Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KELOMPOK 8 UKM Aini maskuro (0910211107) Halimatus sa’diyah (0910211066) Siti hasanah (0910211073) Dian nuriyanti (0910211075) Arizal irawan (0910211082)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KELOMPOK 8 UKM Aini maskuro (0910211107) Halimatus sa’diyah (0910211066) Siti hasanah (0910211073) Dian nuriyanti (0910211075) Arizal irawan (0910211082)"— Transcript presentasi:

1 KELOMPOK 8 UKM Aini maskuro ( ) Halimatus sa’diyah ( ) Siti hasanah ( ) Dian nuriyanti ( ) Arizal irawan ( ) Siti aminah ( ) Ana muslikha ( )

2 PENDAHULUAN Latar belakang Pembicaraan serius di dunia dewasa ini, selain karena faktor kesehatannya yang sangat menggangu baik bagi perokok aktif maupun pasif. rokok seakan-akan telah menjadi hak asasi sehingga beberapa undang-undang pelarangan merokok di depan umum, kenaikan pajak bea cukai rokok hanya menjadi “panas-panas" tahi ayam di negeri ini”. banyak orang yang protes dengan lahirnya undang-undang yang berhubungan dengan rokok dikarenakan ketakutan para maniak rokok akan sulit mendapatkan 'ganja' ini di pasaran, namun semua ini di bungkus dengan isu akan banyak pabrik rokok yang tutup sehingga akan menyebabkan hampir berjuta-juta pekerja di indonesia menjadi pengangguran. Pemerintah menjadi dilema karena ketakutannya akan meningkatnya jumlah pengangguran dilain pihak indonesia harus berhasil mewujudkan indonesia sehat 2010 dan indonesia bebas tembakau 2022.

3 Rumusan masalah  Untuk mengetahui cara-cara pengelolaan limbah di Industri Kecil Menengah (UKM).

4 Tujuan  Menjelaskan cara-cara pengelolaan limbah di Industri Kecil Menengah (UKM).

5 Sejarah Perusahaan Gagak Hitam Perusahaan Gagak Hitam adalah perusahaan rokok yang terletak didaerah Bondowoso dan berdiri pada tanggal 16 Desember 2004 pendiri pertama adalah P.H. Wasil Bellaulah seorang pahlawan bagi perusahaan Gagak Hitam,

6 perusahaan ini di beri nama Gagak Hitam karena pada masa kecilnya P.H Wasil Bellaulah punya beberapa sahabat dan kemudian mereka memberi nama group mereka dengan Gagak Hitam sebagai tanda keakrabatan mereka.

7 Pada awalnya P.H. Wasil bermodal 20 juta untuk mendirikan perusahaan Gagak Hitam dan uang itu, merupakan uang pribadinya dengan uang itulah kesuksesan yang luar biasa, dan perharinya dapat menghasilkan 150 juta di pemasaran menghasilkan 200 bal perhari, mulai sari awal sampai sekarang pendapatannya sudah mencapai 20 m. Seorang karyawan di gaji menurut kapasitasnya jika kapasitasnya tinggi maka gajinya juga tinggi dan begitu pula sebaliknya.

8 Berbicara tentang perusahaan rokok maka kita perlu tahu Beberapa kandungan rokok yang bisa menyebabkan penyakit kronis Kebiasaan merokok memang mengasyikkan. Tanpa sadar berbagai macam racun berbahaya dalam kandungan rokok masuk ke dalam tubuh, memicu menjangkitnya kanker dan beberapa penyakit kronis lainnya.

9 Di dunia setiap tahunnya ditemukan 2,2 juta kematian akibat Penyakit Paru Obstruksi Kronik (PPOK). Dan penyakit itu mereka dapat dari kebiasaan merokok yang sudah mereka lakukan selama bertahun-tahun. Angka kematian akibat rokok ini setiap tahun akan terus meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah perokok.

10 Secara keseluruhan rokok adalah campuran senyawa kompleks yang dihasilkan oleh pembakaran tembakau dan adiktif. Terlepas dari stimulan nikotin biasa, asap rokok juga mengandung tar yang terdiri dari lebih dari 4000 bahan kimia termasuk sekitar 60 bahan kimia karsinogenik yang berbahaya. Hampir semua jenis zat tersebut mematikan. Zat-zat inilah yang menyebabkan penyakit paru-paru, jantung, emphysema dan penyakit berbahaya lainnya.

11 Pembuangan limbah. Pembuangan limbah kertas ambri dan kertas paket packing rokok dibuang ditempat sampah sekitar pabrik setelah banyak lalu dibakar. Daur ulang limbah Diperusahaan rokok gagak hitam tidak dilakukan daur ulang limbah dan dikelola,karena limbahnya hanya berupa kertas,kertas itu setelah banyak dibakar oleh petugas yang bekerja pada bagian itu.

12 Frekuensi pembuangan limbah Frekuensi pembuangan limbah kertas tidak menentukan waktu pembuangan,namun ditunggu hingga banyak. Waktu pembuangan Waktu pembuangan limbah juga tidak menentu,karena menunggu limbah yang terdiri dari kertas itu banyak kemudian dibakar.

13 Pengaruh limbah sampah berupa kertas tersebut secara global tidak menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan karena kuantitas hanya sedikit Pengaruh limbah bagi kesehatan Limbah tidak berpengaruh pada kesehatan manusia dan organisme lainnya,karena hanya berupa kertas.

14 Keluhan masyarakat mengenai limbah Sejauh ini selama perusahaan berdiri mulai tahun 2004 sampai sekarang tidak ada keluhan dari masyarakat sekitar mengenai limbah yang dihasilkan perusahaan.

15 Biaya yang diperlukan untuk mengelola limbah Biaya pengelolaan dengan dibakar hampir tidak membutuhkan biaya karena hanya bermodal korek api saja untuk membakar limbah dari perusahaan rokok.

16 Namun praktikan menemukan hal negatif digudang produksi penangkaran tembakau dan digudang penyimpanan tembakau,bau tembakau sangat menyengat. para pekerja hanya 1-2 orang saja yang memakai masker padahal perusahaan sudah menyediakan masker namun para pekerja tidak mau memakainya dikarenakan sesak(pak samsul).

17 Memang untuk jangka yang dekat efek nikotin yang pekat pada tembakau yang diadiktif zat lain belum terlihat

18 Perusahaan juga memberikan jaminan kesehatan yaitu setiap karyawan yang bertugas digudang penangkaran tembakau untuk diperiksa secara medis dipuskesmas terdekat dan hasilnya tidak ditemukan keluhan.

19 KESIMPULAN Pada perusahaan rokok(Gagak hitam di Bondowoso)tidak dilakukan daur ulang atau dikelola karena limbahnya hanya kertas ambri dan kertas paket packing rokok yang dibuang ditempat sampah sekitar pabrik,setelah banyak limbah itu dibakar oleh petugas.

20 DAFTAR PUSTAKA dungan-rokok/ dungan-rokok/ kandungan-zat-berbahaya-dalam-rokok.html kandungan-zat-berbahaya-dalam-rokok.html n-dalam-rokok/ n-dalam-rokok/ kandungan-kimia-pada-

21 Foto anggota

22

23


Download ppt "KELOMPOK 8 UKM Aini maskuro (0910211107) Halimatus sa’diyah (0910211066) Siti hasanah (0910211073) Dian nuriyanti (0910211075) Arizal irawan (0910211082)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google