Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

FE 2014. Business Plan to Enterprising Beberapa tips dalam memilih nama dan logo usaha: Memilih Nama & Membuat logo Menarik, Unik, dan Mudah DiingatMenyesuaikan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "FE 2014. Business Plan to Enterprising Beberapa tips dalam memilih nama dan logo usaha: Memilih Nama & Membuat logo Menarik, Unik, dan Mudah DiingatMenyesuaikan."— Transcript presentasi:

1 FE 2014

2 Business Plan to Enterprising

3

4 Beberapa tips dalam memilih nama dan logo usaha: Memilih Nama & Membuat logo Menarik, Unik, dan Mudah DiingatMenyesuaikan dengan bidang usaha anda Foto, nama, tempat atau daerah anda bisa menjadi bagian dari logo usaha Adanya slogan yang menjadi ciri khas Usaha Anda Memiliki nilai dan arti, sebagai motivator anda dalam berusaha Menghindari Kesamaan Nama dan Logo Usaha BRANDING (Merek Dagang) BRANDING (Merek Dagang)

5 Memilih Tempat Usaha “Perhitungkan Fixed Cost dan Profit usaha anda”

6 Membeli Perlengkapan “Maksimalkan Pengelolaan Cash Flow dan Hindari Pengeluaran yang tidak Terkontrol” “Saat memulai usaha, terkadang dalam pembelian perlengkapan seseorang akan jor-joran dalam membeli fasilitas perlengkapan baru dengan mengedepankan penampilan dibandingkan efisiensi finances.” Kurangnya Pengelolaan Cash Flow

7 Pemenuhan Alat Produksi Nike, Inc. adalah salah satu perusahaan sepatu, pakaian dan alat-alat olahraga Amerika Serikat yang merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Perusahaan Nike dengan mengandalkan Brand yang dimiliki, tidak memiliki pabrik produksi satu pun di seluruh dunia. Usaha Penyewaan Toga yang dikembangkan oleh Kelompok Wirausaha Mahasiswa “AS-GIFTeam” bekerjasama dengan salah satu perusahaan konveksi baju di Banjarbaru dengan sistem bagi Hasil. “ Prinsip yang harus dipertimbangkan oleh seorang Usahawan Muda adalah “Jika dapat disewa, mengapa harus Beli”, “Jika bisa dikerjakan dengan sistem kemitraan, mengapa harus berdiri sendiri”, “Jika bisa dibeli dengan sistem kredit, mengapa harus dibayar kontan”.

8 Perekrutan Pegawai

9 Training Persiapan & Uji Coba “Dalam Acara pembukaan Rumah Makan yang anda adakan, pada tahap awal para pegawai masih ragu-ragu bergerak, belum cekatan, dan mondar- mandir tidak karuan, makanan pun selalu datang terlambat. Ditambah lagi dengan ulah pelayan yang tanpa sengaja menumpahkan minuman ke pakaian salah satu tamu. Al-hasil, beberapa komentar tidak sedap bermunculan sebagai awal pencitraan usaha Rumah Makan anda.” Kesalahan Ada Pada Sistem Training…!!! Beberapa Tips yang bisa Anda Lakukan:  Ada tidaknya pegawai, anda harus melakukan Uji Coba.  Jika anda memiliki pegawai, latihlah mereka mengerjakan tugas mereka dalam keadaan ramai (under pressure).  Lakukan pencatatan waktu dan kendala yang dialami untuk didiskusikan dengan mereka.

10 Produksi Alat Promosi Banyak cara yang dapat dilakukan oleh seorang pengusaha pemula dalam mempromosikan usahanya antara lain: Penggunaan Media Cetak & Media Elektronik Pembuatan Brosur, X-Banner, Spanduk, Poster, Dll Pembuatan souvenir sebagai media promo, Membuat kartu nama Pembuatan design neon sign, Dll.

