Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

 Jaringan komputer dapat diartikan sebagai rangkaian dua atau lebih komputer. Komputer-komputer ini akan dihubungkan satu sama lain dengan sebuah sistem.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: " Jaringan komputer dapat diartikan sebagai rangkaian dua atau lebih komputer. Komputer-komputer ini akan dihubungkan satu sama lain dengan sebuah sistem."— Transcript presentasi:

1

2  Jaringan komputer dapat diartikan sebagai rangkaian dua atau lebih komputer. Komputer-komputer ini akan dihubungkan satu sama lain dengan sebuah sistem komunikasi.  Dengan jaringan komputer ini di mungkinkan bagi setiap komputer yang terjaring di dalamnya dapat saling tukar menukar data dan program

3

4  Sejarah jaringan komputer global dunia dimulai pada 1969, ketika departement pertahanan amerika U.S defense advenced reseachs projects agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset ini dikenal dengan nama ARPANET.  Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.

5  Tahun 1972, Roy tomlinson berhasil menyempurnakan program yang ia ciptakan sebelumnya untuk ARPANET.  Pada tahun yang sama juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan “at” atau “pada”  Tahun 1973, jaringan ARPANET mulai dikembangkan lebih meluas keluar amerika serikat.

6  Computer univercity college di london merupakan komputer pertama yang ada di luar amerika yang menjadi anggota ARPANET.  Hari besar berikutnya adalah pada tanggal 26 maret 1976, ketika ratu inggris berhasil mengirimkan dari royal signals and radar estabilishment di malvern  Pada tahun 1979, Tom truscott, jim ellis dan steve bellovin, menciptakan newgroups pertama yang diberi nama UNEST.  Tahun 1981 france telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telepon televisi pertama.

7  Pada tahun 1982 dibentuk transmission control protocol atau TCP dan IP yang kini kita kenal semua.di eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan nama eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di berbagai negara.  Tahun 1984, diperkenlkan sistem nama domain yang kini kita kenal sebagai DNS.  Tahun 1987 jumlah komputer yang yang tersambung menjadi melonjak 10 kali lipat menjadi lebih.  Tahun 1988, jarko oikarinen dan findland, menemukan sekaligus memperkenalkan IRC.  Setahun kemudian jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipatnya.

8  Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika tim berners lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer lainnya, program inilah yang disebut www.  Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampauhi sejuta komputer, dan ditahun yang sama muncul istilah surfing (menjelajah).  Tahun 1994, situs situs dunia maya telah tumbuh menjadi alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual shoping atau e-retail muncul di situs.

9

10  Source, perangkat ini bertugas untuk membangkitkan atau menentukan data yang bisa di trasmisikan misalnya telepon atau PC.  Transmitter, berfungsi untuk mentransformasikan dan mengkodekan informasi dalam bentuk signal elektromagnetik.  Sistem transmisi, berupa media transmisi atau jalur komunikasi atau sebuah jaringan kompleks yang menghubungkan source dan destination.  Receiver, menerima sinya dari sistem transmisi dan mengkonversinya kedalam bentuk digital stream.  Destination, merupakan tujuan akhir dari pengiriman data yang menerima data dari receiver.

11 Data elektonik merupakan transmisi data elektronik melalui sebuah media. Media tersebut dapat berupa tembaga, fiber optik, micro wave,dan sebagainya.

12  Lokal area network (LAN)  Metropolitan area network (MAN)  Wide area network (WAN)  Internet  Peer-to-peer

13  Protocol merupakan serangkaian aturan yang mengatur unit fungsional agar komunikasi bisa terlaksana.misalnya mengirim pesan data dan informasi.  Arsitektur jaringan merupakan sebuah himpunan layer, dimana layer bertujuan memberi layanan ke layer yang ada di atasnya.


Download ppt " Jaringan komputer dapat diartikan sebagai rangkaian dua atau lebih komputer. Komputer-komputer ini akan dihubungkan satu sama lain dengan sebuah sistem."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google