Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KELOMPOK 1 A - AN WINA NURUL AIDA -- DINI RIZKI LESTARI -- IKA MACHMUDAH - SISKA WILLIANDINI - SWAESTY DARAWATY - YULI DAYANTI KELOMPOK 1 A - AN WINA NURUL.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KELOMPOK 1 A - AN WINA NURUL AIDA -- DINI RIZKI LESTARI -- IKA MACHMUDAH - SISKA WILLIANDINI - SWAESTY DARAWATY - YULI DAYANTI KELOMPOK 1 A - AN WINA NURUL."— Transcript presentasi:

1 KELOMPOK 1 A - AN WINA NURUL AIDA -- DINI RIZKI LESTARI -- IKA MACHMUDAH - SISKA WILLIANDINI - SWAESTY DARAWATY - YULI DAYANTI KELOMPOK 1 A - AN WINA NURUL AIDA -- DINI RIZKI LESTARI -- IKA MACHMUDAH - SISKA WILLIANDINI - SWAESTY DARAWATY - YULI DAYANTI

2 DEFINISI ATURAN INOVASI Menurut kami aturan inovasi merupakan suatu kajian yang membahas tentang panduan atau cara- cara atau langkah- langkah berupa aktivitas yang sistematis dalam menerapkan inovasi agar dapat diwujudkan dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan perubahan.

3 BAGAIMANA LANGKAH ATURAN INOVASI?

4 Menurut Prof Udin Syaefudin Sa’ud dalam bukunya yang berjudul Inovasi Pendidikan (2010,71-82) bahwa langkah-langkah aturan inovasi meliputi sebagai berikut: Buatlah rumusan yang jelas tentang inovasi yang akan diterapkan Gunakan metode atau cara yang memberikan kesempatan untuk berpartisipasi secara aktif dalam usaha merubah pribadi maupun sekolah Gunakan berbagai macam alternatif pilihan (option) untuk mempermudah penerapan inovasi Gunakan data atau informasi yang sudah ada untuk bahan pertimbangan dalam menyusun perencanaan dan penerapan inovasi

5 Gunakan tambahan data untuk mempermudah fasilitas terjadinya penerapan inovasi Gunakan kemanfaatan dari pengalaman sekolah atau lembaga yang lain. Dunia berbuatlah secara positif untuk mendapatkan kepercayaan Menerima tanggung jawab pribadi Usahakan adanya pengorganisasian kegiatan yang memungkinkan terjadinya kepemimpinan yang efektif. Mencari jawaban atas beberapa pertanyaan tentang inovasi di sekolah

6 Berikut aturan inovasi Menurut Yudi Flasher dalam blognya yang berjudul aturan inovasi Menggunakan kepemimpinan yang kuat pada strategi inovasi dan keputusan portofolio. Melaraskan jumlah dan tipe inovasi dengan bisnis perusahaan Mengelola tegangan alami antara kreativitas dan penyerapan nilai. Menetralkan antibodi organisasional Menyadari bahwa unit dasar (atau tembok bangunan fundamental)inovasi adalah jaringan yang melibatkan orang – orang dan pengetahuan yang berada di dalam dan di luar organisasi. Menciptakan ukuran dan penghargaan yang tepat untuk inovasi.

7 aturan-aturan inovasi yang dipaparkan oleh Robert Brands, penulis buku“Robert’s Rules of Innovation: A 10-Step Program for Corporate Survival” berikut ini:inovasi  Tebarkan inspirasi  Jika tidak ada resiko, tidak ada inovasi  Proses new-product development  Ownership  Value creation  Akuntabilitas  Pelatihan dan pengkaderan  Manajemen ide  Lakukan observasi dan pengukuran  Hasil baru, reward baru

8 Manfaat aturan inovasi Sebagai panduan yang dapat mengarahkan seorang atau organisasi untuk mengimplementasikan inovasi Untuk memudahkan seorang innovator dalam mengontrol seluruh rangkaian kegiatan yang ditempuh saat melaksanakan inovasi Aturan inovasi sebagai alat untuk mencapai tujuan dalam berinovasi Aturan inovasi menjelaskan rambu-rambu dalam melaksanakan kegiatan inovasi

