Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

“Perjuangkanlah perkaraku dan tebuslah aku, hidupkanlah aku sesuai dengan janji-Mu.” Mazmur 119 : 154 Ayat Hafalan :

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "“Perjuangkanlah perkaraku dan tebuslah aku, hidupkanlah aku sesuai dengan janji-Mu.” Mazmur 119 : 154 Ayat Hafalan :"— Transcript presentasi:

1

2 “Perjuangkanlah perkaraku dan tebuslah aku, hidupkanlah aku sesuai dengan janji-Mu.” Mazmur 119 : 154 Ayat Hafalan :

3 PENDAHULUAN Pendalaman Alkitab yang tekun akan melahirkan pergerakan kebangunan rohani. Roh Kudus agan bergerak atas orang yang berkomitmen dan bersemangat untuk tekun mempelajari Firman Allah dan memproklamirkannya kepada dunia. Firman Allah adalah hidup, dinamis dan alat perubahan yang kuat. Kuasa Firman Allah pada saat penciptaan akan berlaku bagi kita sekarang. Mempelajari Alkitab akan membuktikan posisi seseorang, alat untuk meyakinkan seseorang atas kesalahannya, menghasilkan sedikit kebaikan bagi kehidupan rohani.

4 Firman Allah menyatakan kehendak Allah. Dalam firman-Nya kita dibawa ke dalam hubungan dengan Roh Kudus yang sama yang mengilhami firman. Sebagaimana Roh kudus melayani hati kita melalui firman, kita akan lebih seperti Yesus. “Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik.” 2 Timotius 3:16,17.

5 H al yang perlu DIRENUNGKAN untuk DIDISKUSIKAN ! 1.Apakah yang dapat kita gambarkan tentang pengharapan, kekuatan, jaminan dan terang dari Firman Allah? Apakah yang dimainkan Alkitab dalam kebangun rohani? 2.Bagaimanakah fungsi Firman Allah dan Roh Allah adalah sama dalam membimbing kita hidup dalam kebenaran? 1.Apakah yang dapat kita gambarkan tentang pengharapan, kekuatan, jaminan dan terang dari Firman Allah? Apakah yang dimainkan Alkitab dalam kebangun rohani? 2.Bagaimanakah fungsi Firman Allah dan Roh Allah adalah sama dalam membimbing kita hidup dalam kebenaran? 3.Apakah Alkitab dapat mengajarkan kita tentang iman? Iman dapat menolong kita untuk mempercayai Allah dan Iman yang yang bagaimana yang kita miliki dalam sekarang? 4.Mengapa Firman Allah menjadi pusat kebanguna rohai baik secara pribadi maupun secara kelompok?

6 DIHIDUPKAN MELALUI FIRMAN Daud memperoleh keberanian dan kekuatan melalui Firman Allah. Dia menemukan pengharapan dan tuntunan dalam Firman Allah. Firman Allah membawa terang kedalam pikiran yang gelap dan memuaskan jiwa yang lapar dan haus akan kebenaran. Dasar dari kebangunan adalah menemukan kehidupan baru dalam firman Allah. Maanfaat Firman Allah dalam kehidupan Daud dan Umat Tuhan adalah : 1.Penuntun bagi kehidupan (Maz 119 :25,107, 153, 154) 2.Pelita dan terang kepada jalan kehidupan(Maz 119:105) 3.Penghiburan ketika mengalami kesengsaraan (Maz119:50) 4.Sumber pengharapan sejati (Maz 119:74,81,116) 5.Memberi pengertian bagi orang bodoh ( Maz 119:130) 6.Dasar kebenaran dan keadilan (1Maz 19:160) 7.Sumber pengertian (Maz 119: 169) 8.Menjelaskan bahwa Allah maha pengampun (Maz 32:1-2) 9.Mengajar dan memberi nasehat untuk hidup dalam kebenaran (32:8)

7 DIHIDUPKAN MELALUI FIRMAN Firman Allah menyatakan kehendak Allah. Dalam Firman-Nya kita dibawa ke dalam hubungan dengan Roh Kudus yang sama yang mengilhami firman. Firman menuntun kita mengenali Tuhan dan firman-Nya bukan hanya sekedar suber ajaran yang benar tetapi penuntun sumber pengertian dan jalan kebenaran menuju kehidupan dalam Kristus. Tanpa pikiran belajar akan firman Tuhan, kehidupan rohani kita menjadi mandul. Buah spritualitas asli tumbuh subur ketika hidup kita berakar pada Firman Tuhan. Firman Tuhan adalah dasar dari semua kebangunan rohani sejati. Kebangunan sejati menolong kita terhidar dari fantisme emosional, legalisme dan formalisme tetapi bertumbuh dalam kasih yang lebih besar dalam pengharapan akan janji-janji Allah.

