Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

LaJolla Engineering Services Oleh : Ahmad Zakky Hayu Yolanda Utami Subo Sumbogo Jati.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "LaJolla Engineering Services Oleh : Ahmad Zakky Hayu Yolanda Utami Subo Sumbogo Jati."— Transcript presentasi:

1 LaJolla Engineering Services Oleh : Ahmad Zakky Hayu Yolanda Utami Subo Sumbogo Jati

2 Case Overview La Jolla adalah perusahaan jasa multinasional dengan reputasi yang baik dalam desain sistem dan konstruksi sumber daya listrik. Aktivitas La Jolla baru baru ini difokuskan di 4 negara : Argentina, Jamaika, Venezuela dan Meksiko.

3 Setelah mengambil alih sebagai CFO pada divisi Engineering Equipment pada bulan maret 2004, Megan O’ Connor mendapati bahwa subsidiari divisi enginering equipment di latin amerika merupakan sumber kerugian dan ancaman terbesar bagi pertumbuhan pendapatan. Bagian yang tidak biasa dari permasalahan ini adalah bahwa baik kerugian dan ancaman tersebut muncul dari translasi mata uang.

4 LaJolla 2004 Operasi perusahaan-perusahaan di Amerika Latin merupakan poin utama, seiring dengan kebanyakan mata uang negara-negara Amerika Latin telah melemah terhadap dollar, meskipun dollar sendiri juga melemah terhadap euro. Jamaica, Venezuela, dan Mexico masing- masing menghadapi permasalahannya dan tantangannya sendiri, namun semua penyesuaian translasi yang dihadapi menjadi ancaman bagi LaJolla.

5 Jamaica. Perusahaan menegosiasikan persetujuan risk- sharing. Persetujuan ini merestrukturisasi hubungan dimana LaJolla akan melanjutkan untuk menerima pembayaran dalam mata uang lokal, dua perusahaan akan membagi setiap perubahan dalam tingkat nilai tukar dimulai dari kuartal pertama 2003 ketika dicatat sebagai invoiced tetapi penurunan Jamaican dollar telah menciptakan kerugian translasi yang substansial untuk LaJolla di Jamaica (Pada Exhibit A)

6 Exhibit A

7 Exhibit B

8 Mexico Mexican peso stabil selama beberapa tahun, namun mulai jatuh terhadap dollar di tahun 2002 dan 2003 (Exhibit B). LaJolla telah memulai operasi subsidiari nya di Mexico pada awal 2000, meskipun kerugian translasi di Mexico tumbuh lebih cepat daripada perkiraan.

9 Exhibit C

10 Venezuela krisis politik di Venezuela melingkupi kepemimpinan presiden Hugo Chavéz sangat berdampak pada Venezuelan Bolivar (Exhibit C). LaJolla tidak hanya menderita karena penurunan US dollar dalam operasi Venezuela nya, namun terus mengalami goncangan akibat keterlambatan pembayaran dari berbagai agen- agen pemerintahan yang mendapat jasa dari perusahaan tersebut.

11 Do you believe Meaghan O’Connor should spend time and resources attempting to managing translation losses, what many consider purely an accounting phenomenon? Meskipun perdebatan ini masih berlanjut, banyak pula industri yang tidak memperdebatkan hal ini : mereka justru mencoba mengatasinya. Kinerja Meaghan O’ Connor dinilai terutama melalui hasil laporan keuangannya, yang sebenarnya merupakan fungsi dari treatment akuntansi. Dia – seperti kebanyakan orang dengan posisi tanggung jawab dan ekspetasi akan kinerja – akan berusaha sebaik mungkin untuk memaksimalkan keuntungan unitnya. Artinya menentukan pemicu (driver) dari translation losses ini dan mengatasinya sehati-hati mungkin.

12 How would you characterize or structure your analysis of each of the individual country-threats to La Jolla? Jamaica. Unit bisnis Jamaica adalah fungsional mata uang lokal (Jamaican dollar), yang selama itu terdepresiasi terhadap US dollar. Balance sheet bisnis unit Jamaika akan terus menjadi sumber translation losses (diteruskan ke rekening CTA (cumulative translation adjustment) milik LaJolla sendiri)), selama tingkat nilai tukar terus mengikuti current trend. Persetujuan risk-sharing mata uang yang dimiliki bisnis tersebut dengan konsumen Jamaika akan dapat melindungi nilai US dollar dari sales dan earning bisnis Jamaika. Yang pada kenyataannya merupakan solusi dari operating exposure.

13 Mexico. Ini lebih cenderung kepada isu manajemen daripada isu finansial. Karena bisnis di Mexico relatif baru, artinya tingkat nilai tukar historis untuk kebanyakan aset non-moneter bisnis Mexico relatif baru, translation lossses seharusnya tidak sebesar itu dalam foreign exchange. Hal ini bisa terjadi jika translation dilakukan dengan benar. Meskipun ada ketidakcukupan informasi untuk membuat keputusan yang tepat disini, masalahnya terutama karena menggunakan serangkaian rekening Mexico yang tidak tepat (index balance sheet Mexican Peso daripada seperti yang digunakan pada praktek akuntansi di US) atau bahwa financial controller Mexico tidak melakukan translation dengan tepat. Kebanyakan MNC akan memecahkan permasalahan dengan menyewa akuntan eksternal untuk melakukan review pada laporan keuangan dan praktek akuntansi.

14 Venezuela. Penurunan Bolivar Venezuela, mata uang lokal, adalah driver dari translation losses. Kegagalan Venezuela untuk membayar – selalu telat membayar – sehingga bolivar akhirnya selalu terlambat diterima, hal ini menambah masalah pada kerugian mata uang (keterlambatan pembayaran menyebabkan berlanjutnya kerugian transaksi/operating). Proposal untuk merubah denominasi mata uang dalam pembukuan Venezuela murni hanya cosmetic change, karena setiap subsidiary yang dibentuk di negara tersebut akan membuat pembukuan bolivar untuk tujuan pembayaran pajak ke pemerintah. Proposal untuk memindahkan subsidiary di lepas pantai (offshore) akan jelas-jelas menghilangkan translation losses di masa yang akan datang (setelah sepenuhnya melikuidasi subsidiary Venezuela sekarang untuk memindahkannya di lepas [antai), namun juga akan menyebabkan pemerintah menutup bisnis tersebut.

15 What specific features of their individual problems seems to be intertwined with currency issues? What would you recommend that Meaghan do? Jamaica. Meaghan akan menerima situasi ini. Kerugian CTA muncul dari balance sheet subsidiary, bukan dari earning yang berjalan. Persetujuan risk- sharing akan melindungi cukup besar dari hasil operasi yang sedang berjalan. Mexico. Situasi ini menuntut Meaghan bergerak cepat untuk memecahkan isu dan kebingungan. Dia mungkin saja mempekerjakan akuntan atau auditor eksternal, atau merekrut pegawai berbahasa Spanyol untuk mereview operasi Mexico. Namun masalah ini harus dipindahkan dengan cepat dan agresif.

16 Venezuela. Alternative Meaghan sebenarnya adalah sederhana untuk melanjutkan menekan partner yang selalu terlambat membayar, dan mungkin lambat laun merubah fixed plant & equipment – aset jangka panjang subsidiary Venezuela – untuk mengurangi translation losses di masa yang akan datang.


Download ppt "LaJolla Engineering Services Oleh : Ahmad Zakky Hayu Yolanda Utami Subo Sumbogo Jati."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google