9 PROBLEMATIKA Salah satu implikasi aturan inovasi dalam bidang pendidikan adalah kurikulum. Di Indonesia, beberapa kali mengalami perbaikan kurikulum, diantaranya kurikulum 1994 yang pada gilirannya diganti dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi tahun Penerapan KBK pun disekolah tidak bertahan lama karena dua tahun kemudian, tepatnya 2006 pemerintah Indonesia meluncurkan kurikulum baru yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) sebagai penyempurna dari kurikulum sebelumnya. Perlu dipahami pula, perubahan kurikulum dari masa ke masa menyangkut perubahan structural dan perubahan konsepsional dan kini juga akan dikenalkan dengan kurikulum baru yaitu kurikulum 2013.

10 Perbandingan 1 B Rules of inovation Inovasi proses hasil pemanfaatan, mobilitasi pengetahuan yang baru Aturan inovasi: Bagaimana kita menemukan cara untuk melakukan cara dengan lebih baik dari manfaat perubahan tsb 4 aturan: 1.Buat sebuah komitmen dan umpan balik dan apa perubahan yang dilakukan 2.Berikan penghargaan kepada seseorang yang memberikan ide 3.jangan terlalu mengekang pemikiran anggota 4.Melatih diri dan orang sekeliling Tujuan dari aturan inovasi: Membantu memilih waktu yang tepat melaksanakan inovasi dilaksanakan Contoh kasus: dosen melakukan inovasi pembelajaran.

11 pertanyaan 1.Nurul Aturan: tahap pembuatan matriks apakah ada aturan tersendiri untuk membuat perencaan, pelaksanaan dan evaluasi? 2. anmal: langkah, manfaat, masalah? Aturan inovasi baik di pendidikan atau bisnis ada aturan tersendiri tak? Adakah pedoman khusus bagi pendidikan atau khusus dari bisnis.... Tidak ada aturan baku bagi aturan..relatif.. 3. novia: Kenapa milih aturan itu? Analisis kelebihan dan kekurangan aturan inovasi yang diambil? Buku prof udin kelebihannya adalah sasaran pembahasannya adalah langsung mengerucut pda pendidikan, sistematis dan rasional. kelemahan: perencanaan- evaluasi inovasi yang kurang komprehensif. Referensinya dari buku di negeri orang.... Referensi lain kelebihan dan kekurangannya: umum bisa diterapkan oleh para inovator 4. Deta: ada tak contoh nyata yang mengikuti aturan inovasi. 5. Erlisa: inti yang dapat dijadikan pedoman dalam melaksanakan inovasi? Perancanaan, pelaksanaan dan evaluasi ?

12 Kelompok 2 Continous Innovation Loop Tahapan inovasi: 1.Assessment penilaian, Kemampuan mengelola inovasi, menganalisis negara maju, menganalisis kesenjangan, kematangan peta pengelolaan inovasi 2. People Menganalisis SDM, sponsor, fsilitator, selection boards, practitioners 3. Strategic processes, pelatihan dan pendidikan, budaya manajemen perubahan, komunikasi, penghargaan/pengakuan sistem 4. Tactical proces: identifikasi masalah, strategi dalam pemaparan gagasan,penyaringan dan menyeleksi ide, proyek atau jabatan manajemen 5. tahap operasional, pelaksanaan perencanaan, analisis resiko, pengumpulan data analisis matriks, biaya keuntungan analisis kurva kas.benefit, hal-hal yang esensial, benefit cost, pendidikan, inovasi ini merupakan kepuasan mutu, atau dampak terhadap perubahan 3 ranah atau domain siswa.


Download ppt "KELOMPOK 1 A - AN WINA NURUL AIDA -- DINI RIZKI LESTARI -- IKA MACHMUDAH - SISKA WILLIANDINI - SWAESTY DARAWATY - YULI DAYANTI KELOMPOK 1 A - AN WINA NURUL."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google