Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

LOGO One_Z www.themegallery.com SISTEM OPERASI Wanhendra.M,S.Kom.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "LOGO One_Z www.themegallery.com SISTEM OPERASI Wanhendra.M,S.Kom."— Transcript presentasi:

1 LOGO One_Z SISTEM OPERASI Wanhendra.M,S.Kom

2 LOGO One_Z Gambaran Umum  Ulasan Sistem komputer Sistem Operasi merupakan perantara antara program aplikasi,utilitis dan penggunaan disatu pihak, dengan hardware sistem komputer dipihak lain.  Ulasan Sistem operasi Sistem operasi mencakup bidang yang sangat luas dan kita akan mudah kehilangan detail serta konteks pembahasan suatu masalah.

3 LOGO One_Z Komponen Komputer Tingkat Atas

4 LOGO One_Z Register Prosesor  Sebuah prosesor terdiri dari sejumlah register yang merupakan memori berkecepatan paling tinggi dan berukuran lebih kecil daripada memori utama, Register dalam Prosesor mempunyai dua fungsi : * User-visible register * Control dan status register

5 LOGO One_Z Pokok Bahasan LATAR BELAKANG - Tinjauan Menyeluruh Sistem Komputer - Elemen dasar - Register Prosesor - Teknik Komunikasi I/O - Teknik Komunikasi I/O - Gambaran Umum Sistem Operasi - Tujuan dan Sistem Operasi - Sistem UNIX PROSES - Deskripsi proses dan kontrol - Kontruksi MEMORI - Manajement Memori - Memori Virtual

6 LOGO One_Z INTERRUPT

7 LOGO One_Z INTERRUPT Interrupt ditujukan terutama sebagai cara untuk meningkatkan efisiensi pengolahan.

8 LOGO One_Z Kelas-kelas Interupt  Program  Dihasilkan oleh beberapa kondisi yang terjadi sebagai hasil eksekusi sebagai sebuah intruksi, misalnya aritmetik  Timer (Clock)  Dihasilkan oleh sebuah clock yang berada didalam prosesor, hal ini memungkinkan sistem operasi untuk melakukan fungsi- fungsi tertentu.  I/O  Dihasilkan oleh sebuah I/I controller, untuk memberikan tanda selesainya suatu operasi secara normal/ untuk menandakan telah terjadi bermacam2 error.  Kegagalan Hardware  Dihasilkan kegagalan seperti tidak adanya daya listrik atau memori parity error.

9 LOGO One_Z SIKLUS INTRUKSI DASAR Fungsi dasar yang dilakukan oleh sebuah komputer adalah eksekusi program, programyang akan dieksekusi terdiri dari sejumlah intruksi yang berada didalam memori utama

10 LOGO One_Z SIKLUS INTRUKSI DENGAN INTERRUPT

11 LOGO One_Z Pengolahan Interrupt Secara Sederhana

12 LOGO One_Z INTERRUPT JAMAK

13 LOGO One_Z Mamori  Memori Cache  Cache merupakan perangkat untuk mempersiapkan perpindahan data antara memori dengan register prosesor yang ditujukan untuk meningkatkan kinerja.  Cache ditujukan untuk memberikan kecepatan memori yang mendekati kecepatan memori yang tercepat dan sekaligus memberikan memori semikonduktor yang berukuran besar dengan harga murah.

14 LOGO One_Z Teknik Komunikasi I/O

15 LOGO One_Z Bab II SISTEM OPERASI Sistem Operasi adalah suatu program yg mengontrol eksekusi program aplikasi dan berfungsi sebagai interface sebagai pengguna komputer dengan hardware komputer.

16 LOGO One_Z Tujuan SO  Kemudahan: SO membuat komputer menjadi lebih mudah dipakai.  Efisiensi: SO memungkinkan sumber daya sistem komputer untuk digunakan dengan dengan cara efisien.  Kemampuan berkembang: SO harus disusun sedemikian rupa sehingga memungkinkan pegembangan yang efektif, pengujian dan penerapan fungsi-fungsi sistem yg baru tanpa mengganggu layanan yg telah ada.

