Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

INJEKSI INTRA MUSCULAR DISUSUN OLEH : NAZMUL AWWALIAH NIM : 1.13.060 RESTI ANDARANI NIM : 1.13.074.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "INJEKSI INTRA MUSCULAR DISUSUN OLEH : NAZMUL AWWALIAH NIM : 1.13.060 RESTI ANDARANI NIM : 1.13.074."— Transcript presentasi:

1 INJEKSI INTRA MUSCULAR DISUSUN OLEH : NAZMUL AWWALIAH NIM : RESTI ANDARANI NIM :

2 APA ITU IM (INJEKSI INTRA MUSCULAR) ?

3 Injeksi intramuskular adalah injeksi yang menghantarkan obatke otot tertentu melalui kulit dan jaringan subkutan.

4 Lokasi yang dapat diberikan obat via IM pada klien dewasa adalah Vastus lateralis, Vetrogluteal, Dorsogluteal dan Deltoid. Sedangkan pada anak-anak adalah Gluteus medius, Ventrogluteal, dan yang paling disukai adalah Vastus lateralis karena tidak ada syaraf dan pembuluh darah di area tersebut.

5 Pemilihan lokasi IM Usia PasienLokasi yg direkomendasikan BayiVastus lateralis Balita dan anakVastus lateralis atau deltoid DewasaVentroglutenal atau deltoid Jenis ObatLokasi yang direkomendasikan Bahan biologis (bayi dan anak kecil)Vastus lateralis Bahan biologis (anak besar dan dewasa)Deltoid Hepatitis B/RabiesDeltoid Formulasi DepotVentrogluteal Obat bersifat iritatif, kental, berminyakVentrogluteal

6 Posisi pasien saat dilakukan IM Lokasi InjeksiPosisi Pasien Deltoid Pasien dapat duduk atau berdiri. Anak dapat dipegang di pangkuan orang dewasa. Ventrogluteal Pasien dapat berdiri, duduk, berbaring miring, atau berbaring terlentang. Vastus lateralis Pasien dapat duduk atau berbaring terlentang. Bayi dan anak kecil dapat dipegang di pangkuan orang dewasa.

7 8/21/2014

8

9

10

11 PERALATAN : 1.Daftar obat 2.Alat tulis 3.Perlak dan Pengalas 4.Sarung Tangan Bersih 5.Bengkok 6.Obat Injeksi 7.Spuit 8.Jarum Sesuai Usia dan Keadaan Pasien

12 TREIS BIEN MERCI


Download ppt "INJEKSI INTRA MUSCULAR DISUSUN OLEH : NAZMUL AWWALIAH NIM : 1.13.060 RESTI ANDARANI NIM : 1.13.074."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google