Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh: Ahmad Ajruddin Munshif (G84100018) Lidya Agustina Budiarti (G84100044) Tiara Dwicahyani (G84100053)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh: Ahmad Ajruddin Munshif (G84100018) Lidya Agustina Budiarti (G84100044) Tiara Dwicahyani (G84100053)"— Transcript presentasi:

1 Oleh: Ahmad Ajruddin Munshif (G ) Lidya Agustina Budiarti (G ) Tiara Dwicahyani (G )

2 fluida adalah zat yang terus-menerus mengalami deformasi (mengalir). Fluida meliputi cairan, yang mengalir dibawah pengaruh gravitasi sampai menempati daerah terendah yang mungkin dari penampungnya, dan gas, yang mengembang mengisi penampungnya tanpa peduli bentuknya.

3 Transpor air adalah suatu proses pergerakan air melewati pembuluh xilem dari sistem perakaran ke bagian tajuk tanaman, khususnya daun. Pergerakan air pada putri malu terjadi sebagai respon terhadap gaya penggerak osmotik pengangkutan ion. Air keluar dari sel bersamaan dengan gerak keluar ion K +.

4 Berasal dari Amerika tropis yang ditemukan pada ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut. Nama lain: makahiya (Filipina, yang berarti "pemalu") vivi mori (Hindia Barat) nidikumba (Sinhala, yang berarti "tidur“) pasangan-loi (Tonga, berarti "berpura-pura mati") dalam bahasa Cina berarti "rumput pemalu“ Pudica sendiri dalam bahasa Latin berarti "malu" atau "menyusut".

5  Daun pada keadaan biasa: daun berupa daun majemuk menyirip ganda dua yang sempurna. Jumlah anak daun berbentuk memanjang sampai lanset, ujung runcing, pangkal membundar, tepi rata, permukaan atas dan bawah licin, panjang 6-16 mm, lebar 1-3 mm, berwarna hijau, umumnya tepi daun berwarna ungu.  Daun Keadaan melipat: menyirip rangkap. Sirip terkumpul rapat dengan panjang 4-5,5 cm.  Batang bulat, berambut, dan berduri tempel.  Akar berupa akar penayang kuat.  Bunga berbentuk bulat seperti bola, bertangkai, berwarna ungu/merah.  Buah berbentuk polong, pipih seperti garis.

6 Kingdom: Plantae (Tumbuhan) Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh) Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji) Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga) Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil) Sub Kelas: Rosidae Ordo: Fabales Famili: Fabaceae (suku polong-polongan)Fabaceae Genus: MimosaMimosa Spesies: Mimosa pudica L.

7

8 Gerak nasti gerak bagian tumbuhan yang arahnya tidak ditentukan oleh arah datangnya rangsangan Tekanan Turgor tekanan air pada dinding sel akibat perubahan kadar air dalam sel tumbuhan.

9 Setelah beberapa saat tertentu tekanan turgor sedikit demi sedikit akan kembali ke keadaan normalnya diikuti dengan tegaknya kembali batang, cabang dan mekarnya seluruh daun. batang, cabang, dan atau tulang daun menjadi layu dan diikuti dengan mengatupnya daun putri malu karena hilangnya turgor pada pangkalnya. terjadi aliran air menjauhi daerah sentuhan. Adanya aliran air tersebut menyebabkan kadar air sel- sel motor di daerah sentuhan berkurang, sehingga tekanan turgornya mengecil juga disebabkan karena hilangnya turgor dalam sel-sel pulvinus. Putri malu tersentuh

10

11 Adanya rangsangan kecil menghilangkan keseimbangan air di dalam sel-sel pulvinus pangkal daun karena air dalam sel-sel tersebut mengalir ke luar. Ketika pengaruh rangsangan telah dipindahkan menuju pulvinus pada pangkal tangkai daun, air keluar dari sel-sel bagian bawah pulvinus yang berdinding tipis menuju ruang antar sel. sel-sel pada bagian atas pulvinus tetap membengkak,maka tangkai daun pun terkulai.

12 putri malu menghentikan proses fotosintesisnya Ketika daun berada dalam posisi horizontal, sel-sel pada satu sisi pulvinus akan membengkak (turgid), sel pada sisi berlawanan tangkai daun dan pangkal tangkai anak daun primer akan menyebabkan tangkai daun dan tangkai anak daun mengarah ke bawah. Sedangkan pulvinus pada pangkal daun sekunder menyebabkan anak-anak daun mengarah ke atas sehingga saling menutup.

13 kalium adalah suatu zat osmotik yang menyebabkan pengambilan dan kehilangan air secara dapat dibalik oleh sel motor. Sel motor parenkim dalam pulvini merupakan unit yang memiliki kemampuan berkontraksi terhadap reaksi. Sel motor parenkim berkontraksi ketika terangsang, karena kehilangan berbagai garam dalam sel dan pemulihannya dengan mengambil cairan kaya garam oleh vakuola.

14 Itu menunjukkan bahwa cairan intraseluler atau cairan sel yang akan dilepaskan atau dikeluarkan dari permukaan potongan pulvinus utama di bawah rangsangan yaitu kaya akan kalium, tannin, dan subtansi lainnya. Subtansi tannin yang berfungsi bagi tumbuhan tidak berada dalam vakuola tannin, melainkan berada dalam vakuola sentral sel-sel motor. Substansi tannin juga ditemukan di daerah interseluler Sehingga dapat disimpulkan bahwa beberapa unsur-unsur dalam sel yang terlarut dalam cairan intraseluler atau cairan sel dilepaskan ke luar selama rangsangan yang berakibat pada penurunan turgor sel motor.

15

16 ATP berada dalam organ motor seperti pada pulvinus utama Mimosa,sekitar 3-4 kali lebih banyak daripada yang berada pada bagian tak bergerak dari tumbuhan. Aktivitas elektrikal dan mekanikal dari vakuola kontraktil terkait dengan peningkatan hilangnya ion melalui membran plasma dan secara bersamaan terlihat peningkatan aktivitas ATPase

17 suatu sistem ATP-ATPase-kalsium mungkin mengaktifkan filament atau protein kontraktil yang terjadi dalam sitoplasma vacuolar dan menyebabkan kontraksi pulvinus. membukanya stomata dalam sel penjaga dipengaruhi oleh pengambilan ion ini. Diusulkan bahwa sistem ATP-ATPase mungkin terlibat dalam pengumpulan garam atau ion dan berperan dalam proses pemulihan sel motor Mimosa.

18 melindungi diri dari hewan pemakan tumbuhan (herbivora) Hewan herbivora akan mengira tumbuhan putri malu layu sehingga tidak tertarik lagi untuk memakannya.

19 ketika disentuh, ditiup, atau panas akan segera"menutup".

20


Download ppt "Oleh: Ahmad Ajruddin Munshif (G84100018) Lidya Agustina Budiarti (G84100044) Tiara Dwicahyani (G84100053)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google