17 LOGO One_Z Hierarki Rancangan SO TingkatNamaObjekContoh Operasi 13ShellLingkungan pemrograman penggunaPernyataan didalam bahasa shell 12Proses pengguna Quit,Kill, resume 11Directori Create, destroy, attach, detach, search 10PerangkatPerangkat eksternal, misalnya printer, read, write, display, keyboard Create, destroy, open, close 9Sistem filefileCreate, destroy, open, close, read, write 8KomunitasPipeCreate, destroy, open, close, read, write 7Memori virtualSegmen, pageRead, write, fetch 6PenyimpanBlok data, saluran sekunderRead, write, allocate, free 5Proses primitiveProses primitive, semaphore, ready listSuspend, resume, wait, signal 4InterruptProgram interrupt handlingInvoke, maske mask, unmask, retry 3ProsedurProsedur, pemanggilan stack, displayTandai stack, call, return 2SetintruksiSteck evaluasi, interpreter mikroprogram dan array Load, strore, add, aubstract 1Rangkaian elektronikRegister, gate, busClear, transfer, activate, complement

18 LOGO One_Z Karakteristik SO Modern  Multithreading: Tekni dimana suatu proses, yang mengeksekusi aplikasi, dibagi menjadi thread-thead yang dapat berjalan secara bersama.  Tead: satuan kerja yang dapat dikirim  Proses: kumpulan sebuah thread atau lebih dan sumber daya yang terkait(seperti memori, file terbuka dan perangkat). Proses berkaitan erat dengan konsep suatu program dalam eksekusi.

19 LOGO One_Z  Symmetric multiprocessing (SMP) SMP dapat didefinisikan sebagai sistem komputer standalone yang memiliki karakteristik sebagai berikut:  Terdapat sejumlah mikroprosesor  Mikroprosesor tersebut menggunakan memori utama dan fasilitas I/O secara bersama-sama diinterkoneksikan oleh sebuah bus atau teknik koneksi internal lainnya.  Semua prosesor dapat melakukan fungsi yang sama (maka disebut symmetric)

20 LOGO One_Z Kelebihan SMP dibandingkan Uniprosesor lainnya  Kinerja  Ketersediaan  Pertumbuhan  Penskalaan

21 LOGO One_Z Gambaran umum windows 2000  Sejarah  Organisasi OS  Model client/server  W2k mendukung thred dan SMP

22 LOGO One_Z Sejarah windows 2000 (W2K)  W2k dimulai dengan SO > dikembangkan microsof > komp pribadi IBM > direferensikan sbg MS-DOS/PC-DOS > versi awal DOS 1.0, 20 > UNIX I/O > IBM meluncurkan PC AT diperkenalkan DOS 3.0 AT berisi prosesor intel > 3.1, 3.3 > GUI > microsof membuat SO u/ dirinya sendiri dan membuat windows 2000 dgn kemampuan mikroprosesor dan menyediakan multitasking penggunaan tunggal.

23 LOGO One_Z Keuntungan model client/servet  Arsitektur ini menyederhanakan executive w2k.  Arsitektur ini meningkatkan keandalan, setiap modul executive services berjalan pd proses tersendiri, dgn partisi memori miliknya sendiri yg diproteksi dari modul lainya.  Arsitektur ini menyediakan cara yg uniform bagi aplikasi2 dlm melakukan komunikasi dengan executive tampa pembatasan fleksibilitas

24 LOGO One_Z Tugas  Sistem unix tradisional  Sistem unix modern  linux

25 LOGO One_Z Deskripsi Proses dan Kontrol  Keadaan Proses  Deskripsi Proses  Kontrol Proses  Manajemen Proses UNIX SVR4

26 LOGO One_Z Keadaan Proses Fungsi sebuah prosesor adalah mengaksekusi intruksi mesin yang terdapat di dalam memori utama. Intruksi tersebut diberikan dalam bentuk program, dengan alasan efesiensi dan kemudahan pemrograman, prosesor dapat menggilir eksekusi sejumlah program.

