Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MENGENAL PERSONAL COMPUTER (PC) & PERIPHERAL Mendiagnosis Permasalahan PC & Peripheral. Roy Sari Milda, ST.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MENGENAL PERSONAL COMPUTER (PC) & PERIPHERAL Mendiagnosis Permasalahan PC & Peripheral. Roy Sari Milda, ST."— Transcript presentasi:

1 MENGENAL PERSONAL COMPUTER (PC) & PERIPHERAL Mendiagnosis Permasalahan PC & Peripheral. Roy Sari Milda, ST

2 K EBUTUHAN A KAN K OMPUTER Kebutuhan untuk menulis seperti mengetik dan menyimpan bahan tulisan. Kebutuhan untuk internet, browsing dan download. Kebutuhan akan multimedia seperti memutar lagu, video dan film. Kebutuhan untuk mendesain gambar, memanipulasi foto, desain grafis 3D, meng-edit video atau lagu, bahkan untuk membuat sebuah durasi film. Kebutuhan entertain seperti bermain games 3D tingkat tinggi dan games yang terkoneksi dengan internet (games-online).

3 K OMPONEN U TAMA PC Processor : Inilah sebenarnya yang disebut sebagai CPU (Central Processing Unit). Berfungsi sebagai otak untuk memproses semua kinerja komputasi dalam sebuah PC. Produsen Processor didunia diantaranya adalah INTEL, AMD, VIA dan IBM. Motherboard Terkadang juga disebut Mainboard /Mobo. Dari bahasa harfiahnya saja, Motherboard (ibu papan), Mainboard (papan utama) merupakan papan komponen (selanjutnya kita sebut BOARD) yang menampung semua hardware lainnya.

4 K OMPONEN U TAMA PC Memory model Random Access Memory (RAM) adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Biasanya RAM dapat ditulis dan dibaca, berlawanan dengan memori- baca-saja (read-only memory, ROM), RAM biasanya digunakan untuk penyimpanan primer (memori utama) dalam komputer untuk digunakan dan mengubah informasi secara aktif. RAM yang digunakan PC saat ini adalah jenis DDR (Direct Data rate) yang memiliki kemampuan untuk mengimbangi kinerja processor dan motherboard.

5 PERIPHERAL PC MENGENAL PERIPHERAL PC

6 MENGENAL PERIPHERAL Peripheral adalah hardware tambahan yang disambungkan ke komputer, biasanya dengan bantuan kabel ataupun sekarang sudah banyak perangkat peripheral wireless. Peripheral ini bertugas membantu komputer menyelesaikan tugas yang tidak dapat dilakukan oleh hardware yang sudah terpasang didalam casing.

7 Peripheral utama (main peripheral) Yaitu peralatan yang harus ada dalam mengoperasikan komputer. Contoh periferal utama yaitu: monitor, keyboard dan mouse. Peripheral pendukung (auxillary peripheral) Yaitu peralatan yang tidak mesti ada dalam mengoperasikan komputer tetapi diperlukan untuk kegiatan tertentu. Contohnya yaitu: printer, scanner, modem, web cam dan lain-lain. MENGENAL PERIPHERAL

8 Berdasarkan proses kerjanya dalam mendukung pengoperasian komputer terbagi menjadi: 1. Perangkat masukan (input) Adalah perangkat yang digunakan untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer. Perangkat tersebut antara lain keyboard, mouse, scanner, digitizer, kamera digital, microphone, dan periferal lainnya 2. Perangkat keluaran (output) Adalah peralatan yang kita gunakan untuk menampilkan hasil pengolahan data atau perintah yang dilakukan oleh komputer. Perangkat tersebut antara lain monitor, printer, plotter, speaker, dan lain lainnya.

9 PERANGKAT DISPLAY Display Adapter Sering disebut sebagai VGA-card, singkatan dari VGA sendiri adalah Video Graphics Adapter, awalnya standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun Kartu VGA berguna untuk menerjemahkan keluaran komputer ke monitor. Pada VGA-card juga terdapat processor yang disebut GPU (Graphics Processing Unit) dan RAM. Performa VGA sangat bergantung pada kinerja Memory Interface yang biasanya ditandai dengan angka 64bit, 128bit, 256bit dan 512bit 1 Gb dsb.

