Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SOFTWARE ENGINEERING Software Project Planning. Scope – Penentuan Ruang Lingkup  Aktifitas pertama pada tahap perencanaan  Unambigous dan bisa dimengerti.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SOFTWARE ENGINEERING Software Project Planning. Scope – Penentuan Ruang Lingkup  Aktifitas pertama pada tahap perencanaan  Unambigous dan bisa dimengerti."— Transcript presentasi:

1 SOFTWARE ENGINEERING Software Project Planning

2 Scope – Penentuan Ruang Lingkup  Aktifitas pertama pada tahap perencanaan  Unambigous dan bisa dimengerti oleh pada tataran manajemen maupun teknik  Pernyataan/asumsi pada ruang lingkup perangkat lunak harus dibatasi

3 Scope – Tentang apa ?  Data  Kendali proses (control)  Kinerja (performance)  Hambatan/Keterbatasan (constraints)  Antarmuka (interfaces)  Ketahanan (reliability)

4 Scope – Fungsi FunctionStatement of Scope Accepted Refined Decompositio n

5 Scope – Kinerja  Processing  Respon-time

6 Scope – Hambatan (constraint)  Keterbatasan yang disebabkan oleh – Perangkat Keras – Ketersediaan Memori – Sistem yang telah ada (existing system)

7 Scope – Antarmuka  Antarmuka – Sistem dengan pengguna – Sistem dengan sistem (data communication)

8 Scope – Bagaimana?  Mengumpulkan informasi yang diperlukan  Feasibility

9 Informasi yang diperlukan  Cara – Wawancara/Pertemuan Awal – Observasi  Tujuan – Membatasi gap komunikasi yang terjadi

10 Apa yang harus ditanyakan  Context-free Question  Tujuan – Ice breaking

11 Context Free Question  Sekumpulan pertanyaan yang akan menuntun pada pengertian dasar tentang permasalahan, orang yang menghendaki solusi, dan latar belakang dari masalah itu sendiri  Ada tiga fokus – Customer - tujuan dan keuntungan – Basic Problem – Effectiveness of Meeting

12 Context Free Question - Customer  Siapa yang meminta untuk membuat perangkat lunak?  Siapa yang akan menggunakan?  Apakah keuntungan yang akan diperoleh?  Apakah terdapat kemungkinan adanya solusi lain?

13 Context Free Question – Basic Problem  Digunakan untuk mempermudah developer memahami permasalahan  Contoh: – Persepsi tentang “good product” dan “solution” – Lingkungan yang akan digunakan? – Kinerja dikehendaki? – Hambatan yang dihadapi?

14 Context Free Question – Effectiveness of Meeting  Meta Question  Contoh: – Apakah anda orang yang tepat untuk menjawab pertanyaan ini? – Apakah pertanyaan saya relevan dengan masalah yang anda hadapi? – Apakah saya terlalu banyak bertanya? – Adakah orang lain yang bisa menyediakan informasi? – Haruskah saya menanyakan hal lain kepada anda?

15 Contoh Pembuatan Scope  Perangkat Lunak ATM  Scope: ATM menggunakan pecahan 50 rb-an. Pengguna bisa melihat saldo dalam rekeningnya, bisa mengambil uang dan bisa melakukan transfer ke rekening lain. Pengambilan uang maksimal 5 juta dalam satu hari dan harus menyisakan uang di rekening minimal 15 rb rupiah. Didalam mesin ATM terdapat HW card reader untuk membaca kartu, printer untuk mencetak transaksi dan money counter untuk menghitung uang.


Download ppt "SOFTWARE ENGINEERING Software Project Planning. Scope – Penentuan Ruang Lingkup  Aktifitas pertama pada tahap perencanaan  Unambigous dan bisa dimengerti."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google