8 KUASA FIRMAN ALLAH ”MENGALAMI SUATU PROSES PERUBAHAN MENUJU KESEMPURNAAN MENJADI SERUPA DENGAN KRISTUS” KEKUATAN ALLAH MENYELAMATKAN ORANG PERCAYA ORANG BENAR HIDUP OLEH IMAN FIRMAN ALLAH IMAN KESELAMATAN KEKAL Roma 1 : 16, 17 ALLAH ILHAM Firman Allah hidup, dinamis, alat perubahan yang kuat. Kuasa yang sama yang ada pada Firman Allah yang diucapkan saat penciptaan juga ada dalam Firman Allah yang tertulis.

9 KUASA KREATIF FIRMAN “ Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua mana pun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita.” Ibrani 4 : 12 Kuasa Firman Tuhan nyata bagi kehidupan umat manusia, yaitu : 1.Oleh Firman-Nya segala suatu telah dijadikan (Maz 33:6-9) 2.Alam semesta telah dijadikan oleh Firman Allah (Ibrani 11 : 3). 3.Bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran (2 Tim 3:16). 4.Tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik (2 Tim 3 : 17). 5.Manusia hidup oleh setiap Firman yang keluar dari mulut Allah (Mat 4:4).

10 KUASA KREATIF FIRMAN “Tenaga kreatif yang mencipta dunia sehingga terwujud berada dalam Firman Allah. Firman itu memberi kuasa; melahirkan kehidupan. Setiap perintah alah sebuah janji yang diterima oleh kamauan, yang diterima ke dalam jiwa, membawa sertanya kehidupan Yang Mahakuasa. Itu mengubah sifat dan mencipta kembali jiwa itu ke dalam citra Allah.” EGW, Membina Pendidikan Sejati, hal “Tenaga kreatif yang mencipta dunia sehingga terwujud berada dalam Firman Allah. Firman itu memberi kuasa; melahirkan kehidupan. Setiap perintah alah sebuah janji yang diterima oleh kamauan, yang diterima ke dalam jiwa, membawa sertanya kehidupan Yang Mahakuasa. Itu mengubah sifat dan mencipta kembali jiwa itu ke dalam citra Allah.” EGW, Membina Pendidikan Sejati, hal Membaca Firman Allah dengan sepintas lalu jarang menghasilkan kebangunan rohani. Mempelajari Alkitab untuk membuktikan posisi seseorang atau meyakinkan seseorang akan kesalahannya, menghasilkan sedikit kebaikan ketika kita membaca firman Allah dengan doa.

11 “Kitab-kitab Suci itu memberi kesaksian tentang Aku” Yohanes 5 : 39 “Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku“ Yohanes 16:14-15 “Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku“ Yohanes 16:14-15 “Lalu Ia menjelaskan kepada mereka apa yang tertulis tentang Dia dalam seluruh Kitab Suci, mulai dari kitab- kitab Musa dan segala kitab nabi-nabi” Lukas 24:27 YESUS DAN FIRMAN Firman adalah menjadi fondasi atau dasar bagi semua kehidupan yang murni.

12 Tujuan Roh Kudus dalam kebangunan bukanlah semata- mata menyatakan Diri-Nya melalui tanda-tanda supernatural dan mukjizat tetapi untuk meninggikan Yesus melalui firman-Nya. Kata mereka seorang kepada yang lain: "Bukankah hati kita berkobar-kobar, ketika Ia berbicara dengan kita di tengah jalan dan ketika Ia menerangkan Kitab Suci kepada kita?“ Lukas 24: 32. Kunci keberhasilan kita bukan karena diri kita sendiri yang pintar atau bijaksana, melainkan karena Firman Tuhan yang membuat kita menjadi pintar dan bijaksana sehingga lewat Firman Tuhan, kita akan berhasil dalam hidup kita.

13 “Sebab itu, baiklah kita waspada, supaya jangan ada seorang di antara kamu yang dianggap ketinggalan, sekalipun janji akan masuk ke dalam perhentian-Nya masih berlaku. Karena kepada kita diberitakan juga kabar kesukaan sama seperti kepada mereka, tetapi firman pemberitaan itu tidak berguna bagi mereka, karena tidak bertumbuh bersama-sama oleh iman dengan mereka yang mendengarnya.” Ibrani 4:1,2 KEBANGUNAN, IMAN DAN FIRMAN Menjelang kedatangan Yesus kedua kali dibutuhkan : “KEBANGUNAN ROHANI YANG SUNGGUH-SUNGGUH, IMAN YANG BERFOKUS PADA KEHENDAK ALLAH BUKAN PADA KEINGINAN KITA, PERCAYA PADA JANJI-JANJI-NYA DAN BERTINDAK ATAS FIRMAN-NYA”

14 KEBANGUNAN, IMAN DAN FIRMAN Pengalaman rohani dibangunkan ketika menerima dan menurut Firman Allah oleh Iman. Iman akan bertumbuh ketika mendengarkan dan mempraktikkan Firman Allah. Membuka pikiran dan hati kepada Firman Allah akan membangunkan iman dan menyiapkan diri untuk menerima kepenuhan kuasa Roh Kudus. “Iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus.” Roma 10 : 17; “Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati.” Yakobus 2 : 17

15 KEBANGUNAN, IMAN DAN FIRMAN o Iman yang hidup adalah iman yang berbuat – Matius 8:8-10 o Iman yang hidup adalah percaya sepenuhnya pada Allah – Yohanes 5:6-9. o Iman yang hidup adalah percaya tanpa ragu - Mat 14:29-33 Iman tidak tumbuh hanya membaca dan mendengar Firman Allah. Iman datang ketika kita menuntut janji-Nya. “Berdasarkan kasih karunia yang dianugerahkan kepadaku, aku berkata kepada setiap orang di antara kamu: Janganlah kamu memikirkan hal-hal yang lebih tinggi dari pada yang patut kamu pikirkan, tetapi hendaklah kamu berpikir begitu rupa, sehingga kamu menguasai diri menurut ukuran iman, yang dikaruniakan Allah kepada kamu masing-masing” (Roma 12 : 3).