27 LOGO One_Z Pembuatan dan Penghentian Proses  Pembuatan Proses  Pada saat proses ditambahkan yang sedang dikelola, sistem operasi membuat struktrur data yang digunakan untuk mengelola proses dan mengalokasikan ruang alamat keproses itu.  Penghentian Proses  Semua sistem komputer harus memiliki cara untuk mengindikasikan telah selesainya sebuah proses.

28 LOGO One_Z Model proses dua Keadaan Tanggung jawab utama SO adalah mengontrol eksekusi proses; pengontrolan ini mancakup pembuatan pola penggiliran eksekusi dan pengalokasian sumber daya kepada proses.

29 LOGO One_Z Model Lima Keadaa Apabila semua proses selalu berada dalam keadaan siap untuk melakukan eksekusi, maka eksekusi akan berlaku.  Lima keadaan didalam diagram yang baru  Running (bejalan): proses yang sedang dieksekusi  Redy (siap): suatu proses yang disiapkan untuk melakukan eksekusi bila ada kesempatan.  Blocked (diblokir): suatu proses yang tidak dapat mengeksekusi sampai beberapa event  New (baru): suatu proses yang baru saja dibuat  Exit (keluar): suatu proses yang telah dibebaskan dari pool proses yang dapat dieksekusi oleh SO baik karena dihentikan / dibatalkan.

30 LOGO One_Z Deskripsi Proses Sistem operasi mengontrol event yang terjadi dalam sistem komputer, SO menjadwalkan dan mengirimkan proses untuk dieksekusi oleh prosesor, mengalokasikan sumberdaya keproses-proses dan memberikan respons terhadap permintaan program layanan dasar pengguna.

31 LOGO One_Z Atribut Proses Sistem multiprograming yang canggih memerlukan informasi yang lengkap tentang setiap prosesnya. Informasi Elemen process control blok dibagi menjadi tiga kategori umum:  Identifikasi proses  Informasi keadaan proses

32 LOGO One_Z Thread, SMP, dan Microkernel  Multithreading Multithreading berkaitan dengan kemampuan sistem operasi untuk mendukung sejumlah thread eksekusi didalam sebuah proses tunggal. Pendekatan tradisional sebuah thread eksekusi perproses, dimana proses thread tidak dikenal disebut sebagai pendekatan single- threaded. MSDOS adalah contoh dalam sebuah SO yang medukung proses penggunaan tunggal dan thread tunggal.

33 LOGO One_Z Keadaan Thread Keadaan thread yang penting adalah Running, Ready, dan Blocked. Secara umum, tidak beralasan bila mengkaitkan keadaan suspend dengan thead karena keadaan tersebut merupakan konsep tinggkat proses. Secara khusus, apa bila sebuah proses di-swap out, semua thead perlu di-swap out karena thead tersebut menggunakan ruang alamat proses yang sama.

34 LOGO One_Z Message Passing Pada saat proses saling berinteraksi, dua persyaratan fundamental harus dipenuhi: sinkronisasi dan komunikasi. Proses yang bekerja sama perlu saling bertukar informasi  Sinkronisasi Tidak dapat menerima pesan sampai pesan itu telah dikrimkan oleh proses lainnya.  Pengalamatan Cara menspesifikasikan proses mana yang akan menerima pesan,demikian pula,sebaigian besar implementasi mengijinkan proses untuk mengindikasikan sumber pesan yang akan diterima.  Format pesan format pesan bergantung pada tujuan fasilitas pesan dan apakah fasilitas itu beroparasi pada sebuah komputer atau sistem terdistribusi.

