Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

M. Reza Kahar Aziz, ST

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "M. Reza Kahar Aziz, ST"— Transcript presentasi:

1 M. Reza Kahar Aziz, ST www.rezakahar.wordpress.com http://id.linkedin.com/in/rezakahar rezakahar@gmail.com

2 Soal #1 Sebuah sinyal modulasi sudut memiliki persamaan: Carilah: Frekuensi sesaat Indeks modulasi Carson Bandwidth

3 Sinyal Termodulasi Jika  i (t) adalah sudut sinyal carrier yang telah dimodulasi oleh m(t), maka persamaan sinyal termodulasi menjadi:

4 Sudut Sinyal Carrier Termodulasi

5 Frekuensi Sesaat Sehingga kita definisikan frekuensi sesaat dari sinyal s(t)

6 Frekuensi Sesaat

7 FM adalah Frequency Modulation yaitu f i (t) berubah secara linier oleh m(t). k f : sensitifitas modulator frekuensi (Hertz/volt)

8 Komponen Frekuensi Frekuensi Carrier Deviasi frekuensi sinyal FM dari frekuensi carrier-nya Frekuensi sinyal pemodulasi atau sinyal pesan

9 Indeks Modulasi Perbandingan  f/f m disebut indeks modulasi (  ).

10 ET 3081/5281 Sistem KomunikasiSTEI - INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG 10 Bandwidth Transmisi Sinyal FM…  Dalam modulasi FM oleh sinyal sinusoidal, level frekuensi sisi menurun cepat setelah  f.  Pada  >> bandwidth FM mendekati 2  f.  Pada  << bandwidth FM mendekati 2f m.  Aturan pendekatan penentuan bandwidth FM dikemukakan oleh Carson dan disebut Rumus Carson :

11 Bandwidth Carson

12 Soal #2 Ketika sinyal pembawa dimodulasi (FM) oleh sinyal sinusoidal dengan frekuensi 2 kHz, deviasi frekuensi yang dihasilkan adalah 5 kHz Carilah: Indeks modulasi Carson Bandwidth Kalau sinyal pemodulasinya diubah sehingga frekuensinya menjadi setengah dari yang semula, dan amplitudonya menjadi tiga kali semula, Carilah: Indeks modulasi Carson Bandwidth

13 Indeks Modulasi

14 Carson Bandwidth

15 Sinyal Pemodulasi dirubah

16 Index Modulasi yang baru

17 Carson Bandwidth yang Baru

18 Soal #3 Sebuah sinyal modulasi sudut memiliki persamaan: Jika sinyal tersebut adalah PM dengan k p = 1, tentukan persamaan sinyal pemodulasinya Jika sinyal tersebut adalah FM dengan k f = π -1, tentukan persamaan sinyal pemodulasinya

19 ET 3081/5281 Sistem KomunikasiSTEI - INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG 19 Modulasi Sudut…  Konsep Dasar…  2 cara populer dalam membuat  i (t) berubah, yaitu PM dan FM.  PM adalah Phase Modulation yaitu  i (t) berubah secara linier oleh m(t). k p : sensitifitas modulator fasa (rad/volt)  Persamaan sinyal PM yang dihasilkan adalah:  FM adalah Frequency Modulation yaitu f i (t) berubah secara linier oleh m(t). k f : sensitifitas modulator frekuensi (Hertz/volt)

20 Sudut Sinyal Carrier Termodulasi

21 PM

22 Frekuensi Sesaat

23 FM FM adalah Frequency Modulation yaitu f i (t) berubah secara linier oleh m(t).

24 Soal #4 Di sebuah negara, stasiun pemancar FM komersial dibatasi deviasi frekuensinya pada 75 kHz. Selain itu, penggunaan frekuensi stasiun radio diatur seperti dalam tabel berikut: Sebuah stasiun radio ingin menyiarkan sinyal yang mencakup frekuensi 50 Hz sampai 15 kHz. Apakah Carson Bandwidth sesuai untuk digunakan? Bagaimana dengan Universal Curve Bandwidth?

25 ET 3081/5281 Sistem KomunikasiSTEI - INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG 25 Bandwidth Transmisi Sinyal FM…  Bandwidth transmisi sinyal FM dengan pemodulasi m(t) menggunakan rumus Carson: W adalah komponen frekuensi tertinggi sinyal m(t). D adalah deviation ratio sama seperti  pada modulasi FM single tone.  Penentuan B T dengan Carson dipandang terlalu rendah.  Penentuan B T dengan kurva universal dinilai terlalu tinggi.  Sehingga pilihan B T dalam praktis adalah diantara kedua boundary tersebut.

26 Bandwidth Carson

27 ET 3081/5281 Sistem KomunikasiSTEI - INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG 27 Bandwidth Transmisi Sinyal FM…  Cara lain menentukan bandwidth FM adalah dengan membatasi komponen frekuensi sisi yang amplitudonya tidak kurang dari 1% amplitudo carrier. n max adalah n terbesar yang memenuhi:  n max berubah sesuai nilai  yang dapat ditentukan dari fungsi J n (  )  2n max 0.12 0.34 0.54 1.06 2.08 5.016 10.028 20.050 30.070

28 Bandwidth Universal Curve

29 Analisa Frekuensi yang diatur pada negara tersebut untuk IF Bandwidth adalah 200kHz Carson bandwidth underestimate 10% Universal curve bandwidth overestimate 20% Sehingga pilihan B T dalam praktis adalah diantara kedua boundary tersebut.

30


Download ppt "M. Reza Kahar Aziz, ST"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google