Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

E T N O G R A F I Desain Penelitian Kualitatif Pendidikan dan Manajemen Pendidikan Moh. Ikhwanul Huda NIM. 201 220 240 211 089.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "E T N O G R A F I Desain Penelitian Kualitatif Pendidikan dan Manajemen Pendidikan Moh. Ikhwanul Huda NIM. 201 220 240 211 089."— Transcript presentasi:

1 E T N O G R A F I Desain Penelitian Kualitatif Pendidikan dan Manajemen Pendidikan Moh. Ikhwanul Huda NIM

2 PENGERTIAN ETNOGRAFI Spradley (1980) Spradley (1980) Etnografi adalah suatu metode atau pendekatan penelitian, sebagai nama lain dari penelitian kualitatif atau naturalistik. George Spindler (1982) George Spindler (1982) Etnography is the field arm of anthropology. Sutopo (1988) Sutopo (1988) Etnografi adalah deskripsi analitik atau rekonstruksi pemandangan budaya (cultural scene) dan kelompok secara utuh. (Preissle-Goetz dan LeCompte dalam Sutopo, 1988) (Preissle-Goetz dan LeCompte dalam Sutopo, 1988) Dalam penelitian kualitatif, etnografi merupakan bentuk yang menonjol, istilah etnografi digunakan sebagai salah satu bentuk penelitian (di samping sebagai desain atau rancangan penelitian) yang meliputi penelitian kualitatif, penelitian studi kasus, penelitian kancah, ataupun penelitian antropologi.

3 PERKEMBANGAN ETNOGRAFI  Awal etnografi dimulai pada akhir abad ke-15. Berkaitan dengan misionaris dan dimanfaatkan untuk berlanjutnya pemerintahan kolonial atau penjajahan. Sills (1968) menyebut perian itu sebagai pioner peradaban.  Abad ke-19, dikembangkan catatan perjalanan. Sejumlah museum mengumpulkan dokumen resmi yang menjadikan kajian etnografi dikerjakan lebih berprosedur dan terorganisasi.  Akhir Perang Dunia 1 banyak bahan etnografi dari berbagai kawasan dunia yang diterbitkan.  Sebelum Perang Dunia II. Sekitar tahun Etnografi dimantapkan menjadi kegiatan lapangan yang lebih profesional.  Sekitar tahun 1930-an. Untuk melengkapi kebutuhan informasi bereupa analisisperadaban dan pengujian hipotesis yang menghasilkan berbagai format baku. Berbagai format semacam itu dikembangkan di Universitas Yale (Amerika Serikat) pada tahun 1938 berupa Outline of Cultural Materials.  Etnografi sesudah tahun 1950, atau sesudah Perang Dunia II mulai perhatian terhadap kajian-kajian yang lebih teoritis dan metodologis.

4 METODOLOGI PENELITIAN ETNOGRAFI Metodologi penelitian etnografi merupakan prosedur yang menghasilkan data diskriptif seperti tuturan orang atau perilaku lainnya yang nampak. Kesimpulan terhadap suatu kebudayaan dilakukan oleh para peneliti etnografi melalui tiga sumber yaitu : Dari apa yang dikatakan orang Dari apa yang dilakukan orang Dari artifak yang digunakan orang

5 PROSEDUR PENELITIAN ETNOGRAFI Karakteristik penelitian kualitatif dalam menetapkan prosedur penelitian etnografi diinventariskan sebagai berikut : Sumber data diperoleh dari latar alami Peneliti adalah instrument kunci Laporannya sangat diskriptif Analisisnya bersifat induktif Verivikasi data dilakukan melalui trianggulasi Partisipan dilakukan sejajar dengan peneliti Sampelnya bersifat purposif Disain penelitiannya berkembang dilapangan Interprestasi datanya idiografik Aplikasinya tentatif Terdapat kemungkinan adanya data kuantitatif disamping data kualitatif Lebih mementingkan proses selain hasilnya

6 ETNOGRAFI PENDIDIKAN Unit observasi dalam kajian etnografi pendidikan secara specifik adalah kelas, dan bisa meluas sampai ke sekolah. Rasional dibalik penggunaan etnografi adalah adanya keyakinan dasar penelitian, yaitu bahwa perilaku secara signifikan dipengaruhi oleh lingkungan dimana perilaku itu berlangsung.


Download ppt "E T N O G R A F I Desain Penelitian Kualitatif Pendidikan dan Manajemen Pendidikan Moh. Ikhwanul Huda NIM. 201 220 240 211 089."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google