Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Ayat Hafalan : “Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam Kristus Yesus. Filipi 4 :19.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Ayat Hafalan : “Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam Kristus Yesus. Filipi 4 :19."— Transcript presentasi:

1

2 Ayat Hafalan : “Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam Kristus Yesus. Filipi 4 :19

3 Pendahuluan Allah memelihara ciptaan dengan teratur sehingga alam semesta kadang-kadang dibandingkan dengan sebuah mesin yang Allah biarkan berputar sendiri. Sesungguhnya lebih dari pada mesin bahwa Allah terus menerus terlibat dalam memelihara apa yang telah Dia ciptakan. Allah memelihara ciptaan dengan teratur sehingga alam semesta kadang-kadang dibandingkan dengan sebuah mesin yang Allah biarkan berputar sendiri. Sesungguhnya lebih dari pada mesin bahwa Allah terus menerus terlibat dalam memelihara apa yang telah Dia ciptakan.

4 Segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia. Ia ada terlebih dahulu dari segala sesuatu dan segala sesuatu ada di dalam Dia. Kuasa pemeliharaan Allah adalah sama dengan daya cipta- Nya, dan kita menemukan kuasa pemeliha-raan yang kreatif ini sedang bekerja baik dalam pembenaran maupun penebusan. Allah terus memelihara dunia dan alam semesta yang diciptakan-Nya. Segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia. Ia ada terlebih dahulu dari segala sesuatu dan segala sesuatu ada di dalam Dia. Kuasa pemeliharaan Allah adalah sama dengan daya cipta- Nya, dan kita menemukan kuasa pemeliha-raan yang kreatif ini sedang bekerja baik dalam pembenaran maupun penebusan. Allah terus memelihara dunia dan alam semesta yang diciptakan-Nya.

5 Hal yang perlu DIRENUNGKAN untuk DIDISKUSIKAN ! 1.Apakah peran Yesus dalam kelanjutan alam semesta setelah penciptaan? Perhatian khusus apakah yang Allah lakukan setelah kejatuhan Adam dan Hawa dalam dosa? 2.Bagaimanakah pemeliharaan Allah yang berkelanjutan terhadap ciptaan-Nya menyatakan tujuan dan kehendak-Nya? 3.Apakah perbedaan antara evolusi dan penciptaan yang dapat memperdalam kasih sayang anda kepada Allah sebagai Pencipta alam semesta? 4.Dengan cara apakah anda dapat menenpatkan Firman Allah dengan tepat untuk menguji dan mengalami kuasa kreatif-Nya? 1.Apakah peran Yesus dalam kelanjutan alam semesta setelah penciptaan? Perhatian khusus apakah yang Allah lakukan setelah kejatuhan Adam dan Hawa dalam dosa? 2.Bagaimanakah pemeliharaan Allah yang berkelanjutan terhadap ciptaan-Nya menyatakan tujuan dan kehendak-Nya? 3.Apakah perbedaan antara evolusi dan penciptaan yang dapat memperdalam kasih sayang anda kepada Allah sebagai Pencipta alam semesta? 4.Dengan cara apakah anda dapat menenpatkan Firman Allah dengan tepat untuk menguji dan mengalami kuasa kreatif-Nya?

6 1.Segala sesuatu, baik yang bendawi maupun yang rohani telah ada karena karya Kristus sebagai pelaksana yang aktif dalam penciptaan. 2.Segela sesuatu tetap bersatu dan terpelihara di dalam Dia. (Kolose 1 : 16,17). 3. Menyediakan pengampunan dosa melalui kematian di salib 4. Mengambil penuh kuasa dan duduk disebelah kanan Allah, melakukan penebusan, pengantaraan, Imam besar, juru syafaat dan pembaptisan dengan Roh. (Ibrani 1 : 3). Yesus terus mempertahankan keberadaan alam semesta dengan kuasa-Nya, menciptakan dan memelihara-Nya. Allah tidak berada di dalam ciptaan, Allah juga tidak bergantung pada alam semesta dalam cara apapun. Paulus menegaskan kegiatan Yesus dalam penciptaan yaitu :

7 Allah adalah yang menciptakan bumi dan segala yang diam di dalamnya. Oleh karena itu alam semesta ini bergantung pada Allah. Sebagai ciptaan kita bergantung sepenuhnya pada kuasa pemeliharaan Allah, saat demi saat, hari demi hari. Karena kasih-Nyalah kita terus ada dan mampu bertindak dan membentuk hubungan. “Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.” 2 Koritus 5 : 17 Orang yang menolak keselamatan pun, eksistensi mereka tetap tergantung pada kuasa pemeliha-raan Allah. “... Dan tidak tuanku muliakan Allah, yang menggenggam nafas tuanku dan menentukan segala jalan tuanku.” Dan 5 : 23 “Sebab di dalam Dia kita hidup, kita bergerak, kita ada, seperti yang telah juga dikatakan oleh pujangga-pujanggamu: Sebab kita ini dari keturunan Allah juga.” Kisah 17 : 28

