Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Sistem Operasi Pengantar Sistem Operasi Ptputraastawa.wordpress.com.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Sistem Operasi Pengantar Sistem Operasi Ptputraastawa.wordpress.com."— Transcript presentasi:

1 Sistem Operasi Pengantar Sistem Operasi Ptputraastawa.wordpress.com

2 Slide 2 - 2/8Sistem Operasi – Putu Putra Astawa Apa itu Sistem Operasi ? Sebuah program yang menjadi perantara antara software dan hardware. Hasil akhir (goals) sistem operasi: –Mengeksekusi program user dan membuat penyelesaian masalah user lebih mudah –Membuat sistem komputer menyenangkan untuk digunakan –Penggunaan hardware yang lebih efektif

3 Slide 2 - 3/8Sistem Operasi – Putu Putra Astawa Struktur Sistem Komputer 1.Hardware – Menyediakan sumber daya dasar komputer. –Misalnya CPU, Memori, I/O Device 2.Sistem Operasi – Mengontrol dan mengkoordinasi penggunaan hardware diantara berbagai aplilkasi dan user. 3.Program-program aplikasi – Mendefinisikan cara dimana sumber daya sistem digunakan untuk memecahkan masalah penghitungan (computing) user. –Misalnya Word Processors, sistem database, Compilers... 4.User-user – Manusia, Mesin atau komputer lain.

4 Slide 2 - 4/8Sistem Operasi – Putu Putra Astawa Struktur Sistem Komputer (cont,.)

5 Slide 2 - 5/8Sistem Operasi – Putu Putra Astawa Definisi Sistem Operasi Sisi Pandang User –User adalah orang yang duduk didepan komputer, melihat monitor, mengoperasikan keyboard, mouse dan sistem. –Sistem operasi didesain untuk user dapat memonopoli sumber daya komputer –Tujuan memaksimalkan pekerjaan serta meningkatkan kinerja user dan mudah untuk digunakan. Sisi Pandang Sistem –Sistem operasi adalah pengalokasi sumber daya (resource) sehingga tidak terjadi konflik diantaranya. –Sistem operasi mengalokasikan spesifikasi program dan user sehingga mereka dapat mengoperasikan komputer lebih efisien dan baik. –Sistem operasi adalah pengontrol program yang mengatur eksekusi program untuk mencegah terjadinya kesalahan penggunaan komputer.

6 Slide 2 - 6/8Sistem Operasi – Putu Putra Astawa Definisi Sistem Operasi (cont,.) Sistem operasi adalah mengalokasikan sumber daya –Mengelola semua sumber daya –Memutuskan penggunaan sumber daya secara efisien sehingga tidak terjadi konflik antara aplikasi program dan user. Sistem operasi adalah pengontrol program –mengatur eksekusi program untuk mencegah terjadinya kesalahan dan ketidaklayakan penggunaan komputer. Sistem operasi adalah suatu program yang berjalan setiap waktu dalam komputer (disebut kernel) dengan semua program sistem dan aplikasinya.

7 Slide 2 - 7/8Sistem Operasi – Putu Putra Astawa Computer Startup Program bootstrap adalah inisialisasi program saat menyalakan komputer “reboot”. –Secara tipikal tersimpan dalam ROM (read-only memory) atau EEPROM (electrically erasable programmable read-only memory), sering disebut dengan firmware –Inisialisasi semua aspek dari sistem –Loads operating system kernel dan memulai eksekusi

8 Slide 2 - 8/8Sistem Operasi – Putu Putra Astawa


Download ppt "Sistem Operasi Pengantar Sistem Operasi Ptputraastawa.wordpress.com."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google