Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGERTIAN Tuberculosis (TB Paru) Tuberkulosis adalah penyakit infeksi menular yang disebabkan oleh Mycobacterium tubeculosis. Kuman tersebut dapat menyerang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGERTIAN Tuberculosis (TB Paru) Tuberkulosis adalah penyakit infeksi menular yang disebabkan oleh Mycobacterium tubeculosis. Kuman tersebut dapat menyerang."— Transcript presentasi:

1

2 PENGERTIAN Tuberculosis (TB Paru) Tuberkulosis adalah penyakit infeksi menular yang disebabkan oleh Mycobacterium tubeculosis. Kuman tersebut dapat menyerang bagian-bagian tubuh seperti: paru-paru, sendi, usus, kelenjar limfe, selaput otan dan lain-lain.

3 PENYEBAB TUBERCULOSIS (TB Paru) Penyakit TB Paru disebabkan oleh kuman TB (mycobactorium tuberculose) kuman tersebut biasanya masuk kedalam tubuh melalui udara (pernapasan) kedalam paru-paru.

4 Tanda-tanda Tuberculosis (TB Paru) A. GEJALA RESPIRATORIK: 1. Batuk berdahak atau tidak selama lebih dari 3 minggu Gejala batuk timbul paling dini dan merupakan gangguan yang paling sering dikeluhkan. Mula-mula bersifat non produktif kemudian berdahak bahkan bercampur darah bila sudah ada kerusakan jaringan 2. Pernah batuk mengeluarkan dahak bercampur darah Darah yang dikeluarkan dalam dahak bervariasi, mungkin tampak berupa garis atau bercak-bercak darak, gumpalan darah atau darah segar dalam jumlah sangat banyak. Batuk darak terjadi karena pecahnya pembuluh darah. 3. Nyeri dada dan sesak napas Nyeri dada pada TB paru termasuk nyeri yang ringan. bila kerusakan parenkim paru sudah luas atau karena ada hal-hal yang menyertainya

5 B. GEJALA SISTEMIK: 1. Demam pada sore dan malam hari Merupakan gejala yang sering dijumpai biasanya timbul pada sore dan malam hari mirip demam influenza, hilang timbul dan makin lama makin panjang serangannya sedang masa bebas serangan makin pendek. 2. Keluar kringat dingin pada malam hari (tanpa ber- aktifitas) Gejala sistemik lain ialah keringat malam, anoreksia, penurunan berat badan serta malaise.

6 penyakit tuberculosis ini dapat menular kepada seseorang yang lainya melalui udara. Selain melalui udara TB Parru juga dapat menular melalui saluran pencernaan seperti makanan.

7 CARA PENCEGAHANNYA Gunakan masker untuk menghindari penularan melalui udara. Ketahuilah gejala gejalanya apabila curiga terinfeksi segera periksakan segera atau minum obat anti TB.

8 Cara pengobatan Tuberculosis TB Paru Pengobatan tuberkulosis terbagi menjadi 2 fase yaitu fase intensif (2-3 bulan) dan fase lanjutan (4-7 bulan). Paduan obat yang digunakan terdiri dari obat utama dan obat tambahan. Jenis obat utama yang digunakan sesuai dengan rekomendasi WHO adalah a, Streptomisin dan Etambutol. Sedang jenis obat tambahan adalah Kanamisin, Kuinolon, Makrolide dan Amoksisilin + Asam Klavulanat, derivat Rifampisin/INH.

9


Download ppt "PENGERTIAN Tuberculosis (TB Paru) Tuberkulosis adalah penyakit infeksi menular yang disebabkan oleh Mycobacterium tubeculosis. Kuman tersebut dapat menyerang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google