Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Penjelasan HK. Gas. Thanks To: Allah Subhanallahu Wata’ala Bapak dan Ibu Kami dirumah. We Love You mam, dad. Every moments with you, is the sweetest one.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Penjelasan HK. Gas. Thanks To: Allah Subhanallahu Wata’ala Bapak dan Ibu Kami dirumah. We Love You mam, dad. Every moments with you, is the sweetest one."— Transcript presentasi:

1 Penjelasan HK. Gas

2 Thanks To: Allah Subhanallahu Wata’ala Bapak dan Ibu Kami dirumah. We Love You mam, dad. Every moments with you, is the sweetest one. Keluarga Besar Kami di Pekalongan dan di Batang. Bapak Warlan Sugiyo Selaku Dosen Pengampu. Om Tony Blank. Saparatoz Blank.

3 Dipersembahkan Oleh : Tri Sutrisno Didukung Oleh : Franky Martion Disponsori Oleh: Krisna Adesya

4 Hukum Gas Hukum gas adalah sebuah hukum yang mempelajari tentang segala sesuatu perhitungan gas itu sendiri Hukum-hukum tentang gas: 1.Hukum Boyle 2.Hukum Avogadro

5 Hukum Boyle Menurut salah satu postulat di atas bahwa energi kinetik rata – rata dari semua molekul berbanding lurus dengan temperatur mutlaknya

6 Sehingga pada temperatur tetap Dengan K adalah tetapan perbandingan. Jadi :

7 Hukum Avogadro Menurut hukum Avogadro, dua gas mempunyai volume sama pada tekanan dan temperatur yang sama mengandung jumlah molekul yang sama pula.

8 Menurut teori kinetik Pada tekanan dan volume yang sama

9 Pada temperatur yang sama energi kinetik molekul juga sama. Sehingga : Energi kinetik translasi molekul p V= N m C 2 p V= 0 m C 2 Dengan 0 = Bilangan Avogadro Untuk 1 mol gas p V= 0 m C 2 p V= [ 0 m C 2 ] p V= R T

10 Jadi, E k = R T

11 Kecepatan Molekul Gas Untuk 1 mol gas. p V= 0 m C 2 p V= R T Karena, M = 0 m Maka, Jadi,

12 Penyimpangan Apabila gas bersifat ideal, maka harga, harus sama dengan satu pada semua tekanan. Pada gambar di bawah ini tertera aturan terhadap P untuk beberapa jenis gas. Berdasarkan gambar di bawah dapat dilihat bahwa gas-gas ini menyimpang dari keadaan ideal, terutama pada tekanan tinggi.

13 Untuk dapat menyatakan besarnya penyimpangan ini diintroduksikan factor daya mampat Z, yang didefinisikan sebagai :

14 Untuk gas ideal, Z = 1, sedangkan untuk gas nyata Z ≠ 1. Makin besar harga Z menyimpang dari satu, makin besar gas yang bersangkutan menyimpang dari keadaan ideal.

15 Harga Z tergantung pada : Jenis Gas Tekanan Temperatur

16 Perhitungan Gas 1.Hitung tekanan total jika 0,40 g H 2, 2 g N 2 dan 10,5 g CO 2 dimasukkan di dalam suatu wadah dengan volume 101 pada 273 K. 2.Suatu gas X berdifusi dengan kecepatan 2 cm 3 /detik. Pada keadaa yang sama hydrogen berdifusi dengan kecepatan 11,9 cm 3 /detik. Tentukan jenis gas X tersebut!

17 Jawaban 1.Berdasarkan hukum gas ideal P V = n R T maka, P H 2 == 0,45 atm P N 2 == 0,16 atm P CO 2 = = 0,53 atm

18 Menurut Dalton, P 1 =[ P H 2 + P N 2 + P CO 2 ] =( 0,45 + 0,16 + 0,53 ) =1,14 atm Jadi tekanan total adalah 1,14 atm

19 2. Menurut Hukum Graham, = M 1 = [ ] 2. M 2 = [ ] 2. 2 = 71 Jadi gas tersebut adalah Cl 2.

20 SOAL 1.Berapa Volume Uap H 2 O sebanyak 9gr jika diukur pada suhu 27 0 C dan tekanan 3 atm? 2.Dua liter senyawa Hidrokarbon ( C n H 2n ) tepat bereaksi dengan liter (pembakaran sempurna). Tentukan volume CO 2 dan H 2 O yang terbentuk (dalam keadaan T.P) dan tentukan Rumus Molekul C n H 2n !

21 Sesi tanya jawab 1.Faktor yang mempengaruhi kecepatan gerak gas ideal? (Cahyo) 2.Apakah prbedaan jenis gas dapat mempengaruhi penerapan hukum boile? (Kiki) 3.Pada penyimpangan ideal terdapat nilai Z, jika gas nyata nilai Z= bukan 1. apakah gas nyata dan berikan contohnya? (Diah)


Download ppt "Penjelasan HK. Gas. Thanks To: Allah Subhanallahu Wata’ala Bapak dan Ibu Kami dirumah. We Love You mam, dad. Every moments with you, is the sweetest one."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google