10 P ERANGKAT D ISPLAY Monitor Merupakan bagian dari PC untuk menampilkan tampilan. Tampilan dapat berupa gambar, tulisan atau gambar bergerak seperti film dan video. Dalam spesifikasinya, monitor PC memiliki resolusi bergantung pada teknologinya. Saat ini, monitor CRT (Cathode Ray Tube) dan LCD (Liquid Crystal Display) memiliki resolusi tertinggi 1280 x 1024 (17” sampai 22”), sedangkan untuk jenis Wide Screen memiliki resolusi tertinggi 1280 x 900 pixel (untuk jenis inch yg sama).

11 G AMBAR M ONITOR

12 P ERANGKAT M EDIA PENYIMPANAN Hard Disk Drive Harddisk atau Hard Disk Drive disingkat HDD atau Hard Drive disingkat HD adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. HardDisk atau cakram keras ini diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson di tahun Cakram keras kini juga tidak hanya dapat terpasang di dalam perangkat (internal) tetapi juga dapat dipasang di luar perangkat (eksternal) dengan menggunakan kabel USB ataupun FireWire.

13 P ERANGKAT M EDIA P ENYIMPANAN Floppy Disk Drive Floppy Disk Drive (FDD) adalah antarmuka (interface) untuk menghubungkan perpindahan data, pembacaan data atau “penulisan” data dari PC kedalam sebuah Disket. Disket atau floppy disk adalah sebuah perangkat penyimpanan data yang terdiri dari sebuah medium penyimpanan magnetis bulat yang tipis dan lentur dan dilapisi lapisan plastik berbentuk persegi atau persegi panjang. Kapasitas disket yang paling umum adalah 1,44 MB (seperti yang tertera pada disket), meski kapasitas sebenarnya adalah sekitar 1,38 MB.

14 P ERANGKAT M EDIA P ENYIMPANAN EXTERNAL FLOPPY DISK DRIVE Sama fungsinya dengan disk drive yang terpasang di casing, tetapi yang ini berada diluar dan dihubungkan dengan kabel. Umumnya digunakan untuk komputer laptop/notebook. Pada saat ini, floppy disk drive sudah sangat jarang digunakan. Fungsinya sekarang digantikan oleh USB Flash Disk.

15 Gambar Eksternal Floppy Disk Drive

16 P ERANGKAT M EDIA P ENYIMPANAN EXTERNAL ZIP DRIVE Fungsinya sama dengan disket, ukurannya juga sama 3,5 inci – hanya agak lebih tebal – namun kapasitasnya jauh lebih besar – 100MB yang kira-kira sama dengan 70 disket berkapasitas 1,44MB. Zip drive ini dibuat oleh perusahaan Iomega.

17 Gambar Eksternal Floppy Disk Drive

18 P ERANGKAT M EDIA P ENYIMPANAN CD ROM CD-ROM (singkatan dari Compact Disc – Read Only Memory) adalah sebuah piringan kompak dari jenis piringan optik (optical disc) yang dapat menyimpan data. Ukuran data yang dapat disimpan saat ini bisa mencapai 700MB atau 700 juta bita.

19 P ERANGKAT M EDIA P ENYIMPANAN DVD DVD adalah sejenis cakram optis yang dapat digunakan untuk menyimpan data, termasuk film dengan kualitas video dan audio yang lebih baik dari kualitas VCD. “DVD” pada awalnya adalah singkatan dari digital video disc, namun beberapa pihak ingin agar kepanjangannya diganti menjadi digital versatile disc agar jelas bahwa format ini bukan hanya untuk video saja. Karena konsensus antara kedua pihak ini tidak dapat dicapai, sekarang nama resminya adalah “DVD” saja, dan huruf- huruf tersebut secara “resmi” bukan singkatan dari apapun.

20 P ERANGKAT K ENDALI A NTAR M UKA Keyboard: Papan ketik (keyboard) atau kibor adalah peranti untuk mengetik atau memasukkan huruf, angka, atau simbol tertentu ke perangkat lunak atau sistem operasi yang dijalankan oleh komputer. Papan ketik terdiri atas tombol- tombol berbentuk kotak dengan huruf, angka, atau simbol yang tercetak di atasnya. Keyboard: Mouse pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart berbahan kayu dengan satu tombol. Model kedua sudah dilengkapi dengan 3 tombol.

21 Gambar Keyboard

22 P ERANGKAT K ENDALI A NTAR M UKA Mouse Mouse pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart berbahan kayu dengan satu tombol. Model kedua sudah dilengkapi dengan 3 tombol. Alat yang mirip tikus dan terdiri dari dua atau tiga tombol, berfungsi untuk mengendalikan kursor/pointer dilayar monitor dengan cara menggerakkannya maju, mundur atau kesamping. Sekarang mouse tidak menggunakan bola karet lagi, tetapi menggunakan sinar ataupun laser, biasanya disebut optical mouse atau laser mouse. Mouse biasanya dilengkapi scrolling button untuk memudahkan bergerak turun/naik dilayar monitor. Mouse juga bisa digunakan untuk memainkan game. Kini mouse wireless juga sudah banyak diproduksi.