8 Ketika Allah menciptakan makhluk hidup, Dia menyediakan makanan bagi mereka, yaitu : Tumbuh-tumbuhan, buah-buahan dan biji- bijian untuk manusia dan hewan. Allah tidak pernah menciptakan makhluk hidup untuk saling memangsa dan bersaing dalam memperoleh sumber makanan. Sang Penyedia mengharapkan agar setiap orang dapat hidup tanpa perlu melakukan kekerasan. “Maka Allah melihat segala yang dijadikan- Nya itu, sungguh amat baik. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari keenam.” Kejadian 1 : 31 Tuhan dengan keindahan dan keragaman makanan, merupakan persediaan dari kasih dan rahmat Tuhan Alla yang berkelimpahan. Allah selalu konsisten dalam tindakannya bahwa Allah telah menyediakan makan bagi semua ciptaan –Nya.

9 “Selanjutnya TUHAN Allah membuat taman di Eden, di sebelah timur; disitulah ditempatkan-Nya manusia yang dibentuk-Nya itu. Lalu TUHAN Allah menumbuhkan berbagai- bagai pohon dari bumi, yang menarik dan yang baik untuk dimakan buahnya; dan pohon kehidupan di tengah-tengah taman itu, serta pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat.” (Kejadian 2 : 8,9)

10 KEJAHATAN ALAM Di dalam pengakuan dan doa-doa Ayub terhadap Allah, ia menyatakan : 1.Allah dan kasih-Nya sempurna 2.Mengakui kesalahannya dan sipa untuk tunduk dan melayani Allah, apapun yang terjadi atas dirinya. 3.Menyerahkan diri kepada Allah dalam iman, pengharapan dan kasih. Di dalam pengakuan dan doa-doa Ayub terhadap Allah, ia menyatakan : 1.Allah dan kasih-Nya sempurna 2.Mengakui kesalahannya dan sipa untuk tunduk dan melayani Allah, apapun yang terjadi atas dirinya. 3.Menyerahkan diri kepada Allah dalam iman, pengharapan dan kasih. Pengakuan Ayub terhadap pernyataan Allah, yaitu : 1.Allah telah melakukan segala sesuatu dengan baik. 2.Bahwa segala sesuatu yang diizinkan oleh Allah yang terjadi itu dilaksanakan dalam hikmat dan dengan tujuan yang baik. 3.Penderitaan orang benar mempunyai makna dan tujuan Ilahi.

11 KEJAHATAN ALAM Hubungan penderitaan Ayub dengan penebusan adalah : 1.Allah tetap peduli dan tidak membiarkan manusia tetap dalam penderitaan dan kematian. 2.Pada saatnya Allah yang akan melakukan pemulihan bagi seluruh umat ciptaan-Nya. 3.Setiap orang yang percaya kepada Allah pasti akan menikmati sukacita dalam persekutuan dengan Allah. Hubungan penderitaan Ayub dengan penebusan adalah : 1.Allah tetap peduli dan tidak membiarkan manusia tetap dalam penderitaan dan kematian. 2.Pada saatnya Allah yang akan melakukan pemulihan bagi seluruh umat ciptaan-Nya. 3.Setiap orang yang percaya kepada Allah pasti akan menikmati sukacita dalam persekutuan dengan Allah. Tuhan menghukum tiga sahabat Ayub atas teologi kemakmuran dan penderitaan mereka yang salah, yaitu : 1.Mereka mengajarka prinsip balas jasa dalam hal kemakmuran dan pendritaan yaitu yang benar akan senatiasa diberkati dan orang fasik senatiasa mengalami kemalangan. 2.Mereka mendorong Ayub mengakui suatu dosa yang tidak dibuatnya supaya lolos dari penderitaan dan menerima berkat dari Allah. 3.Mereka telah berbicara dengan angkuh ketika menyatakan bahwa Allah mendukung beberapa doktrin dan teologi mereka yang salah.

12 Alkitab mengajarkan bahwa Allah terus memelihara dunia dan alam semesta yang diciptakan-Nya. Allah yang memelihara adalah Allah yang aktif. Oknum yang selalu memberikan perhatian kepada ciptaan-Nya. Tuhan ingin kita percaya kepada janji-janji-Nya karena Dia masih bekerja, memelihara jagad raya dan semua yang ada didalamnya.