16 FIRMAN : PELINDUNG DAN PENJAGA KEBANGUNAN 3.Menumbuhkan kesabaran, ketekunan dan iman yang hidup (Kisah 20 : 27-32). 4.Menumbuhkan ketaatan kepadan kebenaran dan saling mengasihi dengan segenap hati dengan roh persaudaraan yang tulus (1 Petrus 1: 22,23). 5.Berkuasa menyelamatkan jiwamu (Yak 1:21,22). 6.Mengalahkan kejahatan dan kegelapan (1 Yoh 2:14) ‘Firman adalah alat pengukur kebenaran, "Carilah pengajaran dan kesaksian!" Siapa yang tidak berbicara sesuai dengan perkataan itu, maka baginya tidak terbit fajar” ( Yesaya 8 : 20 ). Firman Allah berfungsi untuk : 1.Membentengi setiap orang dari pengajaran yang menyesatkan (Yesaya 8 : 20). 2.Mengajar,menyatakan kesalahan, memperbaiki kelakuan dan mendidik orang dalam kebenaran (2 Timotius 3:16).

17 PERTANYAAN PENERAPAN 1.Sudahkah saya dapat merasakan bahwa Firman Allah kebutuhan penting bagi kehidupan kerohanian saya? 2.Peranan apakah yang dapat saya lakukan agar Firman Allah dapat meneguhkan iman percaya saya? 3.Apakah saya telah menjadikan kuasa Firman Allah telah mengubah hidup saya? ‘ Firman adalah alat pengukur kebenaran’ “Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebenaran (Yoh 17:17). “Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku (Mazmur 119:105).

18 KESIMPULAN Ketika kita menghabiskan waktu dengan Allah dalam firman-Nya, kita akan mengenal Dia lebih baik, lebih bergantung pada-Nya, dan bersaksi lebih efektif bagi- Nya. Pikiran Belajar Alkitab meningkatkan iman kita dan mempersiapkan kita untuk mengalami kebangunan rohani. Gereja dihidupkan kembali disaat firman Tuhan menjadi pusat dan diterapkan secara praktis dalam hati dan pikiran masing-masing anggota. Perubahan datang ketika membaca firman Tuhan dengan doa, meminta Roh Kudus memberikan kepada kita kuasa untuk menjadi seperti Kristus.

19 “Mereka yang berusaha untuk menuruti semua perintah Allah akan ditentang dan dicemoohkan. Mereka bisa berdiri hanya di dalam dan oleh pertolongan Allah. Agar dapat menanggung pencobaan yang akan datang, mereka harus mengerti kehendak Allah sebagaimana yang dinyatakan dalam firman- Nya. Mereka bisa menghormati-Nya hanya apabila mereka mempunyai pengertian yang benar mengenai tabiat-Nya, pemerintahan- Nya dan maksud-maksud-Nya, dan bertindak sesuai dengan itu. Hanya mereka yang telah membentengi pikirannya dengan kebenaran- kebenaran Alkitab yang akan bertahan melewati pertentangan yang besar terakhir itu.” E.G. White, Alfa dan Omega, jilid 8, hal. 624, 625.

20 Aplikasi 1.Setiap orang diharapkan dapat : a.MEMAHAMI lebih mendalam betapa pentingnya mengenal Allah melalui Firman-Nya. b.MEMAHAMI lebih lengkap pentingnya firman baik dalam memelihara pertumbuhan rohani dan menjaga setiap orang percaya dari tipuan si jahat. 2. Setiap orang diharapkan dapat : MEMBANTU mengembangkan keinginan untuk mempelajari Firman Allah dengan pikiran terbuka dan hati gembira. 3.Setiap orang diharapkan dapat : BERKOMITMEN untuk menghabiskan waktu bersama dengan Yesus dalam firman-Nya setiap hari dan berusaha untuk menerapkan prinsip-prinsip Alkitab, belajar dalam situasi praktis bagi kehidupan sehari-hari mereka. Prepared by : tft,ss/pp dsks 3/3/13 Alamat & Telp , Hp Prepared by : tft,ss/pp dsks 3/3/13 Alamat & Telp , Hp SELAMAT MELAYANI DAN TUHAN MEMBERKATI


Download ppt "“Perjuangkanlah perkaraku dan tebuslah aku, hidupkanlah aku sesuai dengan janji-Mu.” Mazmur 119 : 154 Ayat Hafalan :"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google