Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

M. Reza Kahar Aziz, ST

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "M. Reza Kahar Aziz, ST"— Transcript presentasi:

1 M. Reza Kahar Aziz, ST

2 Soal #1 Sebuah sinyal modulasi sudut memiliki persamaan: Carilah: Frekuensi sesaat Indeks modulasi Carson Bandwidth

3 Sinyal Termodulasi Jika  i (t) adalah sudut sinyal carrier yang telah dimodulasi oleh m(t), maka persamaan sinyal termodulasi menjadi:

4 Sudut Sinyal Carrier Termodulasi

5 Frekuensi Sesaat Sehingga kita definisikan frekuensi sesaat dari sinyal s(t)

6 Frekuensi Sesaat

7 FM adalah Frequency Modulation yaitu f i (t) berubah secara linier oleh m(t). k f : sensitifitas modulator frekuensi (Hertz/volt)

8 Komponen Frekuensi Frekuensi Carrier Deviasi frekuensi sinyal FM dari frekuensi carrier-nya Frekuensi sinyal pemodulasi atau sinyal pesan

9 Indeks Modulasi Perbandingan  f/f m disebut indeks modulasi (  ).

10 ET 3081/5281 Sistem KomunikasiSTEI - INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG 10 Bandwidth Transmisi Sinyal FM…  Dalam modulasi FM oleh sinyal sinusoidal, level frekuensi sisi menurun cepat setelah  f.  Pada  >> bandwidth FM mendekati 2  f.  Pada  << bandwidth FM mendekati 2f m.  Aturan pendekatan penentuan bandwidth FM dikemukakan oleh Carson dan disebut Rumus Carson :

11 Bandwidth Carson

12 Soal #2 Ketika sinyal pembawa dimodulasi (FM) oleh sinyal sinusoidal dengan frekuensi 2 kHz, deviasi frekuensi yang dihasilkan adalah 5 kHz Carilah: Indeks modulasi Carson Bandwidth Kalau sinyal pemodulasinya diubah sehingga frekuensinya menjadi setengah dari yang semula, dan amplitudonya menjadi tiga kali semula, Carilah: Indeks modulasi Carson Bandwidth

13 Indeks Modulasi

14 Carson Bandwidth

15 Sinyal Pemodulasi dirubah

16 Index Modulasi yang baru

17 Carson Bandwidth yang Baru

18 Soal #3 Sebuah sinyal modulasi sudut memiliki persamaan: Jika sinyal tersebut adalah PM dengan k p = 1, tentukan persamaan sinyal pemodulasinya Jika sinyal tersebut adalah FM dengan k f = π -1, tentukan persamaan sinyal pemodulasinya

19 ET 3081/5281 Sistem KomunikasiSTEI - INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG 19 Modulasi Sudut…  Konsep Dasar…  2 cara populer dalam membuat  i (t) berubah, yaitu PM dan FM.  PM adalah Phase Modulation yaitu  i (t) berubah secara linier oleh m(t). k p : sensitifitas modulator fasa (rad/volt)  Persamaan sinyal PM yang dihasilkan adalah:  FM adalah Frequency Modulation yaitu f i (t) berubah secara linier oleh m(t). k f : sensitifitas modulator frekuensi (Hertz/volt)

20 Sudut Sinyal Carrier Termodulasi

21 PM

22 Frekuensi Sesaat

23 FM FM adalah Frequency Modulation yaitu f i (t) berubah secara linier oleh m(t).

24 Soal #4 Di sebuah negara, stasiun pemancar FM komersial dibatasi deviasi frekuensinya pada 75 kHz. Selain itu, penggunaan frekuensi stasiun radio diatur seperti dalam tabel berikut: Sebuah stasiun radio ingin menyiarkan sinyal yang mencakup frekuensi 50 Hz sampai 15 kHz. Apakah Carson Bandwidth sesuai untuk digunakan? Bagaimana dengan Universal Curve Bandwidth?

25 ET 3081/5281 Sistem KomunikasiSTEI - INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG 25 Bandwidth Transmisi Sinyal FM…  Bandwidth transmisi sinyal FM dengan pemodulasi m(t) menggunakan rumus Carson: W adalah komponen frekuensi tertinggi sinyal m(t). D adalah deviation ratio sama seperti  pada modulasi FM single tone.  Penentuan B T dengan Carson dipandang terlalu rendah.  Penentuan B T dengan kurva universal dinilai terlalu tinggi.  Sehingga pilihan B T dalam praktis adalah diantara kedua boundary tersebut.

26 Bandwidth Carson

27 ET 3081/5281 Sistem KomunikasiSTEI - INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG 27 Bandwidth Transmisi Sinyal FM…  Cara lain menentukan bandwidth FM adalah dengan membatasi komponen frekuensi sisi yang amplitudonya tidak kurang dari 1% amplitudo carrier. n max adalah n terbesar yang memenuhi:  n max berubah sesuai nilai  yang dapat ditentukan dari fungsi J n (  )  2n max

28 Bandwidth Universal Curve

29 Analisa Frekuensi yang diatur pada negara tersebut untuk IF Bandwidth adalah 200kHz Carson bandwidth underestimate 10% Universal curve bandwidth overestimate 20% Sehingga pilihan B T dalam praktis adalah diantara kedua boundary tersebut.

30


Download ppt "M. Reza Kahar Aziz, ST"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google