35 LOGO One_Z Prinsip Prinsip Deadlock Deadlock dapat didefinikasikan sebagai Pemblokiran permanen sejumlah proses yang berkompetisi dalam mendapatkan sumberdaya sistem atau yang berkomunikasi satu dengan yang lainnya.

36 LOGO One_Z MANAJEMEN MEMORI Kebutuhan manajemen memori yang harus dipenuhi  Relokasi  Proteksi  Bagi pemakai  Organisasi secara logik  Organisasi secara fisik

37 LOGO One_Z Relokasi Didalam sistem multiprogramming, umumnya memori utama yang tersedia dibagi pakai oleh sejumlah proses. Biasanya tidak mungkin seorang program dapat mengetahui terlebih dahulu program-program lian mana yang akan ada didalam memori utama, pada saat ia melakukan eksekusi program. SO melakukan manajemen memori dan bertanggung jawab untuk membawa proses itu kedalam memori utama, alamat-alamat itu akan mudah untukditempati.

38 LOGO One_Z Proteksi Setiap proses harus diproteksi dari gangguan yang tidak diinginkan yang disebabkan oleh proses-proses lainya, baik yang disenganja maupun yang tidak disengaja. Jadi program-program didalam proses-proses tidak boleh mereferensikan lokasi-lokasi didalam proses untuk keperluan pembacaan dan penulisan data tampa izin.

39 LOGO One_Z Bagi pakai Semua mekanisme proteksi harus memiliki fleksibilitas untuk memungkinkan sejumlah proses dapat mengakses bagian memori utama yang sama. Apabila sejumlah proses melakukan eksekusi program yang sama, akan merupakan keuntungan apa bila mengizinkan setiap proses untuk mengakses salinan program yang sama dari pada dengan cara menggunakan salinan- salinannya sendiri yang terpisah.

40 LOGO One_Z Organisasi fisik Memori komputer diorganisasikan menjadi sedikitnya kedalam dua tingkatan, yang disebut memori utama dan memori sekunder. 1. Memori utama memiliki akses yang cepat dengan nilai yang relatif tinggi, Memori utama bukanlah alat penyimpanan yang permanen, memori utama yang berukuran lebih kecil menampung program dan data yang sedang dipakai. 2. Memori sekunder lebih lambat dan lebih murah dibandingkan dangan memori utama, memori sekunder yang berkapasits besar dapat digunakan untuk menyimpan program dan data dalam jangka waktu yang lama.

41 LOGO One_Z Pembuatan partisi memori  Partisi tetap  Pada sebagian besar teknik manajemen memori, kita dapat mengasumsikan bahwa sistem operasi menempati bagian tertentu memori utama dengan ukuran tetap dan sisa memori utama disediakan untuk digunakan oleh sejumlah proses. Partisi yang besarnya sama Partisi yang besarnya tidak sama  Partisi dinamik  Partisi - partisi yang digunakan memiliki panjang dan jumlah yang berubha – rubah, pada saat proses dibawa kedalam memori utama, proses itu dialokasikan persis sama besarnya dengan yang dibutuhkan tidak lebih dan tidak kurang

42 LOGO One_Z Paging Baik partisi berukuran tetap yang tidak sama dan pertisi yang ukurannya berubah-ubah tidak efisien dalam menggunakan memori, partisi berukuran tetap yang tidak sama menyebabkan terjadinya Fragmentasi internal, sedangkan partisi yang isinya berubah-ubah menyebabkan terjadinya fragmentasi external. Perbedaan pada Paging partisi-partisinya relatif lebih kecil setiap proses dapat menempati lebih dari satu partisi dan partisi-partisi itu tidak perlu di kontigus

43 LOGO One_Z Memori virtual

44 LOGO One_Z Click to edit subtitle style


Download ppt "LOGO One_Z www.themegallery.com SISTEM OPERASI Wanhendra.M,S.Kom."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google