Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Ayat Hafalan : “Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak- anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan mem-berikan yang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Ayat Hafalan : “Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak- anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan mem-berikan yang."— Transcript presentasi:

1

2 Ayat Hafalan : “Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak- anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan mem-berikan yang baik kepada mereka yang meminta kepada-Nya." Matius 7 : 11

3 Pendahuluan Allah bergerak luar biasa selama uamt-Nya berdoa. Kebanguna-kebangunan rohani yang luar biasa di seluruh Alkitab dimandikan dalam doa. Kehidupan berdoa Yesus mengungkapkan ketergantungan yang konstan kepada Bapa Surgawi-Nya. Sumber kekuatan Yesus terletak pada lutut-Nya bersama Bapa dan menerima kekuatan-Nya yang terbesar melalui doa. Doa adalah bagian yang terpenting dalam hidup Yesus. Doa-doa memberikan kepada-Nya kese- garan rohani dan kuasa. Yesus menga- lami penyegaran rohani dan pengalaman yang baru dengan Bapa setai hari mela- lui kehidupan berdoa-Nya.

4 Pendahuluan Semakin banyak kita berdoa semakin kita mengizinkan Roh Kudus untuk “menyalibkan” keinginan kita yang berdosa. Dalam pertentangan besar yang baik dan yang jahat, doa memungkinkan Allah bekerja lebih kuat dalam hidup kita. Dalam doa kita bebas mengakui ketergan- tungan mutlak kita kepada Allah dan mem- beri-Nya kebebasan untuk campur tangan dalam kehidupan kita. Semakin banyak kita berdoa, semakin kita mengakui semua kecu- kupan-Nya. Ketika kita berdoa, Roh Kudus- Nya memper-siapkan hati kita untuk meneri- ma lebih dari Dia.

5 H al yang perlu DIRENUNGKAN untuk DIDISKUSIKAN ! 1.Mengapa doa menjadi aspek yang sangat penting bagi kebangunan rohani? Bagaimanakah peranan doa bagi pertumbuhan gereja Perjanjian Baru? 2.Apakah bagian yang paling penting dari kehidupan doa Yesus yang menjadi pelajaran bagi kelangsungan kehidupan kerohanian kita sekarang? 1.Mengapa doa menjadi aspek yang sangat penting bagi kebangunan rohani? Bagaimanakah peranan doa bagi pertumbuhan gereja Perjanjian Baru? 2.Apakah bagian yang paling penting dari kehidupan doa Yesus yang menjadi pelajaran bagi kelangsungan kehidupan kerohanian kita sekarang? 3.Apakah peranan doa dalam membangun kerohanian untuk menang mengalahkan tipu muslihat setan? Mengapa kita harus meminta Roh Kudus-Nya? 4.Ciri apakah yang Paulus tambahkan kepada kehidupan doa yang efektif?

6 Roh Kudus yang dicurahkan pada orang percaya dalam Kitab Para Rasul dengan cara yang berbeda yang berkuasa untuk: 1.Menyetuh hati dan merubah kehidupan 2.Tiga ribu orang ditambahkan kedalam gereja (Kis 2 : 41) 3.Sekitar lima ribu orang menjadi percaya (Kis 4:4) 4.Orang dulunya menantang Yesus menjadi taat kepada iman (Kis 6:7) DOA DAN KEBANGUNAN DALAM KISAH PARA RASUL 5. Gereja-gereja diseluruh Yudea, Galilea dan Samaria telah berlipat ganda (Kis 9:31). 6.Injil bergerak melintasi batas budaya dan geografis. “Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi” (Kisah 1 : 8).

7 RAHASIA TERJADINYA KEBANGUNAN Rahasia kebangunan pada gereja mula-mula adalah : 4.Mereka semua penuh dengan Roh Kudus, lalu mereka memberitakan firman Allah dengan berani (Kisah 4 : 31). 5.Mereka memusatkan pikiran dalam doa dan pelayanan Firman (Kisah 6 : 3,4). 6.Mereka makan bersama-sama dengan gembira dan dengan tulus hati sambil memuji Allah dan mereka disukai semua orang ( Kisah 2 : 46,47). 1.Mereka bertekun dengan sehati berdoa bersama dalam menantikan kecurahan Roh Kudus (Kisah 1 : 4, 14). 2.Mereka memilik kuasa setelah menerima kecurahan Roh Kudus (Kisah 1 : 8). 3.Mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dan dalam persekutuan, selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa (Kis 2 : 42).

8 PERNYATAAN Pdt.R.A.TORREY Sebagai seorang pengkhotbah kebangunan rohani di Inggris Raya dan Amerika Utara mengatakan : “Kita terlalu sibuk untuk berdoa dengan demikian juga kita terlalu sibuk untuk memiliki kuasa. Kita memiliki banyak kegiatan, tetapi kita mencapai sedikit, banyak pelayanan-pelayanan tetapi sedikit pertobatan, banyak perlengkapan tetapi sedikit hasil.” Berdoa Tanpa Bekerja - itu sama dengan Mengemis. Tetapi Bekerja Tanpa Berdoa - itu sama dengan 'Perbudakan'! Mulai hari ini Jadikan Doa sebagai 'Nafas Hidup' anda. Bekerjalah dengan disertai 'Doa' maka Hasilnya pasti penuh 'Mujizat' !

9 KEHIDUPAN BERDOA YESUS Doa adalah bagian terpenting dalam hidup Yesus. Doa adalah jalur kehidupan-Nya kepada Allah. Setiap hari Juruslamat memperbaharui hubungan-Nya dengan Bapa-Nya melalui doa. Doa memberikan kepadanya kesegaran rohani dan kuasa. Kehidupan berdoa Yesus memberikan kepada-Nya semangat dan kekuatan untuk menghadapi pencobaan musuh.Yesus secara teratur menemukan tempat yang tenang untuk berdoa dan bersekutu dengan Bapa-Nya. “Pagi-pagi benar, waktu hari masih gelap, Ia bangun dan pergi ke luar. Ia pergi ke tempat yang sunyi dan berdoa di sana” (Markus 1 : 35). “Akan tetapi Ia mengundurkan diri ke tempat-tempat yang sunyi dan berdoa” (Lukas 5:16). “Yesus pergi berdoa sendirian” (Lukas 9 : 18). “Ketika Ia sedang berdoa,rupa wajah-Nya berubah dan pakaian-Nya menjadi putih berkilau-kilauan” (Lukas 9 : 29).

10 BAGIAN PENTING DARI DOA YESUS  Dia berdoa bagi orang percaya dan pemberitaan mereka.  Dia berdoa agar umat-Nya menjadi satu sama seperti Anak dan Bapa adalah satu.  Dia berdoa agar dimana Dia dan Bapa berada umat-Nya pun berada (Yohanes 17:20-24).  Dia berdoa agar iman umat-Nya tidak gugur (Lukas 22:31-32).  Dia berdoa agar kehendak Bapa yang jadi dalam kehidupan-Nya (Matius 26 : 36 – 44). “Kristus terus menerus menerima dari Bapa, agar Ia bisa berbicara kepada kita. “Firman yang engkau dengar”,kata-Nya, bukanlah dari diri-Ku, tetapi dari Bapa yang mengutus Aku. Anak manusia datang bukan untuk dilayani tetapi melayani. Bukan untuk dirinya sendiri, tetapi untuk orang lain, Ia hidup dan berpikir dan berdoa. Dari waktu yang berjam-jam yang Ia gunakan bersama Allah, pagi demi pagi Ia membawa terang surga kepada manusia. Setiap pagi dini hari, Tuhan membangunkan DIA dari tidur-Nya, lalu jiwa serta bibir-Nya diurapi dengan kasih karunia, agar Ia dapat memberi kepada orang lain” RH, 11 Agust 1910

11 BERDOA BERSAMA-SAMA Ada kuasa yang tidak biasa dalam doa bersama Yakobus, Petrus dan Yohanes menemani Yesus berdoa di gunung pemuliaan. Lukas 22:39-40 Dia mendesak mereka untuk bersatu dengan- Nya dalam doa di Taman Getsemani. Matius 18:19-20 Di mana dua atau tiga orang berkumpul dalam nama- Ku, doamu akan dikabulkan dan di situ Aku ada di tengah-tengah mereka. Matius 17:1,2 John Bunyan berkata, “Anda dapat melakukan lebih dari pada berdoa, hanya setelah saudara berdoa, tetapi saudara tidak dapat melakukan lebih dari pada berdoa sebelum saudara berdoa.”

12 KEBEBASAN KITA Dia telah menciptakan kita dengan kemampuan untuk membuat pilihan-pilihan moral.Allah melakukan segala sesuatu yang bisa Ia lakukan untuk kita dan melalui kita sebelum kita berdoa, tetapi Ia dibatasi oleh pilihan kita. Dalam doa kita memiliki kesempatan untuk : 1.Mengakui ketergantungan mutlak kita kepada Allah 2.Memberi-Nya kebebasan untuk campur tangan dalam kehidupan kita. 3.Semakin banyak kita berdoa semakin kita mengakui semua kecukupan-Nya. 4.Ketika kita berdoa, Roh Kudus-Nya mempersiapkan hati kita untuk menerima lebih dari Dia. 5.Doa memungkinkan Allah bekerja lebih kuat dalam diri kita. 6.Melalui doa kita mengizinkan Roh Kudus “menyalibkan” keinginan kita yang berdosa.

13 KEBEBASAN KITA Satu-satunya pengharapan kita adalah hubungan kita dengan Yesus. Dalam hubungan itu membutuhkan kehidupan doa sebagai sejata rohani untuk peperangan rohani. Kemenangan Yesus dalam mengalahkan musuh (Iblis) terletak pada doanya demikian juga dengan kita. Berada di dunia tetapi tidak berjuang secara dunia, tetapi diperlengakapi oleh senjata kuasa Allah untuk : 1.Mematahkan setiap siasat orang 2.Meruntuhkan benteng-benteng 3.Menentang setiap kubu keangkuhan manusia. “Kita harus menyisihkan waktu untuk meditasi dan berdoa demi penerimaan peperangan rohani. Kita tidak menilai kuasa dan menanjuran doa sebagaimana selayaknya. Doa dan iman dapat melakukan apa yang tidak dapat dilakukan oelh kuasa dunia.” EGW, Membina Keluarga Sehat, hal. 474.

14 DOA YANG EFEKTIF Ada banyak cara yang efektif untuk berdoa. Buku Mazmur sangan inspiratif sebagai materi pelajaran untuk berdoa. Memadukan nyanyian dan doa. Berdoa sendirian dan mengambil waktu bersama dengan Allah dilingkungan alam yang tenang. Cara berdoa yang efektif adalah : 1.Memuji Tuhan dalam segala waktu (Mazmur 34 : 2). 2.Bersyukur dan jujur dalam jalan-jalan-Nya (Mazmur 50 : 23). 3.Melalui kita jalan-jalan-Nya dapat dikenal oleh semua bangsa (Mazmur 67:3). 4.Mengakui kebesaran Allah atas kehadiran kita dalam kandungan hingga dilahirkan ke dunia (Mazmur 71:6).

15 DOA YANG EFEKTIF Garis besar formula doa adalah : 1.Awalilah dengan pujian dan penyembahan, berterimakasih kepada Allah atas kebaikan-Nya. 2.Mengakui kesalahan dan kekurangan kita dan memohon pengampunan-Nya. 3.Menyampaikan permohonan-permohonan kita yang seturut dengan kehendak-Nya. 4.Berterimakasih atas jawaban doa dan janji Allah yang pasti. Doa adalah nafas hidup orang percaya, jika doa adalah sesuatu yang efektif maka doa adalah segalanya bagi kita. Doa memberikan pendengaran bagi orang tuli, penglihatan bagi orang buta, kehidupan bagi orang mati dan keselamatan bagi orang berdosa.

16 DOA YANG BERKENAN KEPADA TUHAN 1. Penuh pujian dan syukur atas segala sesuatu ( Maz 65 : 2,3; Efesus 5:20 ) 2. Percaya bahwa Tuhan Yesus mende- ngar dan menjawab doa kita ( Maz 65:3 ) 3. Memohon keampunan dan selesaikan dosa yang menghalangi doa dijawab oleh Tuhan ( Maz 65:4 ) 4. Berdoa dalam nama Tuhan Yesus Kristus ( Maz 65:5 ) 5. Percaya bahwa Tuhan adalah sumber dari segala pertolongan ( Maz 65:6 ). 6. Dalam doa dan permohonan berdoalah di dalam Roh denga permohonan yang tidak putus- putusnya ( Efesus 6:18).

17 7.Nyatakan kepada Tuhan segala keinginan dengan doa dan permohonan dengan ucapan syukur (Filipi 4 : 6). 8.Sesuaikan diri dengan rencana Tuhan dan taat tanpa syarat(Maz 65:7-14). 9.Percaya bahwa Tuhan adalah sumber berkat (Maz 65:10). 10.Percaya bahwa Tuhan lebih besar dari segala sesuatu (Maz 65:7-14). 11.Percaya bahwa Tuhan sumber dari segala mujizat (Maz 65:7-14). 12.Percaya bahwa Tuhan mengasih dan peduli(Maz 65:7-14). DOA YANG BERKENAN KEPADA TUHAN

18 “Dan umat-Ku, yang atasnya nama-Ku disebut, merendahkan diri, berdoa dan mencari wajah-Ku, lalu berbalik dari jalan- jalannya yang jahat, maka Aku akan mendengar dari sorga dan mengampuni dosa mereka, serta memulihkan negeri mereka.” 2 Tawarik 7 : 14

19 PERTANYAAN PENERAPAN 1.Apakah doa saya sudah menjadi bagian integral dari kehidupan rohani? 2.Apakah saya sudah menjadikan doa mejadi nafas kehidupan kerohanian saya setiap saat? 3.Sudahkah saya menjadi seorang pendoa yang efektif? Doa adalah pengakuan kita bahwa benar-benar bergantung pada-Nya dan bahwa mengenal Dia adalah prioritas dari kehidupan kita.

20 KESIMPULAN “Setiap pagi dini hari, Tuhan membangunkan Dia dari tidur- Nya, lalu jiwa serta bibir-Nya diurapi dengan kasih karunia agar Ia dapat memberi kepada orang lain.” RH, 11 Agustrus 1910 Melalui doa kita dapat lebih memahami hati Tuhan, mengetahui kehendak-Nya lebih lengkap dan mengalami kehadiran-nya dengan lebih kuat. Melalui doa kita hikmat dan kekuatan-Nya menjadi milik kita. Doa adalah saluran komunikasi antara kita dengan Allah.

21 Hal ini membuka hati kita untuk menerima pencurahan Roh Kudus untuk kebangunan rohani. Tanpa doa tidak akan ada kebangunan rohani yang kekal. “Kebangunan perlu diharapkan hanya dalam jawaban terhadap doa.” 1SM,121. “Kita harus menyisihkan waktu kita untuk bermeditasi dan berdoa demi penerimaan penyegaran rohani. Kita tidak menilai kuasa dan kemanjuran doa sebagaimana layaknya. Doa dan iman dapat melakukan apa yang tidak dapat dilakukan oleh kuasa dunia.” EGW, Membina Keluarga Sehat, hal.474.

22 Aplikasi 1.Setiap orang diharapkan dapat : a.MENGENALI ketidakmungkinan sama sekali untuk mengembangkan pengalaman yang intim dengan Yesus tanpa doa, dan menyadari hak istimewa yang sangat besar dalam mengenal Yesus melalui doa. b.MENGUNGKAPKAN hubungan intim antara doa dan kebangunan rohan 2.Setiap orang diharapkan dapat MENGALAMI kebutuhan yang mendalam untuk menggunakan waktu secara teratur bersama Yesus dalam doa. 3.Setiap orang diharapkan dapat MEMBUAT keputusan untuk menggenggam hak istimewa dari doa itu dan sisihkan waktu tertentu setiap hari untuk mengenal Yesus lebih baik melalui doa. Prepared by : tft,ss/pp dsks 2/3/13 Alamat & Telp , Hp Prepared by : tft,ss/pp dsks 2/3/13 Alamat & Telp , Hp SELAMAT MELAYANI DAN TUHAN MEMBERKATI


Download ppt "Ayat Hafalan : “Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak- anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan mem-berikan yang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google