Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERSEKUTUAN DOA NHKBP YOGYAKARTA Doa dalam Keheningan “Parningotan tu Angka na Monding” R. Yobel HKBP Yogyakarta. Senin, 21 November 2011.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERSEKUTUAN DOA NHKBP YOGYAKARTA Doa dalam Keheningan “Parningotan tu Angka na Monding” R. Yobel HKBP Yogyakarta. Senin, 21 November 2011."— Transcript presentasi:

1 PERSEKUTUAN DOA NHKBP YOGYAKARTA Doa dalam Keheningan “Parningotan tu Angka na Monding” R. Yobel HKBP Yogyakarta. Senin, 21 November 2011

2 Minggu, 20 November 2011, sesuai dengan kalender Gerejawi HKBP, diselenggarakan Ibadah Akhir Tahun (“Ujung Taon Parhuriaon”) sekaligus “Parningotan di angka naung monding”. Ibadah Akhir Tahun berarti bahwa HKBP akan memasuki masa- masa Advent. Kata “Advent” berasal dari bahasa Latin, yaitu: “Adventus” yang berarti kedatangan Allah.

3 Konfesi HKBP tahun 1996 pasal 15 tentang PERINGATAN AKAN ORANG YANG MENINGGAL Kita mempercayai dan menyaksikan: - Kematian adalah akhir dari hidup manusia di dunia ini, dia berhenti dari segala pekerjaannya. - Ada keselamatan bagi orang yang percaya. - Yesus Kristus yang telah bangkit itulah yang membangkitkan orang dari kematian, Dialah Tuhan dari orang yang hidup dan yang mati (Rm 14:7-9). Berbahagialah orang yang mati di dalam Tuhan yang setia sampai akhir (Why 14:13).

4 Gereja menyelenggarakan peringatan bagi orang yang meninggal: - menyadarkan iman kita supaya kita mengingat akan akhir hidup kita sendiri, - meneguhkan pengharapan akan kemenangan Kristus mengalahkan kematian, - pengharapan akan kerajaan sorga sebagai tujuan jiwa-roh kita, - persekutuan orang percaya dengan Tuhan Allah hingga kedatangan Yesus Kristus yang kedua kali.

5 Kita menekankan: pengharapan keselamatan manusia dari antara orang yang mati di dalam Yesus Kristus. Kita menentang pandangan yang mengatakan bahwa: - Orang yang hidup dapat menerima berkat dari orang mati. - Orang yang mati dapat berhubungan dengan orang yang hidup dengan mendoakan arwah-arwah. - Haruslah mendirikan tugu untuk menghormati orang yang mati sebagai cara menerima berkat bagi keturunannya.

6 Kita menolak semua bentuk ajaran agama kekafiran terutama ajaran tentang roh yang mengatakan: roh orang yang meninggal itu hidup, dan roh orang meninggal itu menjadi hantu dan roh leluhur (sumangot). Kita mengingat untuk mengucap syukur kepada Allah, akan segala perbuatannya yang baik pada waktu masih hidup, tetapi tidak untuk memohon berkat dan tanda kesurupan dari yang telah meninggal itu.

7 Memento Mori Ingatlah akan kematian

8 PERSEKUTUAN DOA NHKBP YOGYAKARTA Doa dalam Keheningan

9 Kubawa hidupku s’karang ke tempat kudus-Mu Tuhan Di mezbah-Mu kuserahkan seluruh hidupku Penuhi hatiku s’karang dengan urapan yang baru Agar aku lebih lagi mendengar suara-Mu Jadikan aku Tuhan rumah doa-Mu agar semua suku bangsa datang menyembah-Mu Jadikan aku Tuhan rumah doa-Mu agar semua suku bangsa datang menyembah-Mu

10 Harap akan Tuhan, hai jiwaku! Dia perlindungan dalam susahmu. Jangan resah, tabah berserah, kar’na habis malam pagi merekah. Dalam derita dan kemelut Tuhan yang setia, Penolongmu!

11 Harap akan Tuhan, hai jiwaku! Dia perlindungan dalam susahmu. Walau sendu hatimu remuk, Tuhan mengatasi tiap kemelut. Ya Tuhan, tolong ‘ku yang lemah: setiaMu kokoh selamanya!

12 Nabadia do Ho, dipuji rohangkon do. Diboto rohangkon do mandok badia do Ho.

13 Bukan dengan barang fana Kau membayar dosaku Dengan darah yang mahal Tiada noda dan cela Bukan dengan emas perak Kau menebus diriku Oleh segenap kasih Dan pengorbanan-Mu Ku telah mati dan tinggalkan cara hidupku yang lama Semuanya sia-sia dan tak berarti lagi Hidup ini kuletakkan pada mezbah-Mu ya Tuhan Jadilah padaku seperti yang Kau ingini

14 Pada kaki salibMu, Yesus, ‘ku berlindung; Air hayat Golgota Pancaran yang agung. SalibMu, salibMu, Yang kumuliakan, Hingga dalam sorga k’lak ada perhentian.

15 Pada kaki salibMu kuingat kurbanMu, dalam jalan hidupku kukenang selalu. SalibMu, salibMu, yang kumuliakan, hingga dalam sorga k’lak ada perhentian.

16 Pada kaki salibmu ku tetap percaya, hingga dalam sorga k’lak jiwaku bahagia. salibMu, salibMu yang kumuliakan, hingga dalam sorga k’lak ada perhentian

17 Suara-Mu kudengar memanggil diriku, supaya ‘ku di Golgota dibasuh darah-Mu! Aku datanglah, Tuhan, pada-Mu; dalam darah-Mu kudus sucikan diriku.

18 Aku hamba-Mu, Kausucikanlah oleh kasih kurnia, hingga jiwaku memegang teguh kehendak-Mu yang mulia. Raih daku dan dekatkanlah pada kaki salib-Mu. Raih daku, raih dan dekatkanlah ke sisi-Mu, Tuhanku.

19 Selamat Advent.. Selamat Menyambut Natal 2011 dan Tahun Baru Sampai Jumpa di PD NHKBP 2012 TUHAN YESUS MEMBERKATI!


Download ppt "PERSEKUTUAN DOA NHKBP YOGYAKARTA Doa dalam Keheningan “Parningotan tu Angka na Monding” R. Yobel HKBP Yogyakarta. Senin, 21 November 2011."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google