Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Terdapat lima persyaratan mendasar bagi seorang yang berprofesi humas (Public Relations), seperti yang dikemukakan Jefkins (1988) : 1. Ability to Communicate.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Terdapat lima persyaratan mendasar bagi seorang yang berprofesi humas (Public Relations), seperti yang dikemukakan Jefkins (1988) : 1. Ability to Communicate."— Transcript presentasi:

1

2 Terdapat lima persyaratan mendasar bagi seorang yang berprofesi humas (Public Relations), seperti yang dikemukakan Jefkins (1988) : 1. Ability to Communicate 2. Ability to Organize 3. Ability to get on with people 4. Personal Integrity 5. Imagination

3  Mampu berkomunikasi dengan baik terhadap orang yang memiliki aneka ragam karakter. Itu berarti harus mampu dan mau berusaha memahami, serta terkadang berusaha untuk bersikap setoleran mungkin kepada setiap orang yang dihadapinya tanpa harus menjadi penakut atau penjilat (dalam bukunya Frank Jefkins : Public Relations)  Kemampuan berkomunikasi sebagai communication is practice or communication is art (sebagai komunikasi praktis atau seni berkomunikasi) mutlak dimiliki seorang Public Relations Officer (PRO).

4  Kemampuan mengorganisasikan dapat diartikan sebagai kemampuan manajerial, yang dapat mengelola program PR mulai dari Fact Finding, Planning, Communicating dan Evaluating.  Kemampuan ini juga berarti mampu mengantisipasi masalah di dalam dan di luar organisasi atau perusahaan, serta mampu menyusun rencana kegiatan dan melaksanakan kegiatannya, termasuk pula membuat anggaran.  Kemampuan mengorganisasikan membuat seorang PR selalu berpikir, membuat rencana, membuat laporan, dan mengevaluasi setiap program yang telah dijalaninya.

5  Kemampuan ini dapat diartikan sebagai kemampuan menciptakan networking dengan berbagai pihak yang berkaitan dengan organisasi/perusahaan atau kegiatan PR itu sendiri. Berbagai unsur publik tentunya menciptakan hubungan yang lebih dalam dan akrab sehingga para relasi dapat mendukung berbagai program PR.

6  Kejujuran harus tetap melandasi seseorang yang menjadi profesi apapun, termasuk Public Relations (PR), karena aspek ini yang dapat membentuk kredibilitas (kepercayaan) orang lain terhadap PR maupun perusahaan tempat PR itu bekerja.

7  Profesi PR haruslah seseorang yang penuh dengan gagasan atau ide-ide, mampu memecahkan problem yang dihadapi, mampu menyusun rencana yang orisinal dan dapat mengembangkan imajinasi untuk melahirkan kreativitas-kreativitas kerjanya.  Kreativitas ini bisa mencakup berbagai kegiatan seperti mengelola Special Events PR, pembuatan House Journal.

8 Untuk bekerja di Humas, diperlukan motivasi, kemampuan dan kestabilan emosi.  Dapatkah anda bekerja di bawah tekanan ?  Apakah anda menyukai situasi yg penuh tantangan ?  Dapatkah anda menerima kritik ?  Apakah anda mampu mengorganisasikan ?  Apakah anda dapat bekerja dengan baik bersama orang lain ?  Apakah anda merasa cakap dalam berkomunikasi ?  Apakah anda memiliki imajinasi yang baik ?

9  Apakah anda peka terhadap perasaan orang lain ?  Mampukah anda menarik keputusan dengan segera, kemudian melaksanakannya ?  Apakah anda memiliki pertimbangan yang baik ?  Apakah anda memiliki kecakapan dalam hal kepemimpinan ?  Apakah anda seorang “penjual” yang baik ?  Bersediakah anda bekerja dengan paruh waktu yang tak teratur ?  Apakah anda senang melaksanakan beberapa macam pekerjaan, secara bersamaan.


Download ppt "Terdapat lima persyaratan mendasar bagi seorang yang berprofesi humas (Public Relations), seperti yang dikemukakan Jefkins (1988) : 1. Ability to Communicate."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google