Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DitnagaDGHE Scholarship 20101 PROGRAM BEASISWA DITJEN PENDIDIKAN TINGGI Direktorat Ketenagaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DitnagaDGHE Scholarship 20101 PROGRAM BEASISWA DITJEN PENDIDIKAN TINGGI Direktorat Ketenagaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan."— Transcript presentasi:

1 DitnagaDGHE Scholarship PROGRAM BEASISWA DITJEN PENDIDIKAN TINGGI Direktorat Ketenagaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional Jakarta, Nopember 2010

2 DitnagaDGHE Scholarship DASAR HUKUM 1.Undang-undang RI No.14 th tentang Guru dan Dosen, PASAL 46 AYAT 2, yang mengamanatkan bahwa dosen harus memiliki kualifikasi akademik minimum: a)Lulusan program magister untuk program diploma atau program sarjana b)Lulusan program doktor untuk program pascasarjana Permen No. 42 th tentang sertifikasi dosen, dimana secara tegas menyebutkan bahwa dosen harus memiliki strata pendidikan minimal S2 untuk program S1/Diploma, dan minimal S3 untuk program pascasarjana

3 DitnagaDGHE Scholarship Tujuan Meningkatkan kualifikasi dosen melalui peningkatan jenjang akademiknya minimal satu tingkat lebih dari siswa yang diajarnya. Mencapai rencana strategis Ditjen Dikti untuk min. 70% dosen di Indonesia berpendidikan S2 atau S3. Meningkatkan jenjang akademik bagi kurang lebih 60 ribu dosen tetap di PTN/PTS yang masih berpendidikan S1.

4 DitnagaDGHE Scholarship Sasaran Meningkatkan kualifikasi para dosen PTN/PTS untuk memperoleh pendidikan S2/S3 di sekolah pascasarjana (PPs) dalam negeri ataupun perguruan tinggi luar negeri yang terakreditasi.

5 DitnagaDGHE Scholarship Program Beasiswa Dikti : A.Beasiswa Pendidikan Pascasarjana (BPPS) : - Alokasi BPPS PPs Penyelenggara - Alokasi BPPS PT Pengirim/Kopertis B.Beasiswa Luar Negeri : - Beasiswa S2/S3 - Program Sandwich-like - Program Akademik Recharging (PAR) - Program DDIP - Program Fulbright-Dikti

6 PPs/SPs Penyelenggara 1.Adanya alokasi PT Pengirim, TIDAK MENGURANGI jumlah alokasi PPs Penyelenggara, bahkan menambah jumlah. 2.Usulan BPPS PPs Penyelenggara akan terdiri dari usulan Alokasi BPPS PPs Penyelenggara dan Alokasi BBPS PT Pengirim/Kopertis yang lulus seleksi di PPs. 3.Dosen dengan alokasi PPs Penyelenggara akan memperoleh BBPSnya apabila yang bersangkutan lulus seleksi di PPs yang dituju, serta jumlahnya sesuai dengan kuota yang diberikan kepada PPs tersebut. PPs akan menentukan rangking/prioritas siapa yang berhak memperoleh BPPS Alokasi BPPS PPs Penyelenggara:

7 PPs/SPs Penyelenggara Perguruan Tinggi Negeri: No.Pascasarjana 1SYIAH KUALA 2USU 3UNIMED* 4UNAND 5UNP 6UNSRI 7UNILA* 8UI 9UNJ 10IPB 11ITB 12UNPAD 13UPI 14UNSOED* 15UGM No. Pascasarjana 16UNY 17ISI YOGYA 18UNDIP 19UNNES 20UNS 21ISI SURAKARTA* 22ITS 23UNAIR 24UNESA 25UB 26UM 27UNEJ* 28UNUD 29UNDIKSA* 30UNMUL No. Pascasarjana 31UNLAM* 32UNSRAT 33UNIMA* 34UNHAS 35UNM 36UNDANA* 37UNTAN* 38UNIB* 39UNJA* 40UNPATTI* 41UNTAD* 42UNPAR* 43UNG* 44UNRI* 45UNRAM* Ket : (*) Hanya menyelenggarakan program S2

8 PTS Penyelenggara BPPS untuk program S2: 1.Universitas Khatolik Atma Jaya Jakarta 2.Universitas Pakuan Bogor 3.Universitas Islam Nusantara Bandung 4.Universitas Muhammadiyah Surakarta 5.Universitas Islam Indonesia Yogya 6.Universitas Muhammadiyah Malang 7.Universitas Prof. DR. Hamka 8.Universitas Tarumanagara 9.Universitas Muslim Indonesia PPs/SPs Penyelenggara

9 1.PT/Kopertis dipacu untuk mempunyai rencana pengembangan SDM Dosen sesuai dengan kebutuhan PT tersebut. 2.Rektor PT/Kopertis mempunyai kewenangan untuk mengatur Strategi Pengembangan Dosen dan Strategi Pengembangan Bidang Keilmuan. 3.Dosen PT yang telah lulus seleksi mempunyai kepastian untuk melanjutkan pendidikan, karena sudah membawa BPPS alokasi PT yang bersangkutan. 4.Dosen alokasi PT Pengirim/Kopertis akan berhak mendapatkan BPPS sejauh ybs lulus secara akademik di PPs yang dituju BPPS PT Pengirim Alokasi BPPS PT Pengirim/Kopertis:

10 DitnagaDGHE Scholarship Beasiswa LN S2/S3 Dibiayai dengan dana APBN Terbuka bagi seluruh dosen tetap PTN maupun PTS untuk melanjutkan studi S2/S3 ke PT di luar negeri yang terakreditasi Usia maksimum 50 tahun. Memiliki nilai IELTS min. 5.5 atau ITP-TOEFL min 500. Memiliki unconditional LoA Durasi beasiswa adalah maks 2 tahun untuk S2 dan 3 tahun untuk S3. Beasiswa ini meliputi biaya hidup, biaya kedatangan, biaya pendidikan; buku, asuransi kesehatan, biaya registrasi, tiket PP, bantuan penulisan thesis dan seminar. Aplikasi/informasi detail dapat dilihat di ditnaga.dikti.go.id. Aplikasi dikirim secara online (beasiswa.dikti.go.id) dan berkas aplikasi dan no registrasi online dikirim ke Dit. Ketenagaan.

