Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KB MOW ( TUBEKTOMI ).

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KB MOW ( TUBEKTOMI )."— Transcript presentasi:

1 KB MOW ( TUBEKTOMI )

2 PENGERTIAN....???   MOW adalah prosedur bedah sukarela untuk menghentikan kesuburan dengan menyumbat atau memotong kedua saluran telur.

3 syarat menggunakan metode kontrasepsi MOW :
1.Sukarela 2. Medis 3. Bahagia

4 Riwayat medis yang mempengaruhi pelaksanaan operasi .....????
Riwayat penyakit paru –paru. Riwayat penyakit infeksi panggul. Post operasi perut. Riwayat alergi. Riwayat Diabetus mellitus Obesitas.

5 Indikasi penggunaan kontrasepsi MOW...??
Usia > 26 th Paritas > 2 Yakin telah mempunyai jumlah keluarga yang sesuai dengan kehendaknya. Memahami prosedur, sukarela dan setuju. bila terjadi kehamilan akan menimbulkan resiko yang serius.

6 Kontraindikasi penggunaan MOW :
Hamil Perdarahan dari jalan lahir yang tidak diketahui penyebabnya. Infeksi pelvis. Kurang mantap untuk melaksanakan operasi MOW / Tubektomi. Kurang pasti mengenai keinginan untuk tidak mempunyai anak lagi.

7 Keuntungan MOW : Sangat efektif Bersifat permanen
Tidak mempengaruhi produksi ASI Tidak ada efek samping dalam jangka panjang. Tidak ada perubahan dalam fungsi seksual. Bebas dari efek samping hormonal.

8 Kerugian MOW : Tidak dapat pulih kembali.
klien dapat menyesal dikemudian hari. ada rasa sakit / tidak nyaman setelah tindakan. Harus dilakukan oleh dokter spesialis bedah. Tidak melindungi terhadap PMS ( penyakit menular seksual ). 

9 Mekanisme kerja MOW   Menutup tuba falopi dengan mengikat dan memotong / memasang cincin sehingga sperma tidak dapat bertemu dengan sel telur.

10

11

12 Waktu pelaksanaan MOW....??? Selama siklus haid
Hari ke 6 s/d ke 13 siklus haid. Pasca persalinan ( 2 hari setelah persalinan ) Pasca keguguran ( 3 bulan pertama dan 6 bulan setelah keguguran )

13

14


Download ppt "KB MOW ( TUBEKTOMI )."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google