Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Page 1 Metode RAS. Page 2 Asumsi yang digunakan Jika perekonomian kita terdiri dari n sektor produksi, berarti matriks Z kita berdimensi nxn, dan matriks.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Page 1 Metode RAS. Page 2 Asumsi yang digunakan Jika perekonomian kita terdiri dari n sektor produksi, berarti matriks Z kita berdimensi nxn, dan matriks."— Transcript presentasi:

1 Page 1 Metode RAS

2 Page 2 Asumsi yang digunakan Jika perekonomian kita terdiri dari n sektor produksi, berarti matriks Z kita berdimensi nxn, dan matriks X kita berdimensi nx1. Dengan kata lain, untuk menghitung matirks teknologi A diperlukan sebanyak n 2 +n informasi (yaitu nxn elemen Z ditambah nx1 elemen X)

3 Page 3 Prinsip RAS Metode RAS berupaya menhasilkan matriks teknologi pada tahun 1, yang dinotasikan dengan A(1), berdasarkan suatu matriks teknologi pada tahun 0 yang dinotasikan dnegan A(0), tanpa harus memiliki n 2 +n informasi di tahun 1 tersebut Informasi yang diperlukan : 1.Vektor kolom berdimensi nx1 yang merupakan penjumlahan setiap baris matriks Z di tahun 1, dinotasikan U(1) 2.Vektor baris dimensi 1xn yang elemnennya merupakan penjumlahan setiap baris matriks Z di tahun 1. Notasinya V(1) 3.Matriks X di tahun 1, notasinya X(1).

4 Page 4 Metode RAS partial-survey Metode survei seringkali menjadi terlalu mahal untuk dapat membuat matriks transaksi input-output. Di samping itu pertanyaan yang harus dijawab oleh sektor usaha sangatlah rinci dan sulit Namun, metode non-survei seringkali dianggap terlampau sederhana untuk menangkap kondisi perekonomian daerah Metode partial-survey merupakan kompromi, di mana survey yang dilakukan tidak harus serinci metode survey. Sektor usaha tetap dimintakan informasi tentang struktur input-nya, tetapi tidak harus mengidentifikasi region asal input dan region penerima outputnya

5 Page 5 Matriks transaksi antara (A) Total input antara Total input Total output antara Nasional Regional Total input antara Total output antara Prinsip dasar metode RAS Total input

6 Page 6

7 Page 7

8 Page 8

9 Page 9

10 Page 10

11 Page 11

12 Page 12 Banyaknya tahapan tersebut tergantung pada si peneliti. Kriteria yang dipakai : |U(1) - U k | > nilai tertentu, atau |V(1) – V k | > nilai tertentu, misalnya 0.005


Download ppt "Page 1 Metode RAS. Page 2 Asumsi yang digunakan Jika perekonomian kita terdiri dari n sektor produksi, berarti matriks Z kita berdimensi nxn, dan matriks."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google