11 DitnagaDGHE Scholarship Beasiswa Sandwich-Like Dibiayai dengan dana APBN Terbuka bagi dosen PTN ataupun PTS yang saat ini sedang studi S3 di pascasarjana penyelenggara BPPS di seluruh Indonesia. Usia maksimum 50 tahun. Memiliki LoA, nilai IELTS min. 5.0 atau ITP-TOEFL min Bertujuan memberikan nuansa akademik yang dinamis di PT LN, membantu penyelesaian penelitian dan disertasi, studi literature, maupun sit-in class. Kegiatan Sandwich dilaksanakan antara 2-4 bulan. Beasiswa ini meliputi biaya hidup, bench-fee, buku, asuransi kesehatan,dan tiket PP.

12 DitnagaDGHE Scholarship Program of Academic Recharging (PAR) Dibiayai dengan dana APBN Terbuka bagi dosen tetap senior/guru besar PTN atau PTS untuk melakukan penulisan buku, artikel/draft dalam jurnal internasional, meng-update kembali berbagai materi pembelajaran (PAR-B), atau melakukan penelitian (PAR-C) di PT Luar Negeri yang terakreditasi. Kegiatan ini diharapkan juga membuka peluang kolaborasi di bidang penelitian maupun kerjasama U-to-U. Kegiatan dilaksanakan antara 2-4 bulan. Beasiswa meliputi biaya hidup, asuransi, biaya buku, bench-fee (untuk PAR-C), dan tiket PP.

13 DitnagaDGHE Scholarship Program DDIP 1.Program Double Degree Indonesia-Perancis (DDIP) untuk program S2 (1 tahun di Indonesia, 1 tahun di Perancis) dan S3 (1 tahun di Indonesia+1.5 tahun di Perancis+0.5 tahun di Indonesia). Saat ini perguruan tinggi di Indonesia pelaksana program DDIP : - UI : Teknik elektro, teknik sipil, dan teknik mesin - IPB : Ilmu pertanian - UNUD : Kajian Pariwisata - UNAIR : Ilmu Manajemen Selama di Indonesia didanai melalui BPPS. Selama di Perancis, pemerintah Indonesia membiayai biaya hidup, biaya kedatangan, buku, dan tiket PP, sedangkan pemerintah perancis menanggung biaya pendidikan, asuransi kesehatan.

14 DitnagaDGHE Scholarship Program DDIP Pada tahun 2009, Beasiswa DDIP untuk program S2 telah diberikan kepada dosen-dosen politeknik melalui program BPPS sebanyak 75 orang, untuk selanjutnya akan diseleksi sebanyak 50 orang. Pada tahun 2010, cakupan beasiswa DDIP diperluas untuk dosen-dosen PTS/PTN untuk program S2 dan S3. Alokasi yang disediakan melalui program BPPS adalah 90 orang S2 dan 45 orang S3, untuk selanjutnya akan diseleksi menjadi 60 orang S2 dan 30 orang S3. Untuk tahun 2010, pendaftaran dibuka dari tgl 1 April – 1 Juni 2010.

15 DitnagaDGHE Scholarship Program Fulbright-Dikti 2.Program Fulbright-Dikti Scholarship. Diperuntukkan bagi dosen PTN maupun PTS yang berminat studi S2 atau S3 ke USA. Beasiswa berasal dari pemerintah Indonesia, sedangkan pihak Aminef mengupayakan peningkatkan kemampuan bahasa inggris (TOEFL & GRE) calon, mencarikan perguruan tinggi, serta mengupayakan biaya pendidikan yang lebih rendah dari reguler.

16 Number of Participants of DGHE Overseas Scholarship Program NoCountryS2/S3SANDWICHPAR (2009)Total Total Total Total 1 Australia Austria Belanda Belgia Brazil China Czech Republic Denmark Hongkong Hungaria India Inggris Irlandia Italia Jepang Jerman Kanada Korea Selatan

17 Number of Participants of DGHE Overseas Scholarship Program NoCountryS2/S3SANDWICHPAR (2009)Total Total Total Total 19 Malaysia Mesir New Zealand Norwegia Pakistan Perancis Phillippina Rumania Rusia Saudi Arabia Singapura Slovak Spanyol Swedia Swiss Taiwan Thailand Turki USA T O T A L

18 DitnagaDGHE Scholarship Penerima Beasiswa Ditjen Dikti tahun 2010 No.ProgramJenjangpenerima 1.S2/S3 LN S2 dan S Sandwich-like S3 (dalam negeri) Academic RechargingDosen senior/ guru besar BPPSS2 & S3S2 : 3,397 S3 : 2,513 5DDIPS2 & S3S2 : 55 S3 : 27 6Fulbright-DiktiS314

19 DitnagaDGHE Scholarship TERIMAKASIH

20 PURWANTO SUBROTO Kasi Diklat Luar Negeri Hp DitnagaDGHE Scholarship


Download ppt "DitnagaDGHE Scholarship 20101 PROGRAM BEASISWA DITJEN PENDIDIKAN TINGGI Direktorat Ketenagaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google