11 Pemilihan Legalitas Usaha Dalam pemilihan Legalitas Usaha dapat dilakukan dengan beberapa proses:  Untuk tahap awal, lakukan secara non-formal karena akan menghemat biaya set-up.  Jika anda khawatir logo dan brand anda dijiplak orang lain, dapat mendaftarkannya ke departemen pemerintahan terkait.  Meskipun tidak menggunakan PT atau CV, Anda tetap bisa ikut tender pada perusahaan besar dengan meminjam PT milik orang lain dengan memberikan service fee tertentu.

12 Peresmian Banyak pengusaha pemula yang menyalahartikan peresmian usaha dengan pembukaan yang glamor dan mewah sehingga melupakan sisi penting doa bersama dan sisi marketing yang dihasilkan. “Peresmian adalah hal yang penting dalam memulai usaha. Financial Planning Andalah yang menentukan seberapa badget anda dalam pelaksanaan acara tersebut”

13 Proses Tambahan WebsiteSeragam Membuat website untuk beberapa bidang usaha adalah mutlak Adanya pakaian seragam sangat berperan dalam peningkatan citra pegawai Gunakan Website yang free dan mudah bagi anda. Ex: Blogspot, dll Carilah cara untuk Menghemat. Ex: sponsorship dari para suplier anda. Alamat yang sesuai dengan nama perusahaan anda dapat meningkatkan pencitraan personal anda. Gunakan Kualitas sedang sampai murah untuk tahap awal.

14 Belajar dari Comman Mistakes “Experience is the Best Teacher” “Cara Terbaik mempelajari Comman Mistakes adalah berinteraksi langsung dengan pelaku usaha yang pernah mengalaminya. Pelajari Kiat-kiat mereka untuk bangkit dari kesalahan dan untuk memperbaiki kesalahan tersebut”

15 Tips Sukses Beberapa Pengusaha Sukses Indonesia K.H. Abdullah Gymnastiar Bambang N. Rachmadi Alim Markus (YAYASAN PESANTREN DAARUT TAUHID) Sukses Bisnis dengan Akhlak Jujur, Profesional, & Inovatif (McDonald’s Indonesia) Mr. Tonny McDonald’s Indonesia Franchise, franchise, & franchise; Coba, coba, & coba (MASPION GROUP) Kuasai detail & delegasi tugas; Punya kemampuan, kerja keras, disiplin, & ketekunan; dan Leadership

16 Tips Sukses Beberapa Pengusaha Sukses Indonesia Bob Sadino Jakob Oetama Hari Dharmawan (KEM CICK “ Koboi Farm Kem Cick”) Berikan Pelayanan terbaik; Manajemen Konflik; Kemauan, komitmen tinggi, keberanian mengambil peluang (GRAMEDIA GROUP “Si Raja Media”) Kerja keras; Tekad yang kuat; Konsisten; & Tulus (MATAHARI GROUP “Legenda Bisnis Matahari") Inovatif; Manfaat untuk Orang banyak; Kepuasan Pelanggan; Bisnis adalah bisnis; Mulai dari yang kecil

17 Tips Sukses Beberapa Pengusaha Sukses Indonesia Joseph T. Wuliandi Puspo Wardoyo Mooryanti Soedibyo (Pemilik JOGER T-Shirt Bali) Selalu ada ide baru; Sikap & Komitmen, Konsisten; Berorientasi kepada kebahagiaan (WONG SOLO) “Sukses berbisnis dengan Manajemen Konflik” Self Branding, Gencar Berpromosi: Manajemen Konflik (MUSTIKA RATU) “Ketekunan Kerja Penjual Jamu” Tekun, Sabar, & Semangat Maju

18 “Kesuksesan Berawal dari Mimpi”

19

20


Download ppt "FE 2014. Business Plan to Enterprising Beberapa tips dalam memilih nama dan logo usaha: Memilih Nama & Membuat logo Menarik, Unik, dan Mudah DiingatMenyesuaikan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google