23 P ERANGKAT K ENDALI A NTAR M UKA Gambar Mouse

24 TRACKBALL Fungsinya sama persis dengan mouse, hanya tampilannya berbeda. Pada trackball, bola yang menggerakkan kursor/pointer berada diluar dan harus digerakkan oleh jari kita kearah yang kita inginkan. Jika badan mouse harus kita gerakkan seluruhnya diatas meja, badan trackball tetap diam ditempat. Seperti halnya keyboard dan mouse, trackball wireless juga telah ada di pasaran. Bermain game dengan trackball agak lebih sulit dibandingkan mouse. Perangkat Kendali Antar Muka

25 P ERANGKAT K ENDALI A NTAR M UKA Gambar Trackball

26 LIGHTPEN Mirip bolpoin biasa, hanya ujungnya memiliki sensor elektromagnetik. Bisa digunakan untuk menulis, tetapi juga mampu membaca kode- kode khusus yang kemudian diterjemahkan oleh komputer. Perangkat Kendali Antar Muka

27 PRINTER Digunakan untuk mencetak hasil proses komputer keatas kertas sehingga bisa dibaca. Ada tiga jenis printer yang dikenal luas yaitu dot-matrix printer, inkjet printer, dan laser printer.

28 PLOTTER Sama fungsinya dengan printer tetapi khusus untuk mencetak gambar. Kertas yang dipergunakan juga lebih besar dari kertas biasa. Plotter generasi pertama harus dipasangi rapido (pena khusus untuk menggambar), namun sekarang plotter juga terdiri dari inkjet dan laser.

29 P ERANGKAT M EDIA P ENYIMPANAN TAPE DRIVE Berfungsi untuk menjalankan tape dalam penyimpanan/pengambi-lan data.

30 MICROPHONE DAN SPEAKER Untuk memasukkan dan merekam suara serta mendengarkan hasil rekaman yang sudah disimpan didalam komputer, atau mendengarkan musik dan suara dari CD, MP3 atau game.

31 JOYSTICK Alat berbentuk tongkat kecil (biasanya dilengkapi beberapa tombol dengan fungsi yang bisa diatur) untuk memudahkan bermain game, misalnya mengendalikan pesawat atau mobil. Dapat juga berfungsi sebagai mouse.

32 JOYPAD/GAMEPAD Fungsinya sama dengan joystick hanya bentuknya berbeda, mirip papan kecil yang memiliki pegangan dan diatasnya banyak terdapat tombol-tombol. Juga bisa berfungsi sebagai mouse.

33 KAMERA DIGITAL Kerjanya mirip kamera foto biasa, hanya saja hasilnya langsung disimpan dalam format data komputer. Hasil yang diperoleh jauh lebih bagus dibandingkan hasil cetakan film negatif.

34 EXTERNAL MODEM Modem external dipasang diluar casing dan dihubungkan melalui kabel, sedangkan modem internal berbentuk card yang ditancapkan pada mainboard. Modem berfungsi mengubah sinyal digital ke analog dan sebaliknya, guna mengirim data komputer melalui saluran telepon. Jika ingin menggunakan internet, modem harus tersedia.

35 LCD PROYEKTOR Berfungsi untuk menampilkan gambar secara besar dilayar, dengan cara menembakan cahaya / memproyeksikan gambar. Dari segi teknologi, proyektor ada dua tipe yaitu proyektor yang menggunakan teknologi DLP dan satu lagi menggunakan teknologi 3 LCD.

36 PERANGKAT TAMBAHAN Kemudian ada juga perangkat tambahan untuk menambah fungsi PC menjadi lebih optimal sesuai dengan keinginan penggunanya, hardware tersebut diantaranya:  Sound Card.  Video-Editing Card.  Ethernet-Card atau LAN-card atau NIC (Network Interface Controller)

37 S E L E S A I Topik Selanjutnya: Mengenal Pesan/Peringatan Kesalahan Saat Booting Melalui POST


Download ppt "MENGENAL PERSONAL COMPUTER (PC) & PERIPHERAL Mendiagnosis Permasalahan PC & Peripheral. Roy Sari Milda, ST."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google