Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SiswaNF.com. A. Muatan Listrik Muatan listrik terdiri dari 3, yaitu: 1. Proton (bermuatan positif) 2. Elektron(bermuatan negatif) 3. Neutron (netral/tidak.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SiswaNF.com. A. Muatan Listrik Muatan listrik terdiri dari 3, yaitu: 1. Proton (bermuatan positif) 2. Elektron(bermuatan negatif) 3. Neutron (netral/tidak."— Transcript presentasi:

1 SiswaNF.com

2 A. Muatan Listrik Muatan listrik terdiri dari 3, yaitu: 1. Proton (bermuatan positif) 2. Elektron(bermuatan negatif) 3. Neutron (netral/tidak bermuatan) Gambar model atom Rutherford ELEKTRON NEUTRON PROTON

3 Macam-macam benda berdasarkan jumlah muatan listriknya  Suatu benda yang jumlah proton = elektronnya disebut benda netral.  Benda yang jumlah protonnya > elektron disebut benda bermuatan listrik positif  Benda yang jumlah elektronnya > dari jumlah proton, disebut benda bermuatan listrik negatif

4 B. Cara menjadikan benda bermuatan listrik Ada 3 cara untuk menjadikan sebuah benda yang netral menjadi bermuatan listrik 1. Menggosok  Contoh 1: penggaris digosok dengan kain wol, akan menjadikan elektron dari kain wol lepas dan berpindah ke penggaris, menyebabkan penggaris kelebihan elektron. Hal ini menyebabkan penggaris menjadi bermuatan listrik negatif  Contoh 2: kaca digosok dengan kain sutra, akan menjadikan elektron kaca lepas dan berpindah ke sutra. Hal ini menyebabkab kaca kekurangan elektron, sehingga menjadi bermuatan listrik positif.

5

6  Contoh 3: sisir plastik digosok ke rambut kering, elektron rambut kering akan lepas dan pindah ke sisir plastik. Sehingga sisir plastik menjadi bermuatan listrik negatif.  Contoh 4: balon digosok dengan kain wol, elektron kain wol akan lepas dan pindah ke balon. Sahingga balon menjadi bermuatan listrik negatif.

7 2. Induksi  Menjadikan benda bermuatan listrik dengan cara mendekatkan benda yang sudah bermuatan listrik ke benda yang netral.  Contoh 1: penggaris yang sudah bermuatan listrik negatif didekatkan ke potongan kertas. Pada Potongan kertas akan terjadi pemisahan muatan. Muatan positif akan berada di bagian yang dekat dengan penggaris, sedang muatan negatif akan berada di bagian yang jauh dari penggaris.

8 Perhatikan gambar! Ketika penggaris didekatkan pada potongan kertas, Akan terjadi pemisahan muatan pada kertas. Proton akan ketarik oleh penggaris dan berkumpul di bagian atas, elektron akan berkumpul di bagian bawah Penggaris Kertas

9 Contoh 2. elektroskop didekati benda bermuatan listrik, maka kedua kepingnya akan mengembang. Perhatikan gambar! Proton dalam elektroskop akan tertarik ke atas dan terkumpul di kepala elektroskop, sedangkan elektronnya akan tertolak ke bawah dan berkumpul di kedua keping elektroskop, mengakibatkan kedua kepinh mengembang karena kedua muatannya sama (tolak-menolak)

10 C. Gaya Listrik/ gaya Coulomb/ gaya elektrostatistik  Jika ada dua muatan listrik yang berdekatan, maka antara keduanya akan terjadi gaya tarik atau tolak  Jika muatannya sejenis, maka akan saling tolak  Jika muatannya tidak sejenis, maka akan saling tarik  Besarnya gaya antara kedua muatan disebut “GAYA COULOMB” q1q2

11 F = (k x Q 1 x Q 2 )/r 2  Gaya coulomb dapat dihitung dengan persamaan: Keterangan : F = Gaya coulomb (Newton) K = konstanta = 9 x 10 9 Nm 2 /C 2 Q 1, Q 2 = muatan listrik (Coulomb) r = jarak antar kedua muatan (meter)

12 CONTOH SOAL Dua buah muatan lsitrik 2 C dan 5 C terpisah sejauh 50 cm. berapakah gaya antara kedua muatan jika k =9 x 10 9 Nm 2 /C 2 ? Diket: Q1 =2C Q2=5C r=50 /cm=0,5 m k = 9 x 10 9 Nm 2 /C 2 Ditanya: F=….? F=(k x Q1 x Q2 )/r 2 F= (9 x 10 9 x 2 x 5 )/0,5 2 F= 90 x 10 9 /0,25 F=360 x 10 9 F = 3,6 x N

13 MEDAN LISTRIK Medan listrik adalah daerah di sekitar muatan listrik yang masih terpengaruh oleh muatan tersebut. Arah medan listrik (E) + -

14 PENERAPAN LISTRIK STATIS

15

16 Terjadinya petir  Awan memiliki jumlah proton dan elektron yang sama,  Karena adanya angin, maka terjadi gesekan antara partikel awan dengan udara dan menyebabkan awan menjadi bermuatan listrik.  Elektron akan berkumpul di bagian bawah awan, sedangkan proton berada di bagian atas awan  Ketika awan bermuatan listrik ini melewati sebuah benda, misalnya gedung, maka awan akan menginduksi gedung dan menyebabkan bagian atas gedung bermuatan listrik positif.  Karena perbedaan muatan antara awan dengan gedung, maka elektron dari awan akan loncat menuju ke gedung  Loncatan elektron ini melewati udara dan menyebabkan udara memuai tiba-tiba  Pemuaian tiba-tiba ini menghasilkan api serta suara gemuruh.

17 Untuk pengamanan, maka sebuah gedung bertingkat dipasang penangkal petir yang terbuat dari konduktor serta berujung lancip. Fungsinya: jika penangkal petir tersambar oleh petir, maka petir akan disalurkan ke tanah sehingga tidak membahayakan.

18 Generator VAN DE GRAFF  Generator Van De Graff menghasilkan muatan listrik dengan prinsip penggosokan.  Gesekan antara karet dengan silinder logam menghasilkan muatan negatif  Gesekan antara karet dengan silinder politen menghasilkan muatan positif  Perpotaran karet dari atas ke bawah membawa elektron ke kubah dan membawa proton ke tanah untuk dinetralkan.  Ketika seseorang memegang kubag sebuah generator Van De Graff, maka rambutnya akan berdiri.

19

20


Download ppt "SiswaNF.com. A. Muatan Listrik Muatan listrik terdiri dari 3, yaitu: 1. Proton (bermuatan positif) 2. Elektron(bermuatan negatif) 3. Neutron (netral/tidak."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google