13 MEMERINTAH SUATU CIPTAAN YANG TELAH RUSAK “Karena dengan demikianlah kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar.” (Matius 5 : 45) Sebagian orang berpikir bahwa tidak ada perbedaan diantara orang fasik dan orang benar karena Allah sama-sama menerbitkan matahari dan menurunkan hujan kepada mereka. Ingat : Allah selalu konsiten dalam setiap tinda- kan-Nya termasuk di dalammenyatakan kasih- Nya yang memberikan kebebasan dan kuasa untuk memilih. “Maka nyata, bahwa Tuhan tahu menyelamatkan orang-orang saleh dari pencobaan dan tahu menyimpan orang-orang jahat untuk disiksa pada hari penghakiman.” (2 Petrus 2 : 9)

14 MEMERINTAH SUATU CIPTAAN YANG TELAH RUSAK “Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.” Roma 8 : 28 Bukti keterlibatan Allah dalam memelihara umat- Nya, yaitu: 1.Mendatangkan tulah (mujizat) kepada orang Mesir ketika Firaun tidak mengizinkan bangsa Israel keluar dari Mesir. Keluaran 10 : 13 2.Allah menyediakan makan bagi bangsa Israel ketika dalam perjalan menuju tanah Kanaan. Bilangan 11 : 31 3.Menahan mundur bayang-bayang matahari sepuluh tapak dan menyembuhkan serta memperpanjang umurnya 15 tahun. 2 Raja-raja 20 : 9 – 11. Allah secara aktif menyediakan kebutuhan ciptaan-Nya. Kita mungkin tidak memahami cara-cara Allah, tetapi kita tahu Dia memegang kendali. Allah menata ciptaan-Nya sehinga kita sering melihat keteraturan dan keagungannya.

15 PENYEDIA BAGI CIPTAAN YANG TELAH RUSAK Allah tidak menjadikan umat-Nya suatu kehidupan yang mewah tanpa sakit, tetapi dia berjanji menyediakan kebutuhan kita. Segala sesuatu yang lebih baik dari semua kebutuhan kita akan sediakan-Nya dan melalui kematian Yesus kita mendapatkan kasih karunia denga Cuma-Cuma. Kita tidak bisa melupakan realitas pertentangan besar dan bahwa kita berada dalam dunia yang telah jatuh, penuh penderitaan dan rasa takut. Allah tidak menjadikan umat-Nya suatu kehidupan yang mewah tanpa sakit, tetapi dia berjanji menyediakan kebutuhan kita. Segala sesuatu yang lebih baik dari semua kebutuhan kita akan sediakan-Nya dan melalui kematian Yesus kita mendapatkan kasih karunia denga Cuma-Cuma. Kita tidak bisa melupakan realitas pertentangan besar dan bahwa kita berada dalam dunia yang telah jatuh, penuh penderitaan dan rasa takut. Allah tetap menyediakan kebutuhan manusia walaupun mereka telah jatuh dalam dosa dan menyediakan segala sesuatunya tanpa memandang ketidaklayakan kita. “Dan janganlah kamu takut kepada mereka yang dapat membunuh tubuh, tetapi yang tidak berkuasa membunuh jiwa; takutlah terutama kepada Dia yang berkuasa membinasakan baik jiwa maupun tubuh di dalam neraka.” Matius 10 : 28

16 PENYEDIA BAGI CIPTAAN YANG TELAH RUSAK DR. Martin Lloyd James mengatakan: ”Akibat dari mengkuatirkan masa depan, anda mengerutkan diri anda sendiri, dan menjadikan wajah kita berkerut.” Menyerahkan kekuatiran pada Tuhan berarti : a. Berhenti dari rasa kuatir dan percayalah pada-Nya. b. Berhenti mengangkat beban dan berserahlah pada-Nya. c.Berhenti bersikap panik dan berdoalah pada-Nya. d. Percaya dan menurut anda akan menikmati berkatNya. DR. Martin Lloyd James mengatakan: ”Akibat dari mengkuatirkan masa depan, anda mengerutkan diri anda sendiri, dan menjadikan wajah kita berkerut.” Menyerahkan kekuatiran pada Tuhan berarti : a. Berhenti dari rasa kuatir dan percayalah pada-Nya. b. Berhenti mengangkat beban dan berserahlah pada-Nya. c.Berhenti bersikap panik dan berdoalah pada-Nya. d. Percaya dan menurut anda akan menikmati berkatNya. Hikmat dan kasih Allah itu akan semakin sempurna. Pekerjaan hidup di dunia ini adalah persiapan untuk hidup kekal. Oleh karna itu kita harus : 2. Menyerahkan diri pada Tuhan, Roma 6 : Menyerahkan hati pada Tuhan, Lukas 23 : 42–43; Ibr 4 : 7 4. Menyerahkan segala perbuatan kita pada Tuhan, Amsal 16 : 3 1.Menyerahkan kekuatiran kita pada Tuhan, Mat 6 : 25 Connie Ten Boom mengatakan: ”Kekuatiran tidak mengosongkan hari esok yang penuh derita, kekuatiran mengosongkan hari esok yang berisi kekuatan.”

17 PENYEDIA BAGI CIPTAAN YANG TELAH RUSAK 5. Menyerahkan harta/milik kita pada Tuhan, Luk 21 : 34. “ Kristus menunggu dengan penuh kerinduan dan bila tabiat Kristus akan ditampilkan dengan sempurna. Ia akan datang untuk menerima kita menjadi milik-Nya.” EGW. COL, hal Menyerahkan harta/milik kita pada Tuhan, Luk 21 : 34. “ Kristus menunggu dengan penuh kerinduan dan bila tabiat Kristus akan ditampilkan dengan sempurna. Ia akan datang untuk menerima kita menjadi milik-Nya.” EGW. COL, hal.69. “Jika kita memberi hati kepada persatuan dengan Kristus dan kehidupan kita selaras dengan pekerjaan-Nya, maka Roh Kudus yang turun pada hari Pentakosta akan turun pula ke atas kita.” EGW. Evangelism, hal “Pandanglah burung-burung di langit, yang tidak menabur dan tidak menuai dan tidak mengumpulkan bekal dalam lumbung, namun diberi makan oleh Bapamu yang di sorga. Bukankah kamu jauh melebihi burung-burung itu?” Matius 6 : 26

18 “Tangan yang menopang dunia-dunia di angkasa raya, tangan yang memegang dengan tertib susunan dan kegiatan segala sesuatu dengan tidak mengenal lelah, di seluruh semesta alam, Allah adalah tangan yang dipakukan pada salib karena kita.” EG.White, Membina Pendidikan Sejati, hal. 119.

19 PERTANYAAN PENERAPAN 1.Sudahkah saya bergantung sepenuhnya kepada Allah yang menciptakan dan memelihara saya? 2.Dapatkah saya menjadikan kebenaran firman Allah untuk mempercayai pemeliharaan Allah yang seutuhnya bagi kehidupan saya? 3.Dengan cara apakah saya dapat membiarkan kuasa daya cipta dan pemeliharaan Allah memperbaharui semua bidang kehidupan saya? “Alam adalah suatu kuasa, tetapi Allah pemilik alam itu tidak terbatas kuasa-Nya. Karya- karya-Nya menjelaskan karakter-Nya dan bukan dari anggapan orang-orang besar, akan melihat kehadiran-Nya dalam segala hal.” Ellen G.White, The Signs of the Times, 13 Maret 1884.

20 KESIMPULAN Pekerjaan pemeliharaan Allah ini tidak cocok dengan semua pandangan tentang Allah tetapi membutuhkan presfektif tertentu tentang siapa Allah itu. Allah memiliki tujuan dan rancangan yang Dia pertahankan. Hal ini tidak cocok dengan model evolusi dimana tidak ada rancangan, hanya proses acak yang tidak terarah.

21 Doktrin tentang pemeliharaan Ilahi membutuhkan pandangan tertentu tentang Allah yang tanpaknya tidak sesuai dengan pandangan panenteisme dan panteisme, pandangan yang cenderung membuat Allah tidak dapat diandalkan atau sama-sama koran dari kekuatan alam yang lebih besar dari pada diri-Nya.

22 Aplikasi 1.Setiap orang diharapkan dapat MEMAHAMI mengapa pemeliharaan Allah di dunia adalah penting bagi kehidupan rohani seseorang. 2.Setiap orang diharapkan dapat MENGAHARGAI pentingnya kuasa pemeliharaan Allah untuk kehidupan rohani. 3.Setiap orang diharapkan dapat BERUSAHA untuk lebih bergantung sepenuhnya pada kuasa pemeliharaan Allah dalam kehidupan kita. Prepared by : tft, ss/pp dsks 8/1/13 Alamat Telp No.Hp TUHAN MEMBERKATI...Selamat Melayani...

23 BAGI BAPAK,IBU,SDR,SDRI YANG TERPANGGIL UNTUK MENDUKUNG PENGINJILAN KAMI SUDILAH MENGIRIMKAN BANTUAN DANA ANDA MELALUI : Bank Mandiri, No. Rek , A.n. Togu F. Tampubolon. Kcp. Jln. Kapten Rivai, Palembang, Sumatera Selatan. “TERIMAKASIH & TUHAN KIRANYA MEMBERKATI” Prepared by : tft,ss/pp dsks 7/1/13 Alamat Telp No.Hp Selamat Melayani...


Download ppt "Ayat Hafalan : “Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam Kristus Yesus. Filipi 4 :19."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google