Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

FLU BABI Health talk April 2009. DEFINISI Merupakan penyakit yang sangat menular pada sistem pernapasan hewan babi yang disebabkan oleh Influenza Type.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "FLU BABI Health talk April 2009. DEFINISI Merupakan penyakit yang sangat menular pada sistem pernapasan hewan babi yang disebabkan oleh Influenza Type."— Transcript presentasi:

1 FLU BABI Health talk April 2009

2 DEFINISI Merupakan penyakit yang sangat menular pada sistem pernapasan hewan babi yang disebabkan oleh Influenza Type A subtype H1N1. Tingkat kematian pada manusia : 1% – 4 %.

3 GAMBAR VIRUS SWINE FLU

4 NAMA LAIN Swine Flu.

5 IMPLIKASI TERHADAP MANUSIA Wabah dan infeksi sporadik pada manusia oleh Swine flu, kadang terjadi. Gejala hampir sama dengan gejala Influenza pada manusia. Dari mulai tanpa gejala – Pneumonia berat. Kematian dapat terjadi.

6 DIMANA KASUS PADA MANUSIA TERJADI? Tahun 2007 dilaporkan telah terjadi Swine Flu pada manusia di AS dan spanyol.

7 BAGAIMANA MANUSIA TERINFEKSI ? Biasanya terinfeksi oleh babi yang sakit. Penularan dari manusia ke manusia dilaporkan karena kontak yang sangat erat.

8 BAGAIMANA SWINE FLU MENYEBAR? Melalui batuk atau bersin Menyentuh virus dan kemudian masuk mulut,hidung atau mata.

9 BERAPA LAMA VIRUS HIDUP DI LUAR ? Virus dapat hidup 2 jam atau lebih di dunia luar seperti : meja,kursi dsb.

10 MASA INFEKSIUS 1 hari sebelum timbul gejala – 7 hari setelah timbul gejala.

11 DAYA TAHAN VIRUS Swine Flu virus mati bila terkena panas hingga 70 derajat Celcius.

12 NEGARA DAN WABAH Swine Flu bersifat endemik di AS. Negara lain yang sering ada wabah adalah Amerika utara,selatan,Eropa,Afrika,Jepang dan Cina.

13 RESIKO PANDEMIK? Tergantung dari:keganasan virus,kekebalan tubuh sesorang.

14 VAKSIN Belum ditemukan vaksin yang khusus melindungi dari Swine Flu.

15 INSIDEN Kasus pertama wabah 2009 dilaporkan bulan Maret Menyebar sangat cepat.

16 USIA PENDERITA Dilaporkan wabah sekarang, mayoritas penderita berusia : 25 – 45 thn.

17 PEMICU Karena hewan babi yang sakit: demam,batuk,pilek.

18 ANGKA KEJADIAN 81 ORANG MENINGGAL ORANG TERINFEKSI. Di Meksiko. Telah merambah ke AS,menginfeksi 20 orang di : California,Texas dan Kansas,Ohio,New york. Di duga juga telah merambah ke Selandia Baru.

19 SITUASI di INDONESIA Belum ditemukan kasus Flu babi di Indonesia.

20 WHO Belum menyatakan sebagai pandemi global. Memperingatkan bahwa pandemi global bisa saja terjadi. Memperingatkan seluruh negara untuk waspada penyakit ini.

21 TYPE INFLUENZA Virus Influenza type A Sub type : H1N1 Tapi subtype lain bisa juga menyerang hewan babi: H1N2,H3N1,H3N2). Hewan babi juga bisa terinfeksi oleh H5N1 avian flu atau oleh Flu manusia.

22 REASSORTANT VIRUS Adalah campuran lebih dari satu macam subtype influenza type A di tubuh hewan babi. Menimbulkan subtype baru. Kadang Swine flu bisa menyerang manusia juga.

23 GEJALA PENYAKIT Hampir mirip seperti gejala flu : Demam mendadak > 38 derajat Celcius,batuk,pilek,sakit badan atau sakit tenggorokan. Bisa juga ada gejala : mencret dan muntah.

24 PNEUMONIA atau PENYAKIT BERAT Sulit bernapas Muntah hebat Demam tinggi Penurunan kesadaran

25 PENGOBATAN Obat flu pada manusia efektip untuk mengobati penyakit Swine Flu ( 2 hari dalm perjalanan penyakit). Oseltamivir ( Tamiflu ) : available at International SOS Jakarta. Zanamivir

26 WARNING Hati-hati dengan orang yang baru bepergian dari AS dan Meksiko atau negara lain yang terjangkit Swine Flu.

27 PENCEGAHAN Tutup mulut dan hidung dengan tissue bila bersin.buang tissuenya di tempat sampah. Tidak kontak dengan hewan babi. Hindari kontak dengan org yang dicurigai sakit. Rajin mencuci tangan dengan air dan sabun atau alkohol. Hindari memegang mata,hidung atau mulut. Jaga kondisi tubuh


Download ppt "FLU BABI Health talk April 2009. DEFINISI Merupakan penyakit yang sangat menular pada sistem pernapasan hewan babi yang disebabkan oleh Influenza Type."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google