibatan orang-tua secara fisik sebagai pendamping anak yang bertugas sebagai guru yaitu menjelaskan kegiatan dan mengawasi anak. Untuk keamanan murid dan efektivitas tujuan karyawisata, TK Islam akan menyelenggarakan acara tersebut dalam kelompok – kelompok kecil misalnya per – kelas atau kelompok TK A atau kelompok TK B saja. Pelaksanaannya dilakukan dengan bantuan supervisi wakil orang tua murid dengan rasio 1 : 5 maksudnya 1 (satu) orang dewasa mengawasi 5 (lima) orang anak. Orang tua akan diminta bantuannya bukan hanya mengawasi tetapi secara aktif membantu guru menjelaskan tujuan-tujuan kunjungan. Tempat/lokasi tujuan karyawisata bervariasi sesuai pengembangan wawasan yang bisa dilaksanakan dan tema yang dibicarakan di kelas.

18 Proses Memasak. Pada program ini diharapkan murid dapat : Mengenal bahan mentah yang langsung dapat dimakan ataupun bahan mentah yang harus diolah atau dimasak terlebih dahulu. Mengamati proses pengolahan makanan dari bahan mentah menjadi matang. Memperoleh kosa kata baru yang didapatnya selama proses masak berlangsung misalnya : mendidih, menguap, berembun, dsb. Melatih ketrampilan motorik yang digunakan pada saat memasak misalnya : memeras santan, mengoles mentega, mengupas buah, menakar air, merajang sayuran dan sebagainya. Pada program ini diharapkan murid dapat : Mengenal bahan mentah yang langsung dapat dimakan ataupun bahan mentah yang harus diolah atau dimasak terlebih dahulu. Mengamati proses pengolahan makanan dari bahan mentah menjadi matang. Memperoleh kosa kata baru yang didapatnya selama proses masak berlangsung misalnya : mendidih, menguap, berembun, dsb. Melatih ketrampilan motorik yang digunakan pada saat memasak misalnya : memeras santan, mengoles mentega, mengupas buah, menakar air, merajang sayuran dan sebagainya.

19 PROGRAM EKSTRAKURIKULER Ekstrakurikuler Khusus Ektrakurikuler khusus diprogramkan untuk membekali murid dengan kemampuan spesifik yang mengandung konsep life skill dan dianggap penting untuk memperkuat karakter/ciri khusus sekolah, example: adalah kegiatan komputer (bekerjasama dengan computerkid) Ekstrakurikuler Unggulan Kegiatan ini diarahkan untuk mencapai keunggulan prestasi dalam kompetisi-kompetisi yang berlangsung di dalam dan atau antar wilayah. Ekskul ini memiliki sifat berkesinambungan antar jenjang dan atau antar unit,contoh : vokal Ekstrakurikuler Pilihan Kegiatan ini diadakan untuk memfasilitasi pengembangan minat & bakat murid, Adapun ekstrakurikuler pilihan yang diadakan tersebut adalah : Seni Rupa, M e n a r i, Olah Raga, Vokal, M e n a r i, Al Quran, Vokal, Gamelan, Bahasa Inggris (biaya mandiri),Fun Cooking (biaya mandiri)

20 FASILITAS Ruang Belajar Ruang Perpustakaan Ruang Observasi Diadakannya ruang observasi ini diperuntukkan : 1. Bagi orang tua murid yang ingin melihat kegiatan belajar putra–putrinya di kelas, dalam masalah–masalah yang membutuhkan pengamatan khusus, yang terlebih dahulu harus membuat perjanjian dengan tim guru kelas. 2. Bagi guru dari sekolah lain / instansi pendidikan yang mengadakan studi banding Ruang Konstruksi Di ruang ini murid akan belajar keterampilan khusus yang akan dibutuhkan kelak di SD yaitu : 1. Mengekpresikan diri dengan membangun berbagai bentuk balok yang disediakan. 2. Mengklasifikasikan dan memilih bentuk balok tersebut. 3. Mengikuti peraturan bermain balok antara lain ; mengambil dan mengembalikan balok-balok pada tempatnya semula, antri pada saat mengambil dan mengembalikan balok-balok pada tempatnya, menggunakan balok untuk membangun sesuatu.

21 Ruang Al Qur’an Ruang ini untuk pelatihan dan pendalaman pelafalan awal dalam pengucapan kalimat thoyyibah, surat – surat pendek dan doa – doa harian. Ruang Musik Ruang ini digunakan untuk pembelajaran anak – anak dalam praktek bermain musik, baik dalam bentuk bernyanyi maupun memainkan alat musik perkusi ataupun alat musik instrumen. Plaza TK Sesuai dengan namanya, plaza TK merupakan tempat yang menjadi pusat kegiatan TK antara lain : pementasan, pameran, perlombaan dan lain-lain. Kandang Binatang dan Kolam Ikan Lahan Perkebunan

22 Pilihan Kegiatan/Eksplorasi Eksperimen IPA / science Motorik Halus Bahasa : Mendengarkan, bicara, membaca, penulisan, ingatan/pengamatan visual/auditori. Media Manipulatif : Puzzle, balok kecil, alat montessori, lego dll Ekspresi Beragam Seni : Menggambar, mencetak, melukis, menempel, menyobek, membentuk, menggunting, melipat, dll. P e r p u s t a k a a n. Bermain peran : rumah tangga, rumah sakit, bengkel, dll. Matematika : hitung-menghitung benda konkrit, pengenalan : bentuk-bentuk geometri, ukuran, pola, dll. Bernyanyi dan bermain musik. Motorik kasar ( jasmani ) Kegiatan khusus, dll Eksperimen IPA / science Motorik Halus Bahasa : Mendengarkan, bicara, membaca, penulisan, ingatan/pengamatan visual/auditori. Media Manipulatif : Puzzle, balok kecil, alat montessori, lego dll Ekspresi Beragam Seni : Menggambar, mencetak, melukis, menempel, menyobek, membentuk, menggunting, melipat, dll. P e r p u s t a k a a n. Bermain peran : rumah tangga, rumah sakit, bengkel, dll. Matematika : hitung-menghitung benda konkrit, pengenalan : bentuk-bentuk geometri, ukuran, pola, dll. Bernyanyi dan bermain musik. Motorik kasar ( jasmani ) Kegiatan khusus, dll

23 KERJASAMA ORANG-TUA 1. Apresiasi Orang-tua Untuk mengembangkan potensi anak secara maksimal diperlukan apresiasi orang tua murid secara aktif dengan hadir tepat waktu pada acara : Kunjungan kelas (Open House) yang akan memberi gambaran lebih jelas mengenai kegiatan murid. Pementasan dan pameran murid yang bersangkutan. Pertemuan antar orang tua yang dikoordinasi oleh koordinator kelas/BEOM Acara-acara lain sesuai pemberitahuan. 2. Buku Penghubung Untuk segera menjembatani komunikasi antara guru dan orang tua murid, disediakan sebuah buku penghubung yang dapat diisi oleh kedua belah pihak

24 3. Evaluasi Bersama Pada waktu–waktu yang ditentukan kemudian, akan dilakukan pertemuan khusus antara guru dan orang tua untuk evaluasi kedua belah pihak secara perseorangan 4. BEOM Sebagai wadah koordinasi orang tua murid akan dibentuklah pengurus Badan Eksekutif Orang Tua Murid (BEOM) yang disusun Perguruan Islam 5. Peran Serta Orang-tua Kehadiran orang tua / wali atas permintaan Kepala TK atau guru untuk masalah tertentu yang memerlukan keterlibatan orang tua murid tidak dapat diwakilkan oleh orang lain. Setiap konsultasi yang ingin dilaksanakan oleh orang tua murid / wali dengan kepala sekolah, psikolog, dan guru harus melalui perjanjian yang disampaikan melalui buku penghubung. Para orang tua / wali murid diharapkan membantu putra-putrinya untuk dapat melaksanakan tata tertib ini sebaik mungkin. Memotivasi anak di rumah, menyelaraskan dan mengembangkan kegiatan – kegiatan yang diperoleh dari sekolah seperti mengulang dan membiasakan putra/inya membaca surat pendek, doa dan kalimat thoyyibah yang telah dibiasakan di TK

25 SUMBER DAYA MANUSIA ( SDM ) 1. sumber daya manusia antara lain : 1 (satu) orang Kepala Sekolah 1 (satu) orang Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum 1(satu) orang Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan 6 (enam belas) orang Tim Guru terdiri dari : (a). 6 (enam) orang Guru Kelas (b). 6 (enam) orang Guru Pendamping (c). 1 (satu) orang Guru Bimbingan Penyuluhan (d). 1 (satu) orang Guru Pendidikan Agama Islam/Al-Qur’an (e). 1 (satu) orang Guru Seni Musik (f). 1 (satu) orang Kepala Tata Usaha (g). 1 (satu) orang Staf Tata Usaha (h). 2 (dua) orang Petugas Kebersihan (i). 1 (satu) orang Pengasuh/Pramubhakti

26 2. Profil Guru Sumber Daya Manusia ( dalam hal ini adalah guru ) adalah faktor penentu berkualitas atau tidaknya suatu sekolah 2. Pengembangan Guru Pelatihan Guru Mengadakan atau mengikuti Seminar/Lokakarya/Work shop baik Nasional maupun Internasional Melanjutkan pendidikan / jenjang studi yang lebih tinggi Pertemuan atau diskusi bersama (Coffee Morning, Forum Guru (Forgur)/Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), dll) Menjadi / mendatangkan narasumber pada suatu kesempatan Studi Banding / Observasi (dalam dan luar negeri) Magang Karyawisata dan wawasan lintas budaya. Pembinaan rutin. Menonton dan mengikuti diskusi film, teater, musik, pameran Kursus-kursus terkait dengan peningkatan profesionalisme, dll

27 10 TIPS KEGIATAN ADMINISTRASI ANAK DIDIK YANG HARUS DIPERHATIKAN MELIPUTI: 1. Penghimpunan Data 2. Pencatatan 3. Pelaporan 4. Pengarsipan (perawatan/penyimpanan) 5. Dikerjakan secara berurutan/sistematis 6. Bukan tugas yang sulit asal dikerjakan secara rutin 7. Hilangkan budaya menunda 8. Tidak harus dari bahan yang mahal sehingga menjadi alasan tidak membuat tapi butuh kreativitas 9. Tertib administrasi bukan milik sekolah yang maju atau perkotaan saja tapi berlaku bagi semua 10. Tidak punya komputer bukan menjadi alasan untuk tidak mengerjakan administrasi


Download ppt "MATERI DASAR-DASAR PENDIDIKAN RA / TK /BA/ PAUD/KB oleh MOH. YANI, S.Ag, MM,M.Pd.I Kriteria pemimpin yg baik (Wahjosumidjo) : 1.Adil ( Fairly) 